Stories - 15 June 2022

Layanan LINE Today Resmi Dihentikan, Inilah Alasannya

Layanan dari LINE Today resmi akan diberhentikan mulai tanggal 6 Juli 2022.


Managing Director LINE Indonesia Ongki Kurniawan, memberikan paparan saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (2/9). - Bisnis Indonesia -

Context, JAKARTA - Layanan dari LINE Today resmi diberhentikan mulai tanggal 6 Juli 2022. Kabar yang cukup mengejutkan ini diinformasikan sendiri oleh LINE melalui email yang sempat beredar di media sosial. 

"Kami juga menginformasikan penghentian penyediaan konten dari para mitra untuk LINE Today," kata LINE dalam emailnya.

Sebelumnya, sempat ada rumor yang beredar dan viral di Twitter. Saat itu ada thread dari seorang pengguna dengan username @ecomurz yang mengatakan bahwa LINE Indonesia akan memberhentikan LINE Today. Bahkan, pengguna twitter tersebut juga bilang kalau dampak dari penutupan LINE Today ini, 80 karyawannya juga akan diberhentikan.

Thread yang viral ini sempat mengejutkan banyak pengguna twitter dan menyebar ke pengguna media sosial lainnya. Terutama karena banyaknya karyawan yang terkena imbas dari pemberhentian layanan LINE Today ini.


Klarifikasi LINE Indonesia

Menurut Country Manager LINE Indonesia, Fanny Verona, ia bilang kalau LINE Indonesia memang lagi fokus ke model bisnis teknologi keuangan (fintech). Hal ini jadi salah satu cara untuk mempertahankan LINE sebagai pilihan aplikasi pesan singkat.

"Kami pun akan tetap menyediakan layanan yang esensial bagi pengguna setia kami serta akan tetap melakukan aktivitas seperti M&A dan investasi," ujar Fanny.

Fanny juga bilang kalau para pengguna LINE hingga saat ini juga masih dapat mengakses konten berita dan cerita-cerita yang ada di fitur LINE Today. Akses publiknya baru akan benar-benar ditutup pada tanggal 6 Juli 2022 nanti.

Tapi, kalau tentang kabar PHK yang menimpa 80 karyawannya, Fanny mengatakan kalau hal itu tidak sepenuhnya benar. Karyawan yang terkena imbas PHK dari penghentian LINE Today memang ada, tapi tidak sebanyak yang diberitakan.


Sempat Jadi Aplikasi Pengirim Pesan Terfavorit

Pada tahun 2010-an, aplikasi LINE yang merupakan aplikasi pengirim pesan online sempat booming di Indonesia. Banyak orang yang memilih menggunakan LINE karena banyak fitur-fitur menarik di dalamnya. Di fitur chatnya, kamu bisa mengirim gambar, video, membuat grup, dan juga bertukar stiker-stiker yang menarik. 

Dalam aplikasi LINE, kamu tidak cuma hanya bisa chattan sama teman atau keluarga saja, tapi kamu juga bisa bermain game, berkenalan dengan orang baru melalui LINE Nearby, berjualan melalui LINE Shop, membaca komik melalui WEBTOON, hingga berjualan melalui LINE Store. Bahkan, LINE juga punya fitur timeline yang menjadikannya seperti media sosial pada umumnya. Banyak informasi-informasi dari page yang kamu follow, sama seperti fitur dalam Instagram.

Nah, salah satu fitur yang sempat banyak diminati oleh para pengguna LINE adalah LINE Today. LINE Today merupakan agregator berita yang terdapat dalam aplikasi LINE. Sama seperti portal berita lain, berita-berita yang terdapat pada LINE Today juga aktual, berisikan hal-hal trending, bahkan juga ada fitur podcast dan videonya. Selain itu, sebelum media sosial seperti Instagram tenar, berita dalam LINE Today juga selalu menjadi sumber informasi utama untuk anak muda.

Pasti banyak dari kamu yang pernah mendapatkan informasi dari LINE Today. Selain aktual, kadang beberapa dari pembaca LINE Today termakan oleh headline-headlinenya yang clickbait. Contohnya seperti “Fakta-Fakta Tentang Asian Games Indonesia, Nomor 4 Bikin Kamu Terkejut”. Meskipun ternyata tidak bikin kamu terkejut, tapi headline-headline tersebut sudah berhasil menarik banyak pembaca hingga sekarang. 

Sampai akhirnya, kejayaan LINE pun berakhir setelah muncul dan bangkitnya banyak media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain. LINE juga sudah mulai tersingkirkan karena para penggunanya beralih ke fitur aplikasi pengirim pesan yang lebih sederhana seperti WhatsApp, Telegram, dan iMessage. Turunnya kejayaan aplikasi LINE, terutama LINE Indonesia, membuat perusahaan aplikasi tersebut mencari strategi baru untuk bisa bertahan, salah satunya dengan menutup layanan LINE Today.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

KPPU Mulai Sidangkan Perkara Tender di BRIN

Perkara ini melibatkan 4 perusahaan yang menjadi terlapor

Noviarizal Fernandez | 20-05-2024

D’Festa 2024, Pameran K-Pop Terbesar di Indonesia

D\'Festa digadang-gadang dapat memberikan pengalaman impresif yang tak terlupakan bagi para penggemar K-Pop di Indonesia

Context.id | 20-05-2024

Mengenal HIFI, Orang Kaya tapi Kekurangan

Generasi milenial di kota-kota AS yang berpenghasilan $200.000 atau lebih per tahun hidup dari gaji ke gaji

Context.id | 20-05-2024

Salah Kaprah Bisnis Franchise atau Waralaba

waralaba ini memberikan hak penggunaan merek dagang, sistem operasi, dan dukungan kepada pihak lain untuk menjalankan bisnis yang sudah berjalan.

Context.id | 20-05-2024