Unfold - 15 August 2022

Potensi Street Fashion di Indonesia, Apa Bisa Mendunia?

Apakah fenomena ini memiliki potensi untung mengharumkan Street Fashion dari Indonesia?

Context, JAKARTA - Sama seperti namanya, fenomena street fashion ini adalah suatu fenomena yang tumbuh dari jalanan. Di berbagai belahan dunia, tren ini kebanyakan diikuti oleh anak muda yang ingin menyalurkan kebebasan ekspresi mereka dalam gaya busana atau fashion.

Dalam suatu street fashion, pakaian yang digunakan tidak hanya spesifik pada satu gaya fashion saja, tapi mencangkup berbagai macam gaya fashion yang berbeda. Seperti contohnya Harajuku Style yang berasal dari Tokyo, Jepang.  Di sana, anak mudanya ada yang mengenakan fashion Ko-gyaru, Cosplay, Lolita, Decora Kei, Punk-rock, hingga Streetwear.

Kehadiran media sosial saat ini membuat fenomena street fashion ini cepat menyebar ke banyak negara, tak terkecuali Indonesia. Di Indonesia sendiri, fenomena ini diciptakan oleh segerombolan anak muda dari pinggiran Jakarta yang memanfaatkan ruang kota dan digital untuk mengekspresikan kebebasan dalam bergaya.

Karena gerombolan anak muda tersebut banyak yang mengaku berasal dari Citayam, maka fenomena street fashion yang ada di kawasan Dukuh Atas tersebut pun dijuluki Citayam Fashion Week.

Berawal dari sekedar nongkrong dengan menggunakan gaya busana yang unik dan nyentrik, kegiatan anak muda Citayam Fashion Week tersebut pun makin beragam, ada yang membuat konten media sosial, mengadakan fashion show di zebra cross, hingga membentuk sebuah komunitas.

Terlepas dari adanya dampak positif seperti terciptanya subkultur baru, menaikan pendapatan pedagang sekitar, dan naiknya pengguna KRL tujuan Sudirman di hari libur hingga 8 persen, fenomena ini juga telah menciptakan beberapa dampak negatif.

Keramaian yang diciptakan oleh Citayam Fashion Week telah memberikan rasa ketidaknyamanan bagi pengguna jalan sekitar, mulai dari kemacetan, sampah yang berserakan, hingga rawan kejahatan.


MORE  UNFOLD  VIDEOS

Alasan Orang Korea Selatan Terobsesi dengan MBTI

MBTI merupakan akronim dari Myers-Briggs Type Indicator. Ini merupakan tes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam mel ...

Putri Dewi | 20-03-2024

Keluarga Kerajaan Inggris Selalu Jadi Sorotan

Keluarga Kerajaan Inggris diterpa kontroversi secara beruntun dengan sejumlah gosip tak sedap, mulai dari menghilangnya Putri Wales hingga perseli ...

David Eka | 19-03-2024

Yuk Ngintip Peta Suara Capres di Luar Negeri

Banyaknya jumlah WNI yang tersebar di 128 negara, turut menopang kontribusi suara para paslon.

Noviarizal Fernandez | 18-03-2024

Habis Pemilu, Terbitlah PESD

Merupakan kecemasan yang ditandai dengan perasaan cemas atau takut setelah berakhirnya pemilu.

Noviarizal Fernandez | 15-03-2024