Stories - 22 November 2023

H20 Hasilkan Komunike Penguatan Ekosistem Halal Global

Gelaran Halal 20 World 2023 menghasilkan komunike bersama yang disepakati oleh seluruh delegasi dari 41 negara.

Context.id, JAKARTA - Gelaran Halal 20 World 2023 secara resmi ditutup hari keempat menghasilkan komunike bersama yang disepakati oleh seluruh delegasi dari 41 negara.

H20 2023 itu digelar 17-20 November 2023 di Jakarta. Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham, mengatakan bahwa perhelatan itu menghasilkan komunike H20 2023 memuat tujuh butir kesepakatan penting dalam menumbuhkan dan memperkuat ekosistem produk halal global.

"Komunike sebagai kesepakatan bersama yang berisi 7 butir kesepakatan penting dalam menumbuhkan sekaligus memperkuat ekosistem produk halal global." kata Aqil, dalam keterangan tertulis, Rabu (22/11/2023).

"Tercapainya komunike ini merupakan satu langkah strategis dari upaya kita bersama dalam mengembangkan ekosistem industri dan produk halal agar semakin produktif dan membawa kebermanfataan bagi semua." lanjut Aqil.  

Adapun isi komunike tersebut adalah sebagai berikut:

1. Forum H20 berdedikasi untuk menggunakan produk Halal sebagai jembatan untuk menyatukan orang-orang di seluruh dunia. Komitmen ini lebih dari sekadar bisnis ini tentang memupuk kepercayaan dan persatuan global. 

Forum ini bermaksud meningkatkan produk halal sebagai standar keunggulan baru secara global dengan berfokus pada inovasi dan kualitas, menetapkan tolok ukur baru dalam industri.

2. Visi H20 adalah menumbuhkan ekosistem halal global. Forum H20 percaya bahwa proses penetapan standar halal universal memerlukan upaya multidimensi termasuk fikih dan pemahaman perbedaan sosial dan budaya. Ini bukan hanya tentang produk; tapi menciptakan lingkungan harmonis yang menghormati dan menjunjung tinggi prinsip-prinsip halal.

3. Berkomitmen memperkuat Forum H20 dengan mendorong dialog terbuka, pembelajaran dan kolaborasi di antara para pemangku kepentingan industri halal global untuk menciptakan ruang yang menarik dan dinamis. 

Upaya ini diarahkan untuk mengembangkan dan menerapkan standar halal universal, sebuah langkah yang menjanjikan keberlanjutan dan pengakuan luas di industri ini. 

4. Forum H20 berharap dapat bekerja sama secara erat untuk memastikan semua orang mengakui sertifikat halal sedunia. 

5. Forum H20 mengundang seluruh pelaku usaha di seluruh dunia untuk bergabung dengan ekosistem halal. Ini adalah peluang untuk memasuki pasar halal yang bernilai triliunan dolar dan menawarkan pilihan produk halal yang lebih luas kepada konsumen sembari memperoleh manfaat dari sektor yang sedang berkembang ini.

6. Inisiatif terbaru BPJPH untuk mengembangkan SiHalal, sebuah aplikasi perangkat lunak yang kompatibel dengan teknologi AI dan Blockchain, menandai kemajuan signifikan di bidang ini. 

Selain komunike tersebut, Forum H20 juga berterima kasih kepada BPJPH atas kerja luar biasa dalam menyelenggarakan H20 Halal World Summit selama dua tahun terakhir. Komitmen dan kerja keras BPJPH telah memainkan peran penting dalam menyatukan negara-negara di seluruh dunia, menciptakan ruang kerja sama. 

Setelah Indonesia, KTT Halal World Summit 2024 akan diadakan di Brasil. Saat ini, produk dan pasar halal Brasil sangat berkembang serta memainkan peran kunci ldalam perekonomian halal dunia. 


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Sederet Menteri Jokowi yang Gemar Olahraga

Di tengah kesibukannya, menteri-menteri kabinet Jokowi nyatanya banyak gemar berolahraga juga

Ririn oktaviani | 23-02-2024

Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan Diekstradisi?

Pemerintah AS dan juga warga dunia menunggu langkah selanjutnya Pemerintah Inggris, apakah akan mengekstradisi Julian Assange atau tidak.

Context.id | 23-02-2024

Tuntut Perbaikan Upah, Dokter di Korsel Mogok Kerja

Unjuk rasa ini menjadi salah satu aksi mogok kerja terbesar dalam sejarah Korea Selatan. Negeri Gingseng ini sering diwarnai unjuk rasa gerakan ...

Context.id | 23-02-2024

Pemerintah Adakan Program Doktor Terapan di Perguruan Tinggi Vokasi

Program doktor terapan membuat pendidikan vokasi mempunyai jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari diploma, sarjana, magister hingga doktor.

Context.id | 22-02-2024