Stories - 11 May 2022

Amerika Tetap Berkomitmen Pada Kemitraan AS-Asean

Diharapkan KTT dapat memperluas peran Amerika Serikat dengan Asean dalam upaya pemulihan Covid-19 dan ketahanan kesehatan dan melawan krisis iklim.


Presiden AS Joe Biden berbicara mengenai naiknya harga bensin dan solar di Gedung Kantor Eksekutif Eisenhower, Selasa (10/5/2022). - Bloomberg -

Context.id, JAKARTA - Presiden AS Joe Biden akan bertemu dengan para pemimpin negara Asean di Washington, D.C. untuk KTT Khusus AS-Asean pada 12-13 Mei 2022.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Iriana Joko Widodo sudah berangkat ke Amerika Serikat pada Selasa (10/5/2022).

Dilansir dari laman Kedutaan Amerika-Indonesia, KTT Khusus AS-Asean merupakan kelanjutan partisipasi Biden dalam KTT AS-Asean pada Oktober 2021 lalu. Diharapkan KTT dapat memperluas peran serta Amerika Serikat dengan Asean dalam upaya pemulihan Covid-19 dan ketahanan kesehatan dan melawan krisis iklim.

Selain itu, pertumbuhan ekonomi negara-negara Asean dan AS diharapkan semakin melesat, semakin ratanya ketimpangan gender, meningkatnya pemberdayaan perempuan, serta memperdalam hubungan antar masyarakat.

Sejak awal, AS merupakan salah satu mitra strategis Asean yang sudah berlangsung sejak empat dekade silam. Kemitraan kedua pihak yang telah berlangsung adalah target arsitektur regional dan dukungan pada peran Asean yang kuat, terpadu dan konstruktif.

Oleh sebab itu, sekalipun ada KTT Khusus yang memiliki banyak bahasan, Duta Besar Amerika Serikat untuk RI, Sung Kim menyatakan bahwa, Amerika masih berkomitmen pada kemitraan tersebut.

“Amerika Serikat tetap berkomitmen terhadap arsitektur regional yang berpusat pada Asean, di jantung Indo-Pasifik, serta mendukung peran Asean yang kuat, terpadu, dan konstruktif dalam menangani isu-isu kawasan,” ujar Sung Kim mengutip dari laman Kedutaan Amerika-Indonesia.


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Honda Perkenalkan Mobil Listrik Pertamanya untuk Indonesia

Mobil listrik pertamanya akan diluncurkan di Indonesia pada 2025

Noviarizal Fernandez | 19-07-2024

Mengenang Tragedi Malaysian Airlines MH17

Rusia dituding berada di balik peristiwa jatuhnya pesawat Malaysian Airlines MH17

Noviarizal Fernandez | 19-07-2024

Sri Mulyani, Si Menteri Paling Ngode

Sri Mulyani seringkali mengeluarkan kode-kode politik yang cukup ikonik

Noviarizal Fernandez | 18-07-2024

Revisi UU TNI Ancaman bagi Demokrasi?

Apakah revisi UU TNI menjadi sinyal kembalinya Indonesia ke era Orde Baru?

Noviarizal Fernandez | 18-07-2024