Stories - 11 May 2022

Amerika Tetap Berkomitmen Pada Kemitraan AS-Asean

Diharapkan KTT dapat memperluas peran Amerika Serikat dengan Asean dalam upaya pemulihan Covid-19 dan ketahanan kesehatan dan melawan krisis iklim.


Presiden AS Joe Biden berbicara mengenai naiknya harga bensin dan solar di Gedung Kantor Eksekutif Eisenhower, Selasa (10/5/2022). - Bloomberg -

Context.id, JAKARTA - Presiden AS Joe Biden akan bertemu dengan para pemimpin negara Asean di Washington, D.C. untuk KTT Khusus AS-Asean pada 12-13 Mei 2022.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Iriana Joko Widodo sudah berangkat ke Amerika Serikat pada Selasa (10/5/2022).

Dilansir dari laman Kedutaan Amerika-Indonesia, KTT Khusus AS-Asean merupakan kelanjutan partisipasi Biden dalam KTT AS-Asean pada Oktober 2021 lalu. Diharapkan KTT dapat memperluas peran serta Amerika Serikat dengan Asean dalam upaya pemulihan Covid-19 dan ketahanan kesehatan dan melawan krisis iklim.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi negara-negara Asean dan AS diharapkan semakin melesat, semakin ratanya ketimpangan gender, meningkatnya pemberdayaan perempuan, serta memperdalam hubungan antar masyarakat.

Sejak awal, AS merupakan salah satu mitra strategis Asean yang sudah berlangsung sejak empat dekade silam. Kemitraan kedua pihak yang telah berlangsung adalah target arsitektur regional dan dukungan pada peran Asean yang kuat, terpadu dan konstruktif.

Oleh sebab itu, sekalipun ada KTT Khusus yang memiliki banyak bahasan, Duta Besar Amerika Serikat untuk RI, Sung Kim menyatakan bahwa, Amerika masih berkomitmen pada kemitraan tersebut.

“Amerika Serikat tetap berkomitmen terhadap arsitektur regional yang berpusat pada Asean, di jantung Indo-Pasifik, serta mendukung peran Asean yang kuat, terpadu, dan konstruktif dalam menangani isu-isu kawasan,” ujar Sung Kim mengutip dari laman Kedutaan Amerika-Indonesia.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Penting! Ini Alasan Mengapa Ponsel Harus Dimatikan Seminggu Sekali

Ponsel akan menghentikan sementara semua proses yang berjalan di latar belakang, termasuk malware yang mungkin tidak kita sadari sedang aktif.

Context.id | 23-10-2024

Mati dalam Kesendirian, Fenomena di Negara Asia

Kematian kesepian di Asia menunjukkan perlunya membangun koneksi sosial yang nyata dan mengatasi stigma kesehatan mental untuk mendukung generasi muda

Context.id | 23-10-2024

Apa Alasan Kuat yang Membuat Prabowo Disukai Generasi Muda?

Prabowo Subianto mendapat dukungan kuat dari generasi muda, terutama Gen Z, berkat gabungan pendekatan yang lebih manusiawi sekaligus tegas.

Context.id | 23-10-2024

Revolusi Bahasa di Tangan Gen Z

Di tangan Gen Z, media sosial membuat perkembangan bahasa menjadi lebih cepat bahkan melahirkan kosakata baru

Context.id | 22-10-2024