Stories - 17 May 2022

Akhirnya, Masyarakat Sudah Boleh Lepas Masker!

Pandemi Covid-19 yang melandai dan kondisi penanganan Covid-19 yang sudah semakin membaik membuat Jokowi memutuskan kebijakan baru.


Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker pada Selasa (17/5/2022). - Antara -

Context.id, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pemerintah sudah memperbolehkan untuk tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

“Maka perlu saya menyampaikan beberapa hal. Yang pertama, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker,” ujar Jokowi melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022)

Pasalnya, pandemi Covid-19 melandai dan kondisi penanganan Covid-19 yang sudah semakin membaik membuat pemerintah memutuskan kebijakan terbaru ini.

Namun, pada kesempatan yang sama, Jokowi masih mewajibkan masyarakat untuk tetap memakai masker saat berada di ruangan tertutup, transportasi publik, atau sedang mengalami gejala batuk/ pilek.

“Jika masyarakat sedang beraktifitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker. Namun, untuk kegiatan di ruang tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan bahwa transisi dari pandemi ke endemi akan dilakukan dalam berbagai tahapan. Menurutnya, pemerintah tidak ingin Indonesia seperti negara-negara lain yang langsung memperbolehkan masyarakatnya tidak menggunakan masker.

“Saya tidak ingin kayak negara-negara lain langsung buka masker, ndak. Ini masih masa transisi, kira-kira enam bulan kita lihat seperti apa, baru nanti silahkan kalau di luar ruangan buka masker, kalau di dalam ruangan masih pakai masker,” ujarnya.

Dalam memutuskan kebijakan, pemerintah mengatakan tidak ingin tergesa-gesa. Apalagi belajar dari sejumlah pengalaman dari lonjakan kasus Covid-19 varian Delta beberapa saat lalu.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Warung Madura, antara Kontroversi dan Keunikannya

Pedagang Madura di kampungnya sanggup membangun rumah mewah bertingkat dari hasil jualan kelontongan

Context.id | 30-04-2024

Gelombang Panas Menyerang Asia, Anak Sekolah Diliburkan

Akibat gelombang panas, banyak terjadi penularan penyakit di kalangan guru dan siswa dalam beberapa hari terakhir.

Context.id | 30-04-2024

Perempuan Jadi Ujung Tombak Kekayaan Intelektual

Perempuan Indonesia masih kurang berpartisipasi aktif dalam sistem kekayaan intelektual

Noviarizal Fernandez | 30-04-2024

Indonesia Dorong Pembentukan Global Water Fund

Global Water Fund merespon ketimpangan anggaran dan mempercepat pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Noviarizal Fernandez | 30-04-2024