Share

Stories 23 Januari 2024

Keffiyeh, Simbol Perlawanan dan Solidaritas Palestina

Keffiyeh juga dikenal sebagai hatta, adalah hiasan kepala tradisional bangsa Arab. Ikat ini populer setelah digunakan oleh mendiang Yasser Arafat, mantan pemimpin Palestina.

Ilustrasi Keffiyeh - Puspa Larasati

Context.id, JAKARTA - Kain keffiyeh menjadi kian populer pascakonflik bersenjata antara faksi Hamas dan Israel. Bagaimana sejarah dan maknanya?

Keffiyeh, juga dikenal sebagai hatta, adalah hiasan kepala tradisional bangsa Arab. Secara historis, hiasan ini dipakai oleh komunitas nomaden atau Badui di Palestina yang bersejarah.

Biasanya terbuat dari bahan katun dan dihiasi dengan pola tenun yang khas, serta diproduksi dalam berbagai warna, meskipun selama satu abad terakhir, warna hitam dan putih telah menjadi identik dengan orang Palestina.

Dikutip dari NPR, ada yang mengatakan pola pada keffiyeh melambangkan berbagai aspek kehidupan Palestina yakni garis-garis hitam tebal di tepinya melambangkan jalur perdagangan bersejarah yang biasa melewati Palestina. 

Desain seperti jaring ikan melambangkan ikatan Palestina dengan Laut Mediterania dan garis-garis melengkung menyerupai pohon zaitun, sebuah kebanggaan utama bagi orang Palestina.

Meskipun tidak satupun dari klaim ini dapat didukung oleh bukti sejarah, selama 10 tahun terakhir klaim tersebut telah diterima oleh orang-orang Palestina di diaspora sebagai makna di balik pola keffiyeh mereka.

“Dalam penelitian dan pengalaman saya, sering berinteraksi dengan keffiyeh dari abad ke-19, saya sering melihat berbagai macam warna,” kata Wafa Ghnaim, pakar pakaian Palestina dan peneliti senior di Metropolitan Museum of Art.

Menurutnya, ia pernah melihat warna putih-hitam seperti yang jamak dilihat saat ini, tapi juga terkadang hijau.

Terkadang juga terlihat benang emas dan merah. Baru pada tahun 1930-an kita mulai melihat keffiyeh berubah maknanya, bukan dari pola yang ada di syal, tetapi dalam penggunaannya, kata Wafa.

Hingga dekade 1920-an, keffiyeh hampir secara eksklusif dikenakan oleh laki-laki Badui, menurut Ghnaim, dan itu hanyalah cara untuk mengidentifikasi laki-laki nomaden di Palestina yang bersejarah dari penduduk desa, kawan, dan kota.

Menurutnya, pertama kali keffiyeh digunakan sebagai pernyataan politik adalah selama Revolusi Arab di Palestina pada 1936, yang merupakan sebuah pemberontakan melawan pemerintahan Inggris mencakup tuntutan kemerdekaan dan diakhirinya imigrasi Yahudi.

Pada saat itu, sebagian besar perlawanan bersenjata terjadi di desa-desa, dan para pejuang menggunakan keffiyeh untuk menyembunyikan ciri-ciri mereka sehingga membuat penutup kepala ini dikaitkan dengan revolusi.

Para pemimpin revolusi mengeluarkan perintah bagi laki-laki untuk mengenakan keffiyeh untuk menyatakan solidaritas terhadap kaum revolusioner dan agar Inggris tidak dapat membedakan para pejuang dari yang lain.

Pada era 1960-an, hal ini dikaitkan dengan nasionalisme Palestina, terutama karena diadopsi oleh para pemimpin seperti Yasser Arafat. Pada masa ini, ia mewakili solidaritas dan perlawanan terhadap pendudukan Israel.

Tokoh terkemuka Palestina lainnya juga mengenakan keffiyeh pada masa itu, termasuk Leila Khaled yang terlibat dalam dua pembajakan pesawat pada 1969 dan 1970 sebagai bagian dari Front Populer untuk Pembebasan Palestina.

Makna Saat Ini

Bagi banyak warga Palestina, keffiyeh melambangkan kerinduan mereka akan kebebasan dan mencerminkan sejarah mereka. Bagi sebagian warga non-Palestina, kain ini adalah bentuk solidaritas.

Baru-baru ini, hal itu juga dikaitkan dengan juru bicara Hamas yang hanya dikenal dengan nama samarannya, Abu Obeida.

Ia dikenal dengan sebutan al-mulatham atau yang bertopeng karena wajahnya selalu ditutupi keffiyeh merah putih yang hanya memperlihatkan matanya.

Suara dan keffiyehnya sudah menjadi akrab di rumah tangga Arab selama konflik saat ini. Dia memuji serangan 7 Oktober yang menurut pemerintah Israel menewaskan 1.200 orang, termasuk perempuan dan anak-anak, sebagai kemenangan bagi perjuangan Palestina.

 Dia tetap mempertahankan pendiriannya, bahkan ketika respons Israel telah menewaskan lebih dari 16.000 orang di Gaza, menurut Kementerian Kesehatan Gaza, yang sebagian besar mencakup perempuan dan anak-anak.



Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

Stories 23 Januari 2024

Keffiyeh, Simbol Perlawanan dan Solidaritas Palestina

Keffiyeh juga dikenal sebagai hatta, adalah hiasan kepala tradisional bangsa Arab. Ikat ini populer setelah digunakan oleh mendiang Yasser Arafat, mantan pemimpin Palestina.

Ilustrasi Keffiyeh - Puspa Larasati

Context.id, JAKARTA - Kain keffiyeh menjadi kian populer pascakonflik bersenjata antara faksi Hamas dan Israel. Bagaimana sejarah dan maknanya?

Keffiyeh, juga dikenal sebagai hatta, adalah hiasan kepala tradisional bangsa Arab. Secara historis, hiasan ini dipakai oleh komunitas nomaden atau Badui di Palestina yang bersejarah.

Biasanya terbuat dari bahan katun dan dihiasi dengan pola tenun yang khas, serta diproduksi dalam berbagai warna, meskipun selama satu abad terakhir, warna hitam dan putih telah menjadi identik dengan orang Palestina.

Dikutip dari NPR, ada yang mengatakan pola pada keffiyeh melambangkan berbagai aspek kehidupan Palestina yakni garis-garis hitam tebal di tepinya melambangkan jalur perdagangan bersejarah yang biasa melewati Palestina. 

Desain seperti jaring ikan melambangkan ikatan Palestina dengan Laut Mediterania dan garis-garis melengkung menyerupai pohon zaitun, sebuah kebanggaan utama bagi orang Palestina.

Meskipun tidak satupun dari klaim ini dapat didukung oleh bukti sejarah, selama 10 tahun terakhir klaim tersebut telah diterima oleh orang-orang Palestina di diaspora sebagai makna di balik pola keffiyeh mereka.

“Dalam penelitian dan pengalaman saya, sering berinteraksi dengan keffiyeh dari abad ke-19, saya sering melihat berbagai macam warna,” kata Wafa Ghnaim, pakar pakaian Palestina dan peneliti senior di Metropolitan Museum of Art.

Menurutnya, ia pernah melihat warna putih-hitam seperti yang jamak dilihat saat ini, tapi juga terkadang hijau.

Terkadang juga terlihat benang emas dan merah. Baru pada tahun 1930-an kita mulai melihat keffiyeh berubah maknanya, bukan dari pola yang ada di syal, tetapi dalam penggunaannya, kata Wafa.

Hingga dekade 1920-an, keffiyeh hampir secara eksklusif dikenakan oleh laki-laki Badui, menurut Ghnaim, dan itu hanyalah cara untuk mengidentifikasi laki-laki nomaden di Palestina yang bersejarah dari penduduk desa, kawan, dan kota.

Menurutnya, pertama kali keffiyeh digunakan sebagai pernyataan politik adalah selama Revolusi Arab di Palestina pada 1936, yang merupakan sebuah pemberontakan melawan pemerintahan Inggris mencakup tuntutan kemerdekaan dan diakhirinya imigrasi Yahudi.

Pada saat itu, sebagian besar perlawanan bersenjata terjadi di desa-desa, dan para pejuang menggunakan keffiyeh untuk menyembunyikan ciri-ciri mereka sehingga membuat penutup kepala ini dikaitkan dengan revolusi.

Para pemimpin revolusi mengeluarkan perintah bagi laki-laki untuk mengenakan keffiyeh untuk menyatakan solidaritas terhadap kaum revolusioner dan agar Inggris tidak dapat membedakan para pejuang dari yang lain.

Pada era 1960-an, hal ini dikaitkan dengan nasionalisme Palestina, terutama karena diadopsi oleh para pemimpin seperti Yasser Arafat. Pada masa ini, ia mewakili solidaritas dan perlawanan terhadap pendudukan Israel.

Tokoh terkemuka Palestina lainnya juga mengenakan keffiyeh pada masa itu, termasuk Leila Khaled yang terlibat dalam dua pembajakan pesawat pada 1969 dan 1970 sebagai bagian dari Front Populer untuk Pembebasan Palestina.

Makna Saat Ini

Bagi banyak warga Palestina, keffiyeh melambangkan kerinduan mereka akan kebebasan dan mencerminkan sejarah mereka. Bagi sebagian warga non-Palestina, kain ini adalah bentuk solidaritas.

Baru-baru ini, hal itu juga dikaitkan dengan juru bicara Hamas yang hanya dikenal dengan nama samarannya, Abu Obeida.

Ia dikenal dengan sebutan al-mulatham atau yang bertopeng karena wajahnya selalu ditutupi keffiyeh merah putih yang hanya memperlihatkan matanya.

Suara dan keffiyehnya sudah menjadi akrab di rumah tangga Arab selama konflik saat ini. Dia memuji serangan 7 Oktober yang menurut pemerintah Israel menewaskan 1.200 orang, termasuk perempuan dan anak-anak, sebagai kemenangan bagi perjuangan Palestina.

 Dia tetap mempertahankan pendiriannya, bahkan ketika respons Israel telah menewaskan lebih dari 16.000 orang di Gaza, menurut Kementerian Kesehatan Gaza, yang sebagian besar mencakup perempuan dan anak-anak.



Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin


RELATED ARTICLES

Inovasi Kesehatan Mental: Mengobati Depresi Melalui Aplikasi Digital

Aplikasi Rejoyn menawarkan solusi inovatif untuk mengobati depresi dengan latihan emosional yang \"mereset \" sirkuit otak

Context.id . 30 October 2024

Lewat Pertukaran Pelajar, Hubungan Indonesia-Kazakhstan Makin Erat

Hubungan Indonesia-Kazakhstan semakin erat melalui acara \"Kazakhstan-Indonesia Friendship Society\" dan program pertukaran pelajar untuk generasi ...

Helen Angelia . 30 October 2024

Jam Kerja Rendah Tapi Produktivitas Tinggi, Berkaca dari Jerman

Data OECD menunjukkan meskipun orang Jerman hanya bekerja rata-rata 1.340 jam per tahun, partisipasi perempuan yang tinggi dan regulasi bagus memb ...

Context.id . 29 October 2024

Konsep Adrenal Fatigue Hanyalah Mitos dan Bukan Diagnosis yang Sahih

Konsep adrenal fatigue adalah mitos tanpa dasar ilmiah dan bukan diagnosis medis sah yang hanyalah trik marketing dari pendengung

Context.id . 29 October 2024