Stories - 01 July 2022

Kabar Duka, Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/7/2022).


Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/7/2022).

Context.id, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia, Jumat (1/7/2022).

“Innalillahi wa innailaihi rojiun. Telah wafat Bapak Tjahjo Kumolo jam 11.10 MenPAN RB di RS Abdi Waluyo. Semoga Almarhum husnul khotimah. Aamin YRA,” ujar kutipan yang beredar di media sosial.

Sebelumnya, Tjahjo memang dikabarkan masuk ke rumah sakit dan harus menjalani perawatan intensif. Hal inipun dikonfirmasi langsung oleh Sekretaris KemenPAN-RB, Rini Widyantini.

“Betul, Bapak Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo sedang sakit dan dirawat di rumah sakit,” ujar Rini dalam keterangan resmi.

Lebih lanjut, pada saat itu Rini menampik kabar bahwa Tjahjo sedang berada di kondisi koma. “Semoga beliau segera membaik. Berikut yang dapat kami sampaikan hingga saat ini,” ujarnya. 

Dengan demikian, untuk sementara posisi Menteri PANRB digantikan oleh Menkopolhukam, Mahfud MD.


Profil Tjahjo Kumolo

Tjahjo merupakan seorang politikus dari Partai PDI-P. Ia saat ini menjabat sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia, sejak awal Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019.

Berdasarkan laman pribadi Tjahjo Kumolo, ia memulai kiprah di dunia politik dengan menjadi Ketua Umum DPP KNPI serta anggota DPR RI pada 1987-2014. Selama berkarir menjadi anggota DPR, Tjahjo juga pernah menduduki berbagai jabatan, mulai dari Wakil Sekretaris Fraksi, Sekretaris Fraksi, hingga Ketua Fraksi PDI-P DPR RI.

Kemudian pada periode 2010-2015, ia juga terpilih menjadi Sekretaris Jenderal DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, yang membawa Tjahjo akhirnya dipercaya untuk mengemban tugas yang lebih berat.

Pada 2014, ia ditugaskan menjadi Menteri Dalam Negeri Indonesia dalam Kabinet Kerja pada masa pemerintahan Presiden Jokowi pada periode (27 Oktober 2014 hingga 20 Oktober 2019)


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024

Makna Simbolis dari Penetapan Hari Buku Sedunia

Raja Alfonso XIII dari Spanyol punya peran besar dalam menetapkan tanggal peringatan hari buku sedunia

Context.id | 23-04-2024

Pertama dalam Sejarah, Dissenting Opinion dalam Sidang Sengketa Pilpres

Tiga orang hakim MK menyampaikan dissenting opinion dari mayoritas hakim lainnya terkait putusan MK soal sengketa pilpres.

Context.id | 23-04-2024

Anak Muda Jepang Ogah Beli Mobil, Kenapa?

Tren penurunan pembelian mobil oleh anak muda disebut Wakamono no Kuruma Banare atau pemisahan generasi muda dari mobil.

Context.id | 23-04-2024