Stories - 08 June 2022

Bakal Pantau Migor, Pedulilindungi Aplikasi Serba Ada?

Dengan demikian, pemantauan minyak goreng ini menambah daftar panjang fungsi aplikasi serba ada PeduliLindungi.


Pengunjung sedang scan barcode aplikasi PeduliLindungi saat masuk ke sebuah pusat perbelanjaan. - Antara -

Context.id, JAKARTA - Aplikasi PeduliLindungi yang awalnya digunakan dalam proses tracking penyebaran Covid-19, kini akan bertambah fungsinya. Pemerintah berencana memanfaatkan teknologi digital ini untuk distribusi minyak goreng.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Merinves), Luhut Binsar Pandjaitan.

“Saya pikir kami (pemerintah akan lakukan (penggunaan PeduliLindungi) pada komoditas strategis ke depan agar bisa memantau (bahan pangan) dengan digital,” ujar Luhut.

Pasalnya, sistem digital akan membuat bahan pangan terdistribusi secara tepat sasaran dan kebutuhan bahan akan tetap terjaga di tengah kondisi pasar yang tidak menentu. Dengan demikian, pemantauan minyak goreng ini menambah daftar panjang fungsi aplikasi serba ada PeduliLindungi.

Berikut sejumlah kegunaan lain Pedulilindungi:

 

1. Memberi peringatan pada pengguna

PeduliLindungi memberitahukan jika penggunanya sedang ada di keramaian atau di kawasan zona merah. Selain itu, pengguna juga akan mendapatkan peringatan jika mereka berada di dekat pasien positif Covid-19 ataupun pasien dalam pengawasan.

 

2. Pengawasan pasien

Sistem yang ada di PeduliLindungi juga memungkinkan aplikasi ini mengetahui dan mengawasi pergerakan orang-orang yang terpapar Covid-19 selama 14 hari terakhir.

 

3. Mengunduh sertifikat vaksin

Aplikasi ini juga digunakan sebagai perantara pemberian sertifikat vaksin, dari vaksinator kepada masyarakat.

 

4. Informasi hasil tes Covid-19

Dalam aplikasi PeduliLindungi, terdapat fitur yang dapat menunjukan hasil tes PCR atau swab antigen dari laboratorium yang terafiliasi dengan pemerintah.

 

5. Bukti untuk mengakses layanan publik

Setiap kali masyarakat hendak masuk ke dalam layanan publik, baik restoran, tempat rekreasi, mall, tempat ibadah, maupun tempat olahraga, masyarakat akan diminta untuk meng-scan kode QR dari lokasi tersebut, sebagai bukti untuk mengakses layanan publik dan mempermudah pelacakan kasus positif.

 

6. Mengetahui daftar fasilitas kesehatan

Aplikasi besutan Kementerian Kesehatan ini juga memiliki daftar laboratorium untuk pemeriksaan PCR, Antigen, dan fasilitas kesehatan yang terafiliasi dengan Kemenkes.

 

7. Mengetahui informasi statistik Covid-19

Aplikasi PeduliLindungi yang terhubung dengan data dari Kementerian Kesehatan memiliki fitur untuk mengetahui informasi kasus terkonfirmasi, suspek, kontak erat, pasien sembuh, dan pasien meninggal di wilayah yang sedang dikunjungi.

 

8. Pendaftaran rawat inap

Melalui fasilitas yang ada di PeduliLindungi ini, pasien dapat mendaftar untuk fasilitas rawat inap di sejumlah rumah sakit yang bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan di seluruh Indonesia.

 

9. Fasilitas teledokter

Fasilitas yang terhubung dengan sejumlah aplikasi medis lain ini berguna untuk memeriksakan diri kepada dokter secara daring.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Lamun dan Rumput Laut Bisa Menangkal Perubahan Iklim

Jumlah karbon biru yaitu karbon yang dapat disimpan oleh ekosistem laut dan pesisir secara alami sebanyak 350.000 ton

Context.id | 25-04-2024

Mengenal Duck Syndrome, Istilah yang Lagi Populer

Sindrom ini menggambarkan seseorang yang mencoba menciptakan ilusi kehidupan yang sempurna, tetapi sebenarnya diliputi kecemasan yang sangat besar

Context.id | 25-04-2024

Fragmen Virus Flu Burung dalam Susu Pasteurisasi, Apakah Berbahaya?

Hasil pengetesan beberapa sampel susu pasteurisasi ditemukan sisa-sisa fragmen virus Flu Burung yang telah menginfeksi sapi perah

Context.id | 25-04-2024

Alasan Masyarakat hingga Pejabat Indonesia Gemar Berobat ke Luar Negeri

Pengobatan ke rumah sakit di luar negeri sejak lama menjadi tren yang berkembang di Indonesia

Context.id | 25-04-2024