Stories - 25 April 2024

Siomay Peringkat Satu Cemilan Terlezat Dunia

Setelah Rendang dan Sate, kini Siomay diakui sebagai salah satu dumpling atau cemilan berbahan pangsit terbaik dunia


Siomay Bandung/ Istimewa

Context.id, JAKARTA - Siomay, makanan khas Bandung yang berbahan dasar tepung terigu, sagu dan ikan tenggiri kini namanya kian populer. 

Makanan ini menduduki peringkat pertama sebagai best dumpling 2024 versi Taste Atlas dengan poin 4.8 dari 5. 

Siomay juga menjadi dumpling terlezat 2024 versi CNN. Sebelumnya, makanan ini menempati peringkat ke 7 sebagai dumpling terbaik di dunia versi Taste Atlas tahun 2023.

Siomay berasal dari Kota Bandung yang terdiri dari kulit pangsit berisi adonan ikan yang direbus didampingi telur, kentang, kubis, pare, dan tahu berisi adonan bakso lalu diberi saus kacang yang asin dan gurih. Di Jawa Barat siomay dikenal sebagai baso tahu. 

Namun siomay bukanlah makanan asli dari Indonesia. Makanan ini berasal dari China dengan nama shumai, melalui kalangan imigran China yang datang ke Indonesia pada masa penjajahan Belanda pada abad ke-17. 

Shumai masuk ke dalam jenis dumpling seperti wonton pangsit dan bakpao. 

Di China, makanan ini berbahan daging ikan dan babi yang dilapisi kulit pangsit. Sebagai pengganti saus kacang, shumai menggunakan cuka atau kecap asin untuk menambah cita rasa. 

Bukan hanya siomay, makanan dari Kota Bandung lainnya yaitu batagor atau bakso tahu goreng yang berada di urutan ke-2 sebagai street food terbaik 2024. 

Oleh karena itu, Taste Laste menyatakan bahwa Kota Bandung masuk ke dalam daftar 10 kota dan wilayah dengan makanan terbaik di dunia dan menjadi peringkat pertama di seluruh kota di Indonesia.  

Setelah siomay terdapat terdapat guotie di peringkat kedua. Makanan ini berasal dari China Utara yang berbentuk bulan sabit dengan isian campuran daging babi, kol, daun bawang, jahe, dan arak beras. 

Biasanya makanan ini disajikan saat imlek yang dipercaya dapat mendatangkan rezeki dan mempererat kerukunan.

Tang Bao makanan yang sama-sama asal China tersebut menduduki peringkat ketiga. Tangbao atau tangbaozi merupakan pangsit kukus yang disajikan dengan sup China. 

Makanan ini memiliki jenis yang beragam seperti pangsit tangbao dari provinsi memiliki bentuk yang besar dilengkapi sedotan yang berada di dalam roti. 

Berbeda halnya dengan jenis tang bao yang terkenal yaitu xiaolongbao. Versi ini memiliki ukuran yang lebih kecil dengan kulit yang lebih tipis

Penulis: Diandra Zahra


Penulis : Context.id

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Miliarder Beli Klub Eropa, Ada Pengaruh ke Sepak Bola Indonesia?

Deretan pengusaha kakap Tanah Air miliki saham mayoritas di klub-klub sepak bola luar negeri

Noviarizal Fernandez | 17-05-2024

Polemik Pernikahan Massal 100 Anak Perempuan di Nigeria

Pendidikan lebih prioritas bagi anak-anak perempuan dibandingkan memaksanya untuk melakukan pernikahan

Context.id | 17-05-2024

Reimajinasi Baru Museum dan Cagar Budaya Menjadi Ruang Belajar Inklusif.

Kemdikbudristek meluncurkan Indonesian Heritage Agency atau IHA untuk memberikan citra baru bagi museum dan situs budaya nasional.

Context.id | 17-05-2024

Cerita Petani Kopi Binaan Starbucks, Kualitas Makin Baik Untung Kian Tebal

Starbucks FSC berkomitmen membantu para petani lokal dalam mengelola dan meningkatkan kualitas kopi yang mereka tanam

Ririn oktaviani | 17-05-2024