Stories - 02 August 2022

Pelaku Wisata Mogok Kerja Imbas Tiket Pulau Komodo Naik

Tarif untuk masuk ke Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo naik menjadi Rp3,75 juta per orang dalam setahun, mulai kemarin, Senin (1/8/2022).


Foto udara Kota Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Sabtu (23/7/2022). - Antara -

Context.id, JAKARTA - Tarif untuk masuk ke Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo naik menjadi Rp3,75 juta per orang dalam setahun, mulai kemarin, Senin (1/8/2022). Selain itu, pengunjung di Pulau Komodo dan Pulau Padar akan dibatasi. 

“Di samping itu juga, akan dilakukan pembatasan jumlah pengunjung di Pulau Komodo dan Pulau Padar. Pelaksanaan tarifnya tetap diberlakukan mulai hari ini (Senin 1 Agustus 2022) dan akan terus kita lakukan evaluasi serta sosialisasi pada masyarakat,” ujar Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat.

Menanggapi hal tersebut, para pelaku wisata di Labuan Bajo pun melakukan aksi mogok kerja, per Senin (1/8/2022). “Banyak terjadi pembatalan kunjungan wisatawan yang hendak dilayani teman-teman pelaku wisaya, termasuk grup saya juga,” ujar Ketua Asosiasi Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Nusa Tenggara Timur (NTT) Abed Frans. 

Sekalipun itu, aksi mogok ini ternyata dimanfaatkan para pelaku wisata untuk melakukan hal-hal positif. Mulai dari 1-5 Agustus 2022, aksi mogok kerja akan diisi dengan kegiatan memungut sampah di area kota Labuan Bajo. Lalu pada 6-10 Agustus 2022, seluruh asosiasi akan melakukan aksi maraton berupa pawai, orasi, dan pernyataan sikap di Kantor BTNK, Kantor Bupati Manggarai Barat, Kantor DPRD, dan BPOBLF.

Namun dampak negatifnya, para wisatawan terpaksa membatalkan kunjungannya ke Pulau Komodo. Menurut para wisatawan, sekalipun mereka kurang setuju dengan pemberlakuan kenaikan tiket masuk, pengunjung tidak setuju akan aksi mogok beraktivitas tersebut.

“Aksi ini sebenarnya menyusahkan kita sendiri, menyusahkan wisatawan, pelaku bisnis lain seperti hotel, restoran, transportasi, termasuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan lain-lain,” ujar Abed. 

Maka dari itu, Abed pun mendorong agar pelaku wisata di Labuan Bajo untuk berdialog dengan Gubernur NTT secara langsung untuk membicarakan secara baik-baik. “Jadi harus dibicarakan baik-baik dan bukan dengan emosi yang tinggi, apalagi anarkis,” ujar Abed. 


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

DJKI Gelar Klinik Kekayaan Intelektual di Seluruh Indonesia

Sejak 2022, MIC berhasil mendorong pertumbuhan KI di daerah-daerah melalui kerja sama DJKI dengan Kanwil Kemenkumham di seluruh Indonesia

Noviarizal Fernandez | 26-04-2024

Wajah Bisa Menggambarkan Status Kelas Sosial, Ini Penjelasannya

Wajah seseorang dapat menggambarkan kondisi kehidupannya

Context.id | 26-04-2024

Rusia Veto Usulan Amerika Mengenai Penempatan Nuklir di Ruang Angkasa

Rusia tidak ingin pelarangan senjata di luar angkasa hanya berlaku untuk nuklir, mereka ingin pelarangan semua senjata atau hulu ledak lainnya.

Context.id | 26-04-2024

Perpusnas Prancis Karantina Buku Terkontaminasi Racun Arsenik

Ratusan sampul buku telah diteliti dan diduga ada kandungan logam berat

Context.id | 26-04-2024