Stories - 11 September 2024

BYD, Kekuatan Baru China yang Berhasil Salip Honda dan Ford di 2024

BYD sukses mengguncang pasar otomotif internasional mengalahkan raksasa otomotif Amerika dan Jepang, yakni Ford dan Honda


Lineup BYD di Indonesia/Byd.

Context.id, JAKARTA - BYD atau Build Your Dream baru-baru ini sukses mengguncang pasar otomotif internasional mengalahkan brand otomotif raksasa dari Amerika dan Jepang, yakni Ford dan Honda.

Dilansir dari laman Car News on China, (10/9/24) jenama mobil listrik asal China ini menjadi brand terlaris ketiga di pasar global pada Juli 2024. Data penjualan menunjukan BYD mampu menjual hampir setengah dari penjualan pemimpin pasar otomotif global yakni Toyota Motor Corporation. 

Toyota Motor Corporation yang didalamnya termasuk Daihatsu, Hino, dan Lexus mampu  menjual 651,200 unit, Volkswagen’s menjual 346,200 unit dan BYD menjual 315,600 unit. Ini pun merupakan pencapaian karna tak ada produsen mobil China lain yang masuk ke dalam jajaran 10 besar penjualan di bulan Juli 2024.

Akan tetapi, Chery berhasil berada di posisi ke-18 dengan penjualan sebanyak 71,100 unit dan Geely berada di posisi ke-20 dengan penjualan sebesar 63,800 unit.

Meskipun peringkatnya sangat tinggi di bulan Juli, sejauh tahun ini, dari Januari hingga Juli, BYD berada di peringkat kedelapan dalam peringkat penjualan. Perlu ditekankan hasil ini adalah untuk merek, bukan grup.

Namun, gambaran penjualan untuk tahun ini sejauh ini sangat berbeda. Walaupun performa kuatnya di bulan Juli, BYD hanya berhasil menduduki peringkat kedelapan dari Januari-Juli, berdasarkan penjualan sebanyak 1.714.100 unit.

Penjualan Geely jauh lebih rendah, yaitu 577.700 unit, dengan merek ini berada di peringkat kedelapan belas secara keseluruhan. Sekali lagi, Toyota dan Volkswagen menempati posisi pertama dan kedua, sementara Honda menempati posisi ketiga sejauh tahun ini.

BYD di Indonesia

Saat ini Indonesia sendiri menjadi pasar yang sedang diincar oleh produsen mobil listrik yang sangat populer di China ini.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), BYD mampu masuk ke dalam jajaran 10 besar penjualan unit terbanyak di Indonesia sepanjang Agustus 2024, menempati urutan ke-6 dengan penjualan sebesar 2,940 unit. 

Saat ini, BYD Indonesia mengandalkan beberapa jenis mobil listrik untuk bersaing di pasar Indonesia di antaranya BYD Seal, BYD Atto 3, BYD Dolphin, dan terbaru, BYD M6


Penulis : Fahri N. Muharom

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Kenapa Konsumen Asia Suka Belanja Barang Mewah?

Konsumen Asia berkontribusi terhadap pertumbuhan industri barang mewah yang luar biasa di Eropa dan Amerika Serikat

Context.id | 17-09-2024

Bumi Bakal Miliki Bulan Mini Selama September-November

Fenoma bulan mini juga ada pada 2006 lalu, sebuah asteroid kecil mengitari Bumi selama sekitar satu tahun dan diikuti asteroid lainnya

Context.id | 17-09-2024

Iran Berhasil Luncurkan Satelit ke Luar Angkasa dengan Teknologi Terbaru

Pemerintah Barat menuding Iran bisa menggunakan teknologi terbaru itu untuk memperpendek jangka waktu nuklir antarbenua

Context.id | 17-09-2024

Generasi yang Potensial Berbisnis, Baby Boomers, Milenial atau Gen Z?

Baby Boomers itu memang sukses memindahkan kekayaannya, tapi bagaimana dengan bisnisnya? Siapakah yang cocok jadi penerusnya?

Context.id | 17-09-2024