Stories - 30 May 2022

Profil Pesawat Twin Otter yang Jatuh di Nepal

Pesawat Twin Otter yang jatuh di Pegunungan Mustang, Nepal, merupakan pesawat bermesin ganda dan bersayap tinggi.


Penampakan pesawat Twin Otter di luar fasilitas manufaktur Viking Air Ltd. di Victoria, Kanada, pada Rabu (14/18). - Bloomberg -

Context.id, JAKARTA - A Tara Air (TB) De Havilland DHC-6-300 Twin Otter jatuh di Pegunungan Mustang, pada Minggu (29/5/2022). Seluruh penumpang dan awak kapal yang berjumlah 22 orang dinyatakan tewas dalam insiden ini.

Berdasarkan Business Standart, Nepal yang merupakan rumah dari 14 gunung tertinggi di dunia memang memiliki rekor untuk kecelakaan pesawat. Dalam kasus terbaru ini, belum ada informasi lebih lanjut penyebab kecelakaan pesawat.

Otoritas Penerbangan Umum Nepal (CAAN), Twin Otter melakukan lepas landas dari Pokhara, Nepal, pada pukul 9.55 waktu setempat. Pesawat seharusnya mendarat di Jomsom sekitar 20-25 menit kemudian. Namun, setelah 12 menit mengudara, pesawat ini hilang kontak.

 

Tentang Twin Otter

Twin Otter adalah pesawat bermesin ganda dan bersayap tinggi. Burung besi ini digunakan di seluruh dunia karena konstruksinya yang kokoh, keandalannya, serta kinerja lepas landas, dan pendaratannya yang singkat.

Pesawat ini sudah dikembangkan sejak 1965 dan biasanya dipakai untuk penerbangan antar kota. Pesawat ini juga merupakan salah satu dari “bush plane” atau pesawat yang bisa menjangkau lokasi-lokasi yang tidak dapat dijangkau oleh pesawat lain.

Oleh sebab itu, Twin Otter seringkali digunakan untuk penelitian ilmiah ataupun survei melalui udara. Namun, Twin Otter juga populer di kalangan para atlet terjun payung, karena normalnya mereka menggunakan pesawat ini untuk mengudara.

Di Indonesia sendiri, sudah pernah ada kasus kecelakaan Twin Otter pada 2019 di Timika, Papua yang menewaskan 4 orang.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Apartheid Gender Versi Taliban, Masuk Kategori Kejahatan Kemanusiaan?

Taliban melarang para gadis remaja bersekolah, para pegawai perempuan dilarang untuk bekerja dan para wanita dipaksa menikah dengan pria tua

Context.id | 21-06-2024

Mobil Listrik Ferrari Dilego Rp8,8 Miliar

Model EV kedua besutan Ferrari akan segera menyusul untuk diluncurkan

Noviarizal Fernandez | 21-06-2024

Dijadikan Guyonan Imbas Izin Tambang, Ini Sejarah Terbentuknya Lambang NU

Logo NU merupakan hasil buah tangan dari K.H. Ridwan Abdullah ulama yang juga memiliki kemampuan dalam bidang seni, terutama menggambar dan melukis

Context.id | 21-06-2024

Pengaruh Keju Bagi Kesehatan Mental

Responden yang memiliki kesehatan mental dan ketahanan terhadap stres kuat diduga banyak mengonsumsi keju

Context.id | 20-06-2024