Stories - 14 November 2023

Drama Firli Bahuri Jalani Pemeriksaan Polisi

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri terus mangkir dalam beberapa panggilan pemeriksaan oleh penyidik Polda Metro Jaya

Context.id, JAKARTA- Drama pemeriksaan terhadap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Firli Bahuri belum menunjukkan tanda akan berakhir.

Info terakhir, Polda Metro Jaya menyampaikan Firli Bahuri meminta untuk diperiksa terkait dugaan pemerasan mantan Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo, di Bareskrim Polri pada Kamis (16/11/2023).

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Ade Safri Simanjuntak mengatakan bahwa kabar tersebut dikonfirmasi langsung dari lembaga antirasuah RI tersebut.

"FB selaku Ketua KPK RI untuk hadir memberikan keterangannya sebagai di hadapan penyidik pada hari Kamis, tanggal 16 November 2023 di ruang riksa Dittipidkor Bareskrim Polri," kata Ade, Selasa (14/11/2023).

Dia juga menyampaikan bahwa mantan Kabaharkam itu akan diperiksa oleh penyidik gabungan Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dan Dittipidkor Bareskrim Polri. Pemeriksaan terhadap FB Ketua KPK RI dalam kapasitasnya sebagai saksi, tambah Ade.

Sejauh ini, Firli telah dua kali mangkir dari panggilan pemeriksaan polisi. Pada Oktober silam, ia enggan hadir kembali ke Bareskrim Polri untuk pemeriksaan tambahan dengan alasan tengah melaksanakan tugas ke Aceh.

Lalu, dia juga tidak menghadiri pemeriksaan pada Selasa dengan alasan sedang memenuhi panggilan Dewan Pengawas KPK.

Di sisi lain, Polda Metro Jaya telah memeriksa total 86 saksi dalam kasus pemerasan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kementerian Pertanian (Kementan). 

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Ade Safri Simanjuntak mengatakan jumlah tersebut terhitung dari mulai penyidikan kasus tersebut hingga Senin (13/11/2023).

Sementara itu, Mantan Penyidik KPK, Yudi Purnomo Harahap meminta penyidik Polda Metro Jaya menjemput paksa Ketua KPK Firli Bahuri dijemput paksa.

Yudi menyampaikan apabila Firli tidak hadir dengan alasan yang tidak jelas atau tidak layak, maka sebaiknya bisa dijemput paksa.

"Jika Firli masih berani mangkir tanpa alasan yang patut maka dia bisa dijemput paksa oleh penyidik Polda Metro Jaya," kata Yudi.

Dia juga mengingatkan kepada Firli agar segera menghadiri pemeriksaan sebab, kehadiran Firli disebut dapat mempercepat penuntasan kasus pemerasan pimpinan KPK di lingkungan Kementerian Pertanian.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Miliarder Beli Klub Eropa, Ada Pengaruh ke Sepak Bola Indonesia?

Deretan pengusaha kakap Tanah Air miliki saham mayoritas di klub-klub sepak bola luar negeri

Noviarizal Fernandez | 17-05-2024

Polemik Pernikahan Massal 100 Anak Perempuan di Nigeria

Pendidikan lebih prioritas bagi anak-anak perempuan dibandingkan memaksanya untuk melakukan pernikahan

Context.id | 17-05-2024

Reimajinasi Baru Museum dan Cagar Budaya Menjadi Ruang Belajar Inklusif.

Kemdikbudristek meluncurkan Indonesian Heritage Agency atau IHA untuk memberikan citra baru bagi museum dan situs budaya nasional.

Context.id | 17-05-2024

Cerita Petani Kopi Binaan Starbucks, Kualitas Makin Baik Untung Kian Tebal

Starbucks FSC berkomitmen membantu para petani lokal dalam mengelola dan meningkatkan kualitas kopi yang mereka tanam

Ririn oktaviani | 17-05-2024