Stories - 20 June 2022

Makan dengan Warren Buffett Bayar Rp281 Miliar, Minat?

Seseorang yang tidak diketahui namanya telah menawar US19 juta atau Rp281 miliar di eBay, untuk makan siang dengan Warren Buffett.


Warren Buffett, CEO dari Berkshire Hathaway Inc. sekaligus investor ternama Amerika Serikat. -Bloomberg-

Context.id, JAKARTA - Berapa kocek yang berani kamu keluarkan untuk makan siang? Ada yang bilang, orang akan berani menggelontorkan uang sebesar apapun, demi bertemu dengan idolanya dan hal inilah yang terjadi di New York, Amerika.

Seseorang yang tidak diketahui namanya telah menawar US$19 juta atau Rp281 miliar di eBay, untuk makan siang dengan CEO Berkshire Hathaway Inc., Warren Buffett. Menurut juru bicara eBay, makan siang itu menjadi barang paling mahal yang pernah dijual di e-commerce itu.

Penawar anonim akan mendapatkan kesempatan untuk makan siang bersama dengan Warren Buffet di restoran steak Smith & Wollensky. Namun, untuk tanggal dan waktu makan masih belum diketahui sampai saat ini. 

Nantinya, dana hasil pelelangan ini akan diberikan kepada Glide, sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk membantu orang miskin dan sakit untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Selain itu, Glide juga menawarkan makanan, tempat tinggal, pelatihan kerja, dan keuangan kepada orang-orang yang kurang beruntung. 

Adapun perkenalan Warren Buffett pada Glide berawal dari istrinya yang merupakan sukarelawan di sana. Kemudian, Buffett pun ingin menjadi sukarelawan di organisasi tersebut seumur hidupnya.

Lelang makan siang ini sebenarnya sudah terjadi sejak 2000 dan sejak itulah dilakukan setiap tahun. Mulai dari tawaran awal US$25.000, naik ke US$2 juta, hingga kini US$19 juta. 


Siapa Warren Buffett?

Warren Buffett merupakan  salah  satu  investor  terbesar dan pengusaha paling sukses di dunia yang lahir pada 30 Agustus 1930, di Omaha, Nebraska. Dia CEO dan Ketua Berkshire Hathaway, yang merupakan investor dari sejumlah merek ternama dunia, seperti The Omaha, Geico, Clayton Homes, Dairy Queen, Coca-cola, dan American Express.

Berdasarkan data dari Forbes, Warren Buffett saat ini berada di posisi orang kaya nomor 7 di dunia dengan harta kekayaan mencapai US$93,4 miliar atau setara Rp1.385 triliun. Sekalipun itu, ia juga merupakan seorang investor yang sangat dermawan. Bahkan Forbes juga menyatakan bahwa ia sudah berjanji untuk mendonasikan 99% kekayaannya.

Selain itu, Warren juga menyatakan bahwa ia sudah memberikan sekitar US$4 miliar atau senilai Rp59 triliun untuk donasi, sebagai hadiah musim panas ke 17. Dengan demikian, selama hidupnya, ia sudah berdonasi hingga US$48 miliar atau senilai Rp711 triliun.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Kronologi Harvey Moeis Jadi Tersangka Kasus Korupsi PT Timah

Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha P ...

Context.id | 28-03-2024

Satelit Starlink Elon Musk Ikut Kawal Mudik Lebaran 2024 di Indonesia

Satelit luar angkasa penyedia jaringan internet milik Elon Musk, Starlink akan ikut hadir dan mengambil peran dalam masa mudik lebaran 2024 di Ind ...

Context.id | 28-03-2024

Rusia Tuding Barat dan Ukraina Dukung Serangan Teroris di Moskow

Tudingan itu dibantah Ukraina dan Prancis

Context.id | 27-03-2024

Ahli HAM PBB Serukan Sanksi dan Embargo Senjata Israel

lebih dari 30.000 orang Palestina terbunuh atas tindakan Israel dalam operasi militernya di Gaza

Context.id | 27-03-2024