Unfold - 16 October 2024

Terusan Ben Gurion, Kanal Baru yang Diidamkan Israel dan Barat

Israel ingin menyaingi Terusan Suez dengan rencana membangun Terusan Ben Gurion.

Context.id, JAKARTA - Berbagai kendala yang terjadi di Terusan Suez membuat Israel dan sekutu-sekutunya pernah berencana untuk membangun terusan baru, yakni Terusan Ben Gurion.

Terusan ini sebenarnya sudah direncanakan sejak lama, yaitu pada 1963. Di Timur Tengah juga sudah ada Terusan Suez yang terletak di Mesir.  Tapi masalahnya, terusan ini sering banget bermasalah sampai harus ditutup, dan mengganggu perdagangan maritim antara Eropa dan Asia. 

Oh iya, salah satu kasus yang mungkin masih teringat adalah tersangkutnya kapal Evergreen pada 2021, yang menciptakan kerugian Rp141.292 triliun per hari! Karena inilah, Israel, Amerika Serikat, dan negara Barat lainnya pengen banget Terusan Ben Gurion dibangun. 

Kalau berdasarkan perencanaannya, terusan ini akan menghubungkan Teluk Aqaba di Laut Merah dengan Laut Mediterania. Kalau dibandingin sama Terusan Suez sih, jaraknya bisa sepertiga lebih panjang. 

Tapi, nantinya terusan milik Israel ini bisa dilalui oleh dua kapal dari dua arah, jadi lebih efektif. Kalau jadi dibangun, biaya yang diperlukan ada di kisaran Rp251 triliun hingga Rp863 triliun

Masalahnya, kehadirannya bisa merugikan banyak negara di Timur Tengah, termasuk Mesir. Namun bagi Israel, kehadiran Terusan Ben Gurion dapat menjadikannya titik tumpu perdagangan maritim global yang baru. 

Di satu sisi, kalau terusan ini jadi dibangun, ada kemungkinan rakyat Palestina di Gaza yang tinggal di bagian utara, terusir ke selatan. Untuk pembangunannya, AS pernah mengusulkan penggunaan 250 bom di Gurun Negev, dan memotong jalur melewati Gaza untuk menghemat biaya

Kira-kira, bakal jadi dibangun nggak ya terusan ini?


MORE  UNFOLD  VIDEOS

Mengenal UNIFIL, Penjaga Perdamaian yang Hidupnya Tidak Damai

Perang tak kunjung henti antara Israel dan Hizbullah di Lebanon membuat PBB memutuskan untuk membentuk pasukan perdamaian, alias UNIFIL

Naufal Jauhar Nazhif | 18-10-2024

Terusan Ben Gurion, Kanal Baru yang Diidamkan Israel dan Barat

Israel ingin menyaingi Terusan Suez dengan rencana membangun Terusan Ben Gurion.

Naufal Jauhar Nazhif | 16-10-2024

Vietnam, Kuda Hitam Ekonomi di Asia Tenggara

Selama dua tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi Vietnam bisa dibilang stabil dan bahkan terus meningkat

Naufal Jauhar Nazhif | 14-10-2024

Indonesia akan Bentuk Tentara Siber, Bakal Secanggih Apa?

Di era modern ini, serangan musuh bukan hanya bisa dilakukan dari darat, udara, atau lautan tapi juga lewat jaringan internet alias siber.

Naufal Jauhar Nazhif | 10-10-2024