Unfold - 08 October 2024

Sebagian Warga Suriah Sambut Bahagia Kematian Nasrallah, Mengapa?

Keterlibatan Hizbullah di perang saudara Suriah membuat sebagian warga Suriah merayakan kematian Hasan Nasrallah

Context.id, JAKARTA  — Kabar cukup mengejutkan datang dari Timur Tengah. Salah satu tokoh pembela Palestina dengan pengaruh cukup besar di wilayah tersebut baru saja tewas terbunuh. Tapi, berita ini malah disambut bahagia oleh sebagian penduduk Suriah.

Ya, Hassan Nasrallah, pemimpin Hizbullah, kelompok militan atau faksi militer di Lebanon tewas setelah dibom rudal oleh Israel. Yang mengherankan, Hizbullah itu pembela Palestina yang selalu memerangi Israel, tapi kenapa kematian pemimpinnya malah disambut suka cita? 

Jadi begini, di Timur Tengah itu faksi militernya banyak, ada Hamas, Fattah, Hizbullah dan lainnya. Muslim? Iya. Tapi alirannya berbeda, ada yang Sunni dan ada yang Syiah. Perbedaan ini juga mempengaruhi dukungan politis. 

Jadi Hizbullah ini proksi Iran yang memang mayoritas beraliran Syiah. Saat Suriah di bawah rezim Bashar Al Assad menghadapi pemberontakan, Hizbullah ini ikut membantu Bashar memerangi kelompok pemberontak. 

Awalnya, keterlibatan Hizbullah di Suriah hanya bertujuan untuk melindungi tempat-tempat suci Syiah dan desa-desa perbatasan, tapi akhirnya meluas ke keterlibatan militer.

Intervensi Hizbullah pun sangat membantu pasukan Bashar al-Assad, Presiden Suriah.  Kehadiran kelompok  tersebut di tengah konflik malah memperkeruh konflik yang pastinya berujung pada kekerasan terutama di wilayah Idlib, benteng terakhir bagi mereka yang dituduh sebagai ‘pemberontak’ pemerintah Suriah.

Jutaan orang di sana tersiksa akibat konflik, dan akhirnya eksodus ke wilayah lain karena tak tahan menerima kekerasan. Bekas luka akibat konflik mematikan inilah membuat banyak orang Suriah, terutama yang berada di Idlib, merayakan kematian Nasrallah.


MORE  UNFOLD  VIDEOS

Mengenal UNIFIL, Penjaga Perdamaian yang Hidupnya Tidak Damai

Perang tak kunjung henti antara Israel dan Hizbullah di Lebanon membuat PBB memutuskan untuk membentuk pasukan perdamaian, alias UNIFIL

Naufal Jauhar Nazhif | 18-10-2024

Terusan Ben Gurion, Kanal Baru yang Diidamkan Israel dan Barat

Israel ingin menyaingi Terusan Suez dengan rencana membangun Terusan Ben Gurion.

Naufal Jauhar Nazhif | 16-10-2024

Vietnam, Kuda Hitam Ekonomi di Asia Tenggara

Selama dua tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi Vietnam bisa dibilang stabil dan bahkan terus meningkat

Naufal Jauhar Nazhif | 14-10-2024

Indonesia akan Bentuk Tentara Siber, Bakal Secanggih Apa?

Di era modern ini, serangan musuh bukan hanya bisa dilakukan dari darat, udara, atau lautan tapi juga lewat jaringan internet alias siber.

Naufal Jauhar Nazhif | 10-10-2024