Stories - 17 May 2022

Akhirnya, Masyarakat Sudah Boleh Lepas Masker!

Pandemi Covid-19 yang melandai dan kondisi penanganan Covid-19 yang sudah semakin membaik membuat Jokowi memutuskan kebijakan baru.


Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker pada Selasa (17/5/2022). - Antara -

Context.id, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pemerintah sudah memperbolehkan untuk tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

“Maka perlu saya menyampaikan beberapa hal. Yang pertama, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker,” ujar Jokowi melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022)

Pasalnya, pandemi Covid-19 melandai dan kondisi penanganan Covid-19 yang sudah semakin membaik membuat pemerintah memutuskan kebijakan terbaru ini.

Namun, pada kesempatan yang sama, Jokowi masih mewajibkan masyarakat untuk tetap memakai masker saat berada di ruangan tertutup, transportasi publik, atau sedang mengalami gejala batuk/ pilek.

“Jika masyarakat sedang beraktifitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker. Namun, untuk kegiatan di ruang tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan bahwa transisi dari pandemi ke endemi akan dilakukan dalam berbagai tahapan. Menurutnya, pemerintah tidak ingin Indonesia seperti negara-negara lain yang langsung memperbolehkan masyarakatnya tidak menggunakan masker.

“Saya tidak ingin kayak negara-negara lain langsung buka masker, ndak. Ini masih masa transisi, kira-kira enam bulan kita lihat seperti apa, baru nanti silahkan kalau di luar ruangan buka masker, kalau di dalam ruangan masih pakai masker,” ujarnya.

Dalam memutuskan kebijakan, pemerintah mengatakan tidak ingin tergesa-gesa. Apalagi belajar dari sejumlah pengalaman dari lonjakan kasus Covid-19 varian Delta beberapa saat lalu.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

KPPU Mulai Sidangkan Perkara Tender di BRIN

Perkara ini melibatkan 4 perusahaan yang menjadi terlapor

Noviarizal Fernandez | 20-05-2024

D’Festa 2024, Pameran K-Pop Terbesar di Indonesia

D\'Festa digadang-gadang dapat memberikan pengalaman impresif yang tak terlupakan bagi para penggemar K-Pop di Indonesia

Context.id | 20-05-2024

Mengenal HIFI, Orang Kaya tapi Kekurangan

Generasi milenial di kota-kota AS yang berpenghasilan $200.000 atau lebih per tahun hidup dari gaji ke gaji

Context.id | 20-05-2024

Salah Kaprah Bisnis Franchise atau Waralaba

waralaba ini memberikan hak penggunaan merek dagang, sistem operasi, dan dukungan kepada pihak lain untuk menjalankan bisnis yang sudah berjalan.

Context.id | 20-05-2024