Stories - 18 December 2023

Kecelakaan Terkait Iring-iringan Presiden Pernah Terjadi di Indonesia

Mobil iring-iringan Presiden Amerika Serikat mengalami kecelakaan lalu lintas. Kejadiannya ini juga pernah dialami Presiden SBY tahun 2004 silam.


Iring-iringan mobil presiden beserta pasukan pengawalan/ Dok. Hypeabis.id

Context.id, JAKARTA - Mobil iring-iringan Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengalami kecelakaan lalu lintas yang sempat menghebohkan dunia akhir pekan lalu.

Informasi yang dihimpun, mobil sports utility vehicle (SUV) yang tergabung dalam iring-iringan pengamanan kepresidenan Amerika Serikat (AS) mengalami kecelakaan pada Minggu (17/12/2023) malam waktu setempat.

“Keluarga Biden keluar dari markas Biden-Harris 2024 di pusat kota Wilmington yang diguyur hujan pada pukul 20.07 setelah makan malam bersama anggota tim pemenangannya saat kejadian,” bunyi pernyataan dari Gedung Putih.

Di media sosial, tersebar video yang menggambarkan tidak lama setelah Biden keluar dari markas kampanyenya terdengar suara tabrakan keras tidak jauh dari tempat Biden berdiri. Biden kemudian melihat ke asal suara.

Berdasarkan informasi dari saksi mata, suara berasal dari mobil sedan yang menabrak salah satu mobil SUV kepresidenan AS yang diparkir di persimpangan jalan sekitar 40 meter dari Biden.

Kasus kecelakaan yang berkaitan dengan mobil iring-iringan Presiden juga pernah terjadi di Indonesia lho. Peristiwa itu terjadi 19 tahun silam, tepatnya 17 November 2004.

Saat itu terjadi tabrakan beruntun di Tol Jagorawi yang melibatkan tujuh kendaraan saat rombongan kendaraan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hendak melintas.

Akibat kejadian itu, lima orang tewas di lokasi kejadian dan beberapa orang terluka. Adapun penyebabnya diduga berawal saat rombongan Presiden SBY hendak masuk tol Cibubur, petugas keamanan memberhentikan mobil dari arah Bogor secara mendadak, sehingga terjadi tabrakan beruntun.

Para korban tewas dievakuasi dari lokasi kejadian ke RSCM dan korban luka dilarikan ke RS Universitas Kristen Indonesia (UKI).

Sementara itu, tujuh  kendaraan yang terlibat dalam tabrakan beruntun adalah bus Garuda B 7707 AD, Suzuki VP minibus B 1964 BM, Toyota Kijang minibus B 7044 EA, Suzuki Futura pick up B 9465 AS, Toyota Kijang minibus B 8546 BD, Toyota Kijang minibus B 2834 JD, dan Suzuki VP minibus V 1987 BS.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Sederet Menteri Jokowi yang Gemar Olahraga

Di tengah kesibukannya, menteri-menteri kabinet Jokowi nyatanya banyak gemar berolahraga juga

Ririn oktaviani | 23-02-2024

Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan Diekstradisi?

Pemerintah AS dan juga warga dunia menunggu langkah selanjutnya Pemerintah Inggris, apakah akan mengekstradisi Julian Assange atau tidak.

Context.id | 23-02-2024

Tuntut Perbaikan Upah, Dokter di Korsel Mogok Kerja

Unjuk rasa ini menjadi salah satu aksi mogok kerja terbesar dalam sejarah Korea Selatan. Negeri Gingseng ini sering diwarnai unjuk rasa gerakan ...

Context.id | 23-02-2024

Pemerintah Adakan Program Doktor Terapan di Perguruan Tinggi Vokasi

Program doktor terapan membuat pendidikan vokasi mempunyai jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari diploma, sarjana, magister hingga doktor.

Context.id | 22-02-2024