Stories - 05 December 2023

Indonesia Gandeng Singapura Ajukan Diri Jadi Host Piala Dunia U20

Presiden menyiapkan sebuah strategi khusus agar Indonesia bisa menjadi host Piala Dunia U-20 antara 2025 hingga 2029.

Context.id, JAKARTA- Presiden Joko Widodo menginstruksikan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) bersama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk menjajaki kans Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2025-2029.

Namun, agar tidak mengulang kejadian tahun ini, di mana Indonesia batal menggelar hajatan tersebut, kali ini tutur Jokowi, Indonesia bakal menggandeng Singapura sebagai tuan rumah. Kepala Negara meyakini bahwa Indonesia dan Singapura dapat mengemban amanah tersebut dengan baik.

"Saya yakin Indonesia dan Singapura akan dapat menjadi tuan rumah yang baik untuk kedua turnamen," ucap Jokowi kepada awak media di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/11/2023).

Untuk mendukung pengajuan tersebut, kata Jokowi, pemerintah juga terus melakukan evaluasi dan perencanaan untuk penambahan stadion.

Kepala Negara melanjutkan bahwa saat ini pemerintah telah menyampaikan untuk declaration of interest yang menjadi modal untuk proses bidding tersebut. Salah satunya melalui penyerahan dokumen yang sudah ditandatangani oleh PSSI dan oleh Football Association of Singapore.

“Semuanya sudah [diproses]. Ya, kita dalam proses [bidding] dan akan kita selesaikan renovasi untuk 22 stadion sepak bola dalam rangka persiapan ke sana,” tandas Jokowi.

Sebagaimana diketahui, tahun ini Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Keputusan itu diambil FIFA di tengah aksi penolakan terhadap tim nasional Israel untuk berlaga di Tanah Air.

Melansir dari laman resmi FIFA, keputusan membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah diambil setelah Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua PSSI Erick Thohir bertemu. Selanjutnya, Argentina ditunjuk sebagai tuan rumah pengganti.

Padahal saat itu Indonesia diketahui telah lama bersiap menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Anggaran triliunan rupiah pun telah dialokasikan untuk mendukung suksesnya pesta sepak bola internastional tersebut.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024