Stories - 09 February 2024

Pembahasan Aturan Publisher Rights Tidak Transparan

Penyusunan regulasi tentang publisher rights terkesan tertutup.


Ilustrasi Dewan Pers dan Platform Digital - Jihan Aldiza

Context.id, JAKARTA - Penyusunan regulasi tentang publisher rights terkesan tertutup. Ada dugaan, negosiasi yang tidak berjalan mulus antara Dewan Pers dengan platform digital seperti Google dan perusahaan media massa daring menjadi penyebabnya.

Pengamat media dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN)  Ignatius Haryanto juga mengatakan, saat ini masih ada media massa online dan platform asing yang kontra terhadap Publisher Right.

Penolakan dari platform asing, katanya, disebabkan karena adanya regulasi yang mewajibkan platform untuk membuka algoritma mereka. Hal tersebut menurutnya yang menjadi poin keberatan dari platform.

Pasalnya, algoritma merupakan formula untuk platform mendapatkan keuntungan. Oleh karena itu, Ignatius khawatir jika mereka masih tidak mau untuk tunduk ke regulasi Indonesia dan pada akhirnya memutuskan pindah ke negara lain.

“Perusahaan platform itu sangat kuat karena mereka memiliki jaringan di seluruh dunia, sehingga walaupun Indonesia menjadi salah satu market yang besar, tetapi kalau memang tidak ada kesepakatan dalam hal ini, bisa sangat mudah mereka pindah ke tempat lain,” ujarnya.

Dia menyebutkan bahwa sekitar 80%-85% arus distribusi berita dari media online didapatkan dari platform asing, seperti Google, Facebook, dan Instagram.

Dengan demikian sebagian ‘nyawa’ dari media online ada di perusahaan platform tersebut. Selain itu, belajar dari kasus di Australia, Ignatius mengatakan yang diuntungkan dalam regulasi ini justru para media-media besar. 

“Kalau melihat perkembangan yang di Australia, ada yang mengatakan di sana yang diuntungkan hanya media-media besar, tapi bagaimana dengan media media kecil, apakah mereka juga mendapatkan manfaat dari perusahaan platform tersebut,” tuturnya.



 Sebagai informasi, regulasi Publisher Right akan meminta platform digital seperti Google dan Instagram untuk bekerja sama dengan media massa.

Menurut Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kemenkominfo Usman Kansong, kerja sama tersebut dapat berupa bagi hasil pendapatan iklan, pelatihan jurnalisme, ataupun tindak lain yang disetujui kedua belah pihak.

Lebih lanjut, kerja sama ini juga dapat dilakukan dengan berkelompok atau melalui asosiasi. 

Platform digital yang dimaksud di sini termasuk Google, Facebook, Youtube, dan PSE lainnya. Sementara media yang dimaksud adalah media lokal yang sudah terverifikasi oleh Dewan Pers.

Selain itu, lanjut Usman, platform digital juga harus memiliki kewajiban untuk mendukung jurnalisme berkualitas.

Usman mengatakan, hal ini dapat dilakukan dengan mengatur algoritma masing-masing untuk mempublikasikan berita-berita yang sesuai dengan nilai demokrasi dan sesuai dengan keberagaman.

"Pokoknya platform algoritmanya itu sebisa mungkin hanya menampilkan berita-berita yang berkualitas di platformnya. Itu yang diatur (dalam Perpres Publisher Right)," ujar Usman.

Namun, salah satu platform yang terdampak Google masih meminta regulasi Publisher Right diganti karena batasi keberagaman sumber berita bagi publik dan hanya menguntungkan media konvensional.

VP Government Affairs and Public Policy Google APAC Michaela Browning sempat menyatakan regulasi Publisher Right justru memberikan kekuasaan kepada lembaga nonpemerintah untuk menentukan konten dan penerbit yang boleh meraih penghasilan dari iklan.

Lebih lanjut, jika regulasi disahkan tanpa diubah sama sekali, hal ini akan mempengaruhi kemampuan Google untuk menyediakan sumber informasi yang relevan, kredibel, dan beragam bagi masyarakat Indonesia.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024