Stories - 31 May 2022

Lukisan Fenomenal Monalisa Dilempari Kue

Lukisan asli Monalisa karya Leonardo da Vinci tiba-tiba dilempari kue oleh seorang pria tak dikenal.


Para pengunjung melihat lukisan Monalisa di Museum Louvre, Paris. - Bloomberg -

Context.id, JAKARTA – Insiden mengejutkan terjadi di Museum Louvre, Paris, Minggu (29/5/2022). Lukisan asli ‘Monalisa’ karya Leonardo da Vinci tiba-tiba dilempari kue oleh seorang pria tak dikenal.

Pelaku menjalankan aksinya dengan menyamar menjadi sebagai wanita tua yang menggunakan kursi roda, lipstik, dan rambut palsu, juga menebarkan sejumlah bunga mawar di sekitar lokasi. Beruntung, petugas keamanan cepat melihat dan mengamankan pelaku.

Melansir dari ABC, aksi itu dilakukan sebagai tindak protes karena seniman-seniman dinilai kurang memperhatikan bumi,.

“Seorang pria yang berpakaian seperti wanita tua, berdiri dari kursi roda dan mencoba untuk menghancurkan pelindung kaca lukisan Monalisa (namun tidak berhasil). Kemudian, ia mengolesi kaca tersebut dan menebarkan bunga mawar dimana-mana, sebelum dibawa oleh petugas keamanan,” ujar pengguna Twitter, @LukeXC2002.

Kini, pelaku sudah dibawa ke kantor polisi setempat dan diinterogasi lebih lanjut dengan dakwaan “percobaan pengerusakan fasilitas budaya”.

Sebenarnya aksi kriminal pada lukisan ‘Monalisa’ bukan kali pertama terjadi. Bahkan alasan penggunaan kaca yang diklaim anti peluru ini karena ada seorang pria asal Bolivia yang melemparkan batu ke lukisan pada 1956.

Selain itu, pada 1911 lukisan ini juga pernah dicuri oleh seorang staff Museum Louvre. Kemudian, pada 1950an lukisan pernah dilempari dengan cairan asam yang mengenai bagian bawah lukisan. Lalu, pada 2009 seorang wanita yang sedang marah melempar lukisan dengan gelas keramik.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

DJKI Gelar Klinik Kekayaan Intelektual di Seluruh Indonesia

Sejak 2022, MIC berhasil mendorong pertumbuhan KI di daerah-daerah melalui kerja sama DJKI dengan Kanwil Kemenkumham di seluruh Indonesia

Noviarizal Fernandez | 26-04-2024

Wajah Bisa Menggambarkan Status Kelas Sosial, Ini Penjelasannya

Wajah seseorang dapat menggambarkan kondisi kehidupannya

Context.id | 26-04-2024

Rusia Veto Usulan Amerika Mengenai Penempatan Nuklir di Ruang Angkasa

Rusia tidak ingin pelarangan senjata di luar angkasa hanya berlaku untuk nuklir, mereka ingin pelarangan semua senjata atau hulu ledak lainnya.

Context.id | 26-04-2024

Perpusnas Prancis Karantina Buku Terkontaminasi Racun Arsenik

Ratusan sampul buku telah diteliti dan diduga ada kandungan logam berat

Context.id | 26-04-2024