Stories - 10 November 2023

Pembukaan Piala Dunia U-17 2023 yang Spesial

Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia menjadi spesial karena ada acara pembukaan yang berupa hiburan. Biasanya FIFA tidak memberikan izin untuk itu.

Context.id, JAKARTA - Pembukaan atau opening ceremony Piala Dunia U17 2023 Indonesia berlangsung meriah di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (10/11/2023) malam. 

Kendati acara pembukaan hanya berlangsung selama delapan menit, atraksi yang ada memberikan warna tersendiri dalam sejarah sepak bola Indonesia. 

Kemeriahan pembukaan Piala Dunia U17 2023 Indonesia dimulai pukul 18.40 WIB dengan atraksi lampu sorot warna-warni dan video mapping ke arah tribune penonton serta pelepasan kembang api ke langit-langit. 

Setelah itu, artis Aurelie Moeremans masuk ke dalam panggung dan menyanyikan lagu "No Comment" serta "Rungkad" yang disusul alunan lagu "Bersama Garuda (We Are Together)" yang menjadi anthem timnas Indonesia di ajang kali ini oleh penyanyi dangdut Wika Salim. 

Alunan musik dangdut modern yang divisualkan dengan video mapping plus atraksi cahaya lampu sorot, sukses membuat suporter yang hadir hanyut dalam gegap gempita. 

Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia cukup spesial lantaran memakai prosesi seremonial pembukaan alias opening ceremony. Biasanya, FIFA tak memperkenankan ada upacara pembukaan di Piala Dunia U-17 karena dinilai bukan turnamen major. 

Selain dihadiri Presiden Jokowi dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, hadir juga Presiden FIFA Gianni Infantino. Presiden Jokowi menghadiri acara pembukaan bersama Ibu Negara Iriana dan ditemani cucu pertamanya, Jan Ethes. 

Presiden FIFA, Gianni Infantino, dibuat kagum dengan pertunjukkan pembukaan U-17 2023. Gianni Infantino juga memberikan pesan khusus pada suporter yang menyaksikan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Suporter diharapkan bisa menimati dengan nyaman dan akan mengenang momen-momen spesial yang terjadi.

"Selamat menikmati momen di Piala Dunia U-17. Anda akan melihat pertandingan bagus, gol-gol indah, dan aksi yang menawan. Semoga sukses untuk semuanya. Sampai jumpa lagi, terima kasih." Tulis Gianni dalam akun Instagramnya. 

Selepas opening ceremony akan digelar pertandingan timnas U-17 Indonesia vs Ekuador dalam laga Grup A Piala Dunia U-17 2023.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Apartheid Gender Versi Taliban, Masuk Kategori Kejahatan Kemanusiaan?

Taliban melarang para gadis remaja bersekolah, para pegawai perempuan dilarang untuk bekerja dan para wanita dipaksa menikah dengan pria tua

Context.id | 21-06-2024

Mobil Listrik Ferrari Dilego Rp8,8 Miliar

Model EV kedua besutan Ferrari akan segera menyusul untuk diluncurkan

Noviarizal Fernandez | 21-06-2024

Dijadikan Guyonan Imbas Izin Tambang, Ini Sejarah Terbentuknya Lambang NU

Logo NU merupakan hasil buah tangan dari K.H. Ridwan Abdullah ulama yang juga memiliki kemampuan dalam bidang seni, terutama menggambar dan melukis

Context.id | 21-06-2024

Pengaruh Keju Bagi Kesehatan Mental

Responden yang memiliki kesehatan mental dan ketahanan terhadap stres kuat diduga banyak mengonsumsi keju

Context.id | 20-06-2024