Unfold - 05 October 2024

Fenomena Makan Tabungan Bikin Saldo Nasabah Berkurang!

Kondisi ekonomi saat ini berdampak serius bagi kelas menengah ke bawah. Faktanya, saldo tabungan mereka banyak yang terkuras

Context.id, JAKARTA - Ada yang tabungannya berkurang? Kalau iya,selamat, kamu nggak sendirian! Karena, ada data menarik yang baru dikeluarkan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), yakni rata-rata saldo tabungan masyarakat Indonesia mengalami penurunan dalam 5 tahun terakhir!

Nah, fenomena ini disebut juga dengan makan tabungan alias mantab. Berdasarkan catatan mereka, ada penurunan jumlah rekening dengan saldo di bawah Rp100 juta. Dalam catatan lainnya, jumlah rekening dengan saldo di bawah Rp100 juta pun menjadi pertumbuhan tertinggi sepanjang tahun. 

Mengacu LPS Saldo rata-rata kelompok rekening di bawah 100jt pada 2019: Rp3 juta dan pada Juni 2024 menurun jadi rata-rata Rp1,5 juta.  Dalam catatan lainnya, jumlah rekening dengan saldo di bawah Rp100 juta pun menjadi pertumbuhan tertinggi sepanjang tahun. 

Nah, catatan LPS ini sejalan dengan realisasi di industri perbankan.  Kalau kata Direktur BCA, Santoso, fenomena ini utamanya terjadi di segmen menengah ke bawah. 

Penyebabnya, karena banyak kalangan menengah bawah yang sedang dalam ‘survive mode’ akibat kena PHK sehingga daya belinya turun. 

Tapi tenang saja, kondisi kayak gini bisa membaik, bahkan dalam beberapa waktu ke depan.  Hal ini bisa dipicu oleh pergantian pemimpin negara, selesainya Pilkada, dan penurunan BI Rate. 

Fenomena mantab ini juga sebenarnya sudah terjadi beberapa kali, bahkan jadi fenomena berulang.  Contohnya kayak waktu lebaran lalu, masifnya penarikan uang membuat saldo tabungan masyarakat berkurang. Tapi, biasanya tiga sampai empat bulan setelahnya, saldo tabungan akan tumbuh lagi

Jadi, gimana saldomu? Masih aman atau makin mengenaskan?


MORE  UNFOLD  VIDEOS

Ternyata Ada Faktor Kolonialisme dari Kaya dan Miskinnya Sebuah Negara!

Para pemenang Nobel Ekonomi 2024 menjelaskan alasan di balik terciptanya kesenjangan ekonomi yang signifikan antara suatu negara dengan negara lai ...

Naufal Jauhar Nazhif | 21-10-2024

Mengenal UNIFIL, Penjaga Perdamaian yang Hidupnya Tidak Damai

Perang tak kunjung henti antara Israel dan Hizbullah di Lebanon membuat PBB memutuskan untuk membentuk pasukan perdamaian, alias UNIFIL

Naufal Jauhar Nazhif | 18-10-2024

Terusan Ben Gurion, Kanal Baru yang Diidamkan Israel dan Barat

Israel ingin menyaingi Terusan Suez dengan rencana membangun Terusan Ben Gurion.

Naufal Jauhar Nazhif | 16-10-2024

Vietnam, Kuda Hitam Ekonomi di Asia Tenggara

Selama dua tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi Vietnam bisa dibilang stabil dan bahkan terus meningkat

Naufal Jauhar Nazhif | 14-10-2024