Stories - 22 November 2023

Dunia Apresiasi Aplikasi Serifikasi Produk Halal Indonesia

Delegasi forum H20 2023 yang mewakili lembaga halal dari 41 negara mengapresiasi layanan digital sertifikat halal BPJPH Indonesia

Context.id, JAKARTA - Delegasi peserta forum Halal20 2023 yang mewakili lembaga halal dari 41 negara memberikan apresiasi atas transformasi layanan melalui digitalisasi layanan sertifikasi Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Apresiasi tersebut disampaikan oleh oleh Chief Officer of American Halal Foundation (AHF) James Chambers. 

Menurutnya, inisiatif terbaru BPJPH untuk mengembangkan SiHalal, sebuah aplikasi perangkat lunak yang kompatibel dengan teknologi AI dan Blockchain, menandai kemajuan signifikan dalam bidang penyelenggaraan jaminan produk halal.

"Kami percaya inovasi ini tidak hanya merupakan bukti komitmen BPJPH terhadap kemajuan namun juga berfungsi sebagai landasan ideal untuk menciptakan platform halal global,” tuturnya dalam keterangan tertulis, Rabu (22/11/2023).

Platform Sihalal,  dapat berfungsi sebagai forum, agregator, atau pusat hub, yang mengintegrasikan aplikasi serupa dari berbagai negara dan mendorong kolaborasi dan pertukaran internasional di sektor produk halal.

Lebih lanjut, Chambers juga mengatakan bahwa atas nama seluruh delegasi H20 menyampaikan terima kasih kepada BPJPH atas penyelenggaraan H20 dalam dua tahun terakhir, pada 2022 di Semarang dan tahun ini di Jakarta.

"Kami sangat berterima kasih atas kerja luar biasa BPJPH dalam menyelenggarakan H20 - Halal World Summit 2023 selama dua tahun terakhir. Komitmen dan kerja keras BPJPH telah memainkan peran penting dalam menyatukan negara-negara di seluruh dunia, menciptakan ruang kerja sama." katanya.

Chambers juga mentatakan bersemangat untuk memulai fase baru H20. Sesuai semangat G20, setiap tahunnya akan ada negara berbeda yang menjadi tuan rumah KTT tersebut. Pada 2024 nanti, Brasil akan menjadi tuan rumah KTT Halal World Summit 2024.

"Ini akan menjadi acara yang dinamis dan bermanfaat. Sungguh menggembirakan memikirkan banyaknya peluang yang akan dihadirkan Brasil bagi dunia usaha, pemimpin industri, dan pemain kunci lainnya dalam perekonomian halal global. Kami sangat menantikan pengalaman unik dan berharga pada Halal World Summit 2024 di Brasil." pungkasnya.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Sederet Menteri Jokowi yang Gemar Olahraga

Di tengah kesibukannya, menteri-menteri kabinet Jokowi nyatanya banyak gemar berolahraga juga

Ririn oktaviani | 23-02-2024

Pendiri WikiLeaks Julian Assange akan Diekstradisi?

Pemerintah AS dan juga warga dunia menunggu langkah selanjutnya Pemerintah Inggris, apakah akan mengekstradisi Julian Assange atau tidak.

Context.id | 23-02-2024

Tuntut Perbaikan Upah, Dokter di Korsel Mogok Kerja

Unjuk rasa ini menjadi salah satu aksi mogok kerja terbesar dalam sejarah Korea Selatan. Negeri Gingseng ini sering diwarnai unjuk rasa gerakan ...

Context.id | 23-02-2024

Pemerintah Adakan Program Doktor Terapan di Perguruan Tinggi Vokasi

Program doktor terapan membuat pendidikan vokasi mempunyai jenjang pendidikan yang lengkap, mulai dari diploma, sarjana, magister hingga doktor.

Context.id | 22-02-2024