Stories - 04 September 2024

Ternyata, Ini Makanan Sehari-hari Paus Fransiskus

Kesederhanaan Paus Fransiskus ternyata juga terlihat dari makanan yang ia makan. Tanpa kemewahan, sederhana selayaknya rakyat biasa


Paus Fransiskus - Reuters

Context.id, JAKARTA - Paus Fransiskus membawa prinsip hidup sederhana dan sangat menghindari kemewahan. Hal ini bisa dilihat dari kendaraan yang digunakannya saat berkunjung ke Indonesia, mulai dari pesawat komersil, hingga Innova Zenix. 

Bukan hanya kendaraannya saja, tapi sikap sederhananya juga ia terapkan dalam hal-hal lainnya, termasuk pada pilihan hidangan yang ia makan.

Apa Makanan Paus Fransiskus?

Melansir Inrome Cooking, untuk sarapan, Paus Fransiskus memilih untuk mengonsumsi segelas jus jeruk dan pasta manis bergelatin, atau yang disebut juga dengan nama membrillo. Pasta tersebut merupakan makanan klasik dari negara asalnya, Argentina.

Kemudian untuk makan siang dan makan malam, hidangannya juga tidak jauh berbeda dengan apa yang dimakan oleh mereka yang tinggal di Italia. Beberapa makanan pokoknya adalah pasta, gnocchi, dan polenta. 

Premium Photo | Serving of gnocchi pasta with pomodoro sauce

Secara umum, sama seperti manusia lain pada umumnya. Makanan yang dihidangkan kepada Paus Fransiskus terdiri dari ayam panggang, salad, buah, dan wine. 

Tapi, ada satu hal yang harus diperhatikan, yakni semua hidangan yang disajikan kepada Paus Fransiskus harus memiliki bahan-bahan yang segar. Atau dalam arti lain, bersumber secara lokal dan organik.

Hal ini sesuai dengan filosofinya, sebagaimana ditetapkan dalam Laudatio Sì, yaitu upaya untuk mengatasi perubahan iklim yang harus dimulai dari hubungan manusia dengan daratan dan lautan.

Sebagai informasi, semua hidangan yang disajikan kepada Paus Fransiskus berasal dari lahan pertanian Castel Gandolfo seluas 62 hektare.

Paus Fransiskus Punya Makanan Favorit?

Dahulu, sempat beredar laporan dari Italia tentang diet ‘muy austero’ yang dijalankan Paus Fransiskus, yakni hanya memakan ayam tanpa kulit dan salad.

Tapi, semua itu dibantah oleh Buku Resep Vatikan. Dalam buku itu, disebutkan jika Paus kelahiran Buenos Aires di Argentina itu sangat menyukai empanada, steak sirloin, hingga dulce de leche.

Selain itu, Paus ternyata juga penggemar dari Pizza. Bahkan dirinya pernah bercanda sembari mengungkapkan dirinya ingin menyelinap keluar untuk menikmati beberapa potong pizza tanpa diketahui orang lain.

Bukan cuma Paus Fransiskus saja yang memiliki makanan favorit. Contohnya seperti Santo Paus Yohanes Paulus II yang menyukai pangsit pierogi asal Polandia, dan Paus Benediktus XVI yang menyukai salad sosis dan bir.


Penulis : Naufal Jauhar Nazhif

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Lepas Tanggung Jawab Iklim, Perusahaan Energi Fosil Jadi Sponsor Olahraga

Lembaga penelitian iklim menemukan aliran dana besar perusahaan migas ke acara olahraga untuk mengelabui masyarakat soal krisis iklim\r\n

Context.id | 18-09-2024

Ini Rahasia Sukses Norwegia Mengganti Mobil Bensin dengan Listrik!

Norwegia, salah satu negara Nordik yang juga penghasil minyak dan gas terbesar di Eropa justru memimpin penggunaan mobil listrik

Context.id | 18-09-2024

Riset IDEA Temukan Kemunduran Demokrasi Dunia Selama 8 Tahun Beruntun

Kredibilitas pemilu dunia terancam oleh menurunnya jumlah pemilih dan hasil pemilu yang digugat serta diragukan.

Fahri N. Muharom | 18-09-2024

Warga Amerika Sebut Kuliah Tidak Lagi Bermanfaat, Kenapa?

Biaya yang semakin tinggi sehingga membuat mahasiswa terjerat utang pinjaman kuliah membuat warga AS banyak yang tidak ingin kuliah

Naufal Jauhar Nazhif | 17-09-2024