Stories - 15 November 2023

Magnet Coldplay Saat Konser di Indonesia

Konser Coldplay di Indonesia pada Rabu (15/11/2023) malam diprediksi akan menyedot ribuan orang.

Context.id, JAKARTA  - Gelombang massa akan memadati area sekitar Gelora Bung Karno Senayan seiring dengan digelarnya konser band asal Inggris, Coldplay hari ini, Rabu (15/11/2023) pukul 9 malam. 

Pihak Kepolisian tentunya sudah mempersiapkan bagaimana pengaturan tumpahan massa di titik mana saja. Selain penjagaan yang ketat, Polda Metro Jaya juga telah bersiap memberlakukan rekayasa lalu lintas khusus hari ini.

Dari informasi yang beredar, calon penonton dapat mulai memasuki pre-function area mulai pukul 13.00 WIB. Lalu jadwal open gate untuk pemilik tiket Ultimate Experience diminta telah tiba di area 1 jam sebelum jadwal ditentukan. Di mana, open gate untuk pemilik tiket kategori ini dan My Universe dijadwalkan pukul 17.00 WIB.

Sedangkan open gate untuk semua kategori tiket dimulai pukul 17.30 WIB. Nantinya massa pasti akan keluar masuk area konser dsn memadati seputaran GBK karena Coldplay dijadwalkan baru memulai penampilannya pukul 21.00 WIB. 

Sebelum Coldplay naik ke atas panggung, penonton akan dihibur oleh penampilan pembuka dari penyanyi muda Rahmania Astrini,  yang pernah masuk dalam nominasi Anugerah Musik Indonesia 2023.  

Sepanjang kariernya, penyanyi kelahiran Northampton, Massachusetts, Amerika Serikat, 2001 silam ini telah menerima 2 Anugerah Musik Indonesia sebagai Artis Solo Pria/Wanita Soul/R&B Terbaik pada 2018 dan 2021.

Rekayasa Lalu lintas 
Lalu bagaimana ketentuan lalu lintas di seputaran GBK hari ini?

"Info lalu lintas tanggal 15 November 2023 pukul 14.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB. Hindari seputaran GBK, hindari kepadatan lalu lintas, ada konser di GBK," demikian imbauan Polda Metro Jaya lewat unggahan di akun X (dulu Twitter) resmi.

"Kepada seluruh penonton konser di GBK agar menggunakan transportasi publik. GBK tidak menyiapkan kantong parkir. (Drop off di pintu-pintu masuk)," tulis TMC Polda Metro Jaya.

Dalam unggahan itu, Polda Metro Jaya mengungkapkan rekayasa arus lalu lintas di sekitar GBK hari ini, berlaku situasional:

- dari arah Jl. Gatot Subroto menuju ke Jl Gerbang Pemuda diarahkan lurus ke arah Slipi

- dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju layang Ladokgi ke arah JL Gerbang Pemuda

- dari arah Jl Mustopo menuju ke arah Jl Asia Afrika dibelokkan ke kanan menuju Jl Hang Tuah Raya

- dari arah Jl Patal Senayan 1 yang menuju ke arah Jl Asia Afrika dibelokkan ke kiri ke Jl Tentara Pelajar

- dari arah Jl Tentara Pelajar menuju Jl Patal Senayan diluruskan ke arah Jl Permata Hijau

- dari arah Manggala Wanabakti menuju Jl Gelora diluruskan ke arah Jl Tentara Pelajar.

Sebagai informasi, khusus untuk hari ini, MRT Jakarta (Perseroda) juga mengumumkan akan memberlakukan jadwal operasional khusus.

Berikut pola operasional MRT Jakarta khusus 15 November 2023:

- Jam Operasi 05.00-01.30 WIB (16 November 2023) headway 5 menit pada pukul 07.00-09.00 WIB

- Jam operasi 17.00-19.00 WIB, headway 10 menit pada pukul 09.00-17.00 WIB, dan pukul 19.00-01.30 WIB.

Bagi penonton konser Coldplay, bisa turun di Stasiun Senayan atau stasiun Istora Mandiri. Namun, perlu diperhatikan agar menyesuaikan lokasi pintu masuk sesuai informasi yang tertera pada tiket. 

Jangan Tertipu

Menjelang konser Coldplay yang tinggal menghitung jam, tidak sedikit pihak yang menjual atau memberikan tiket konsernya kepada orang lain dengan alasan mendadak tidak bisa hadir.

Berkaca dari pengalaman saat konser-konser sebelumnya, penipuan berkedok menjual tiket konser yang batal dihadiri masih marak dilakukan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara memeriksa keaslian tiket konser.

Cara untuk memeriksa keaslian tiket konser perdana Coldplay di Indonesia ini cukup mudah, bisa melakukannya lewat gawai (gadget) di mana saja dan kapan saja.

Setelah menerima tiket elektronik dari penjual atau pihak lainnya, Anda dapat memeriksa keaslian tiket konser Coldplay 'Music of the Spheres World Tour' Jakarta dengan cara menghubung penyedia akses jual beli tiket konser, Loket.com melalui e-mail, yakni support@loket.com.

Dalam e-mail tersebut, Anda cukup berikan invoice code dan nama pemilik tiket yang tertera pada tiket elektronik. Setelah itu, Anda tinggal menunggu konfirmasi jawaban dari Loket.com terkait keaslian tiket.

Sampai saat ini, Kepolisian menerima laporan dari  73 orang yang  merasa tertipu karena tidak menerima tiket konser grup band asal Inggris, Coldplay di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) hari ini padahal sudah melakukan pembelian..

Polres Metro Jakarta Pusat menyebutkan berdasarkan laporan yang diterima pihaknya, para penjual tiket itu membeli tiket Coldplay dari pembeli lainnya (reseller). Sehingga, penjual tersebut terus melakukan komunikasi dengan orang yang menjual tiket Coldplay.

Perputaran Uang Konser
Pada bagian lain, konser Coldplay juga diprediksi membuat ekonomi nasional, khusus di seputaran Jabodetabek berdetak kencang. Efek domino dari konser memang sangat besar, apalagi tarafnya internasional. 

Adanya konser tersebut juga dinilai dapat menggerakan berbagai sektor ekonomi, mulai dari meetings, incentives, conferences and exhibitions (MICE), jasa event organizer, periklanan, ticketing, transportasi, telekomunikasi, industri makanan minuman, hingga UMKM di sekitar lokasi konser.

Direktur Celios Bhima Yudhistira sebelumnya memproyeksikan, perputaran uang dari konser Coldplay di Indonesia mencapai Rp130 miliar. Perputaran uang tersebut didapat dari tiket konser. 

“Satu saja konser taraf internasional, maka perputaran uang hanya dari tiket mencapai Rp130 miliar. Ini kan besar sekali,” kata Bhima mengutip Bisnis, pada Oktober 2023. 

Menurutnya, jika dalam setahun ada 10 konser internasional setara Coldplay digelar di Indonesia, maka perputaran uang hanya dari tiket konser dapat mencapai Rp1,3 triliun. Angka tersebut belum termasuk dampak tidak langsung lainnya. 


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Miliarder Beli Klub Eropa, Ada Pengaruh ke Sepak Bola Indonesia?

Deretan pengusaha kakap Tanah Air miliki saham mayoritas di klub-klub sepak bola luar negeri

Noviarizal Fernandez | 17-05-2024

Polemik Pernikahan Massal 100 Anak Perempuan di Nigeria

Pendidikan lebih prioritas bagi anak-anak perempuan dibandingkan memaksanya untuk melakukan pernikahan

Context.id | 17-05-2024

Reimajinasi Baru Museum dan Cagar Budaya Menjadi Ruang Belajar Inklusif.

Kemdikbudristek meluncurkan Indonesian Heritage Agency atau IHA untuk memberikan citra baru bagi museum dan situs budaya nasional.

Context.id | 17-05-2024

Cerita Petani Kopi Binaan Starbucks, Kualitas Makin Baik Untung Kian Tebal

Starbucks FSC berkomitmen membantu para petani lokal dalam mengelola dan meningkatkan kualitas kopi yang mereka tanam

Ririn oktaviani | 17-05-2024