Stories - 16 June 2022

Hari Pertama Kerja, Zulkifli Kaget Harga Pangan Naik

Zulkifli kaget karena hampir semua harga bahan pokok naik, kecuali beras.


Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meninjau harga minyak goreng curah di Pasar Cibubur, Kamis (16/6/2022). - Antara-

Context.id, JAKARTA - Setelah dilantik oleh Presiden Jokowi, Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan menggelar operasi pasar di Pasar Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (16/6/2022).

Namun, ia mengaku kaget karena hampir semua harga bahan pokok naik, kecuali beras. Pasalnya, di tengah-tengah kunjungan, ada satu pedagang yang meminta pedagang untuk menurunkan harga-harga barang pokok. 

“Turunkan harga Pak! Semua pada mahal. Cabe. bawang, terigu, turunkan Pak!” teriak Mansur, salah seorang pedagang yang berlokasi di Jalan Raya Lapangan Tembak Cibubur.

Selain itu, Zulkifli juga menyatakan bahwa tidak hanya pedagang yang mengeluh harga naik, melainkan juga para pembeli. “Saya terus terang syok juga karena tadi tuh pembelinya ngeluh, yang dagang ngeluh. Terasa sekali memang beban hidup meningkat. Kita lihat langsung. Akibat harga-harga kebutuhan pokok naik kecuali beras,” ujar Zulkifli. 

Pasalnya, ia mengaku bahwa dirinya tidak pernah membeli cabai karena cabai tersebut ditanamnya di rumah.  “Saya tidak pernah beli cabai. Cabai rawit, merah, ijo. Semuanya saya tanam di kebun dan pot saya,” ujarnya lagi. 

Kemudian, Zulkifli juga menemukan keluhan dari pedagang daging sapi yang sepi peminat, karena adanya isu penyakit mulut dan kuku (PMK). Maka dari itu, ia menyatakan bahwa masalah pangan tiap tahun hampir sama, yakni ketidakstabilan harga. Pasalnya, mayoritas pangan juga berasal dari impor. 

“Nah, ini ada persoalan jangka pendek yang harus kita atasi, ada persoalan jangka panjang. Apakah kedelai itu bisa kita tanam, tidak impor terus. Terigu sih jelas. Bawang merah, penyakit tahunan, naik turun. Tentu kita akan menyelesaikan bareng-bareng kementerian terkait. Apalagi tidak mudah apalagi barang impor,” ujar Zulkifli.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Fragmen Virus Flu Burung dalam Susu Pasteurisasi, Apakah Berbahaya?

Hasil pengetesan beberapa sampel susu pasteurisasi ditemukan sisa-sisa fragmen virus Flu Burung yang telah menginfeksi sapi perah

Context.id | 25-04-2024

Alasan Masyarakat hingga Pejabat Indonesia Gemar Berobat ke Luar Negeri

Pengobatan ke rumah sakit di luar negeri sejak lama menjadi tren yang berkembang di Indonesia

Context.id | 25-04-2024

Susul China, Militer Korea Selatan Larang Penggunaan iPhone

Larangan penggunaan iPhone di wilayah militer Korsel karena kekhawatiran potensi peningkatan kebocoran informasi

Context.id | 25-04-2024

KPPU Susun Indeks Kemitraan UMKM

Indeks akan menjadi tolok ukur apakah suatu kegiatan ekonomi dapat dinilai bermanfaat baik ke UMKM dan negara

Noviarizal Fernandez | 25-04-2024