Stories - 06 July 2022

Minyak Goreng Curah Rp14.000 Resmi Diluncurkan

Pada hari ini (6/7/2022), minyak goreng curah kemasan bermerek Minyak Kita seharga Rp14.000 per liter resmi akan dirilis oleh pemerintah.


Ilustrasi peluncuran minyak goreng curah kemasan bermerek Minyak Kita. - Context -

Context, JAKARTA - Pada hari ini (6/7/2022), minyak goreng curah kemasan bermerek Minyak Kita seharga Rp14.000 per liter resmi akan dirilis oleh pemerintah. Informasi ini diungkapkan langsung oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. 

"Minyak Kita akan segera beredar, insya Allah. Kemasan sederhana, harga tetap Rp14.000 per liter," kata Zulhas.

Lanjutnya, ia mengatakan jika saat ini harga minyak goreng curah di Pulau Jawa, Sumatera, dan Bali sudah sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET), yaitu Rp 14.000 per liternya. Namun, untuk di luar 3 pulau tersebut masih ada yang harganya di atas HET. Menurut Zulhas, hal ini bisa terjadi karena ongkos kirim yang terlalu mahal.

“Karena yang di papua itu masih tinggi. Rata-rata Rp20.000. Jadi kalo di rata-rata jatuhnya Rp15.000 karena Papua, Maluku, itu memang kita ada masalah logistik. Ongkos mahal kirim apalagi minyak itu berat ongkosnya mahal,” jelasnya.


Pemberian Insentif

Selain pendistribusiannya yang akan dituju ke seluruh Indonesia, Zulkifli juga mengatakan jika pemerintah akan memberikan insentif pada produsen minyak goreng, sehingga harga dari Minyak Kita bisa rata Rp14.000 hingga ke semua daerah di Indonesia.

Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kemendag Isy Karim mengatakan bahwa salah satu insentif yang akan diberikan itu berupa konvensi ke hak ekspor. Nantinya, insentif ini diberikan kepada produsen yang menyalurkan ke daerah dengan harga minyak goreng yang masih di atas HET.

Isy Karim juga menyebutkan jika daerah-daerah yang menjadi prioritas pemberian insentif ini adalah daerah yang berada di Indonesia Timur, seperti Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat. 

Selain itu, ada juga beberapa daerah di wilayah barat Indonesia seperti Bengkulu, Bangka Belitung, dan Kepulauan Riau.


Alasan Minyak Kita Diluncurkan

Menurut Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Edy Priyono, peluncuran minyak goreng Minyak Kita ini dilakukan untuk menjaga ketersediaan dan keterjangkauan harga di pasar. Ia juga mengatakan jika selama ini pendistribusian minyak goreng curah sering terkendala oleh berbagai macam hal teknis di lapangan.

Karena hal ini, pemerintah memutuskan untuk meluncurkan minyak goreng curah Minyak Kita sebagai pendistribusian minyak goreng curah dengan cara yang lebih praktis.

“Dengan dikemas maka distribusi minyak goreng curah akan lebih cepat, praktis, dan bisa menjangkau daerah-daerah yang sulit. Selain itu, juga untuk menjaga kualitasnya,” kata Edy dalam keterangan tertulis, Rabu (6/7/2022).


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Teknologi Digital dan Solusi Perubahan Iklim

Teknologi digital bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi atau meminimalisir dampak perubahan iklim

Context.id | 01-03-2024

Ketika Raksasa OTT Saling Klaim Istilah Local Pride

Platform over the top (OTT) konten video streaming saling bersaing menguasai pasar Indonesia, salah satunya dengan embel-embel konten lokal.

Noviarizal Fernandez | 01-03-2024

Tolak Usul Prancis, Anggota NATO Enggan Masuk Wilayah Ukraina

Usulan Presiden Prancis agar pasukan NATO memasuki wilayah Ukraina untuk ikut memerangi Rusia mendapat penolakan keras dari negara-negara anggota ...

Context.id | 29-02-2024

Kans Indonesia Gabung Klub Negara Maju

Indonesia masih punya waktu 2-3 tahun untuk menyelesaikan proses menjadi anggota OECD

Context.id | 29-02-2024