Originals - 31 October 2023

Perdagangan Karbon Itu Apa Sih?

Sekarang, yang lagi ramai adalah bursa karbon. Apa dan bagaimana perdagangan karbon itu?

Context.id, JAKARTA - Karbon merupakan salah satu unsur kimia dan dibutuhkan makhluk hidup untuk menghasilkan biomassa. Selain itu, karbon jadi sumber energi bagi organisme yang memiliki zat hijau daun atau klorofil.

Tapi saat ini laju produksi CO2 jauh lebih tinggi dibandingkan O2 karena gas emisi yang memiliki kandungan CO2 tinggi. Misalkan penggunaan BBM, kayu, daun, gas LPG.

Sementara perdagangan karbon adalah mekanisme jual beli unit karbon. Perdagangan ini diterbitkan untuk kegiatan menghilangkan emisi gas rumah kaca dari atmosfer, atau untuk perusahaan yang menghasilkan emisi karbon di bawah ambang batas polusi.

Dengan kata lain, para penjual kredit karbon adalah perusahaan atau negara yang kegiatannya mampu menyerap emisi CO2 atau yang kegiatannya menghasilkan sedikit sekali CO2.

Contohnya perusahaan konservasi hutan; pembangkit energi terbarukan seperti PLTS dan PLTB atau kegiatan pengolahan sampah organik.

Sedangkan pembeli kredit karbon adalah negara atau perusahaan yang menghasilkan emisi karbon dalam jumlah tinggi karena menggunakan bahan bakar fosil atau mengkonsumsi energi dalam jumlah besar.

Misalnya, pabrik baja, pembangkit listrik batu bara (PLTU) atau pembangkit listrik gas, pusat data atau data center dan sektor transportasi.

Seperti apa mekanismenya? Silakan cermati youtube Context ID ya.


MORE  ORIGINALS  VIDEOS

Malaysia Bakal Susul Singapura jadi Pusat Data Center di Asia Tenggara?

Industri teknologi di Malaysia terus berkembang, seiring banyaknya investor teknologi global yang menanamkan modalnya di sektor data center. Apa k ...

Naufal Jauhar Nazhif | 17-10-2024

Mengenal Deng Xiaoping, Tokoh di Balik Majunya Ekonomi China

Deng Xiaoping adalah tokoh revolusioner asal Negeri Tirai Bambu. Kepemimpinannya berhasil mengubah China, dari negara Komunis miskin menjadi maju

Naufal Jauhar Nazhif | 15-10-2024

Dampak Serangan Rudal Hipersonik Iran terhadap Militer Israel

Iran telah meluncurkan ratusan rudal hipersonik ke wilayah Israel dan beberapa di antaranya berhasil mengenai sasaran penting, termasuk fasilitas ...

Naufal Jauhar Nazhif | 11-10-2024

Kronologi Kasus Korupsi Surya Darmadi, Rugikan Negara Triliunan Rupiah!

Nama bos perkebunan sawit Duta Palma Group, Surya Darmadi kembali mencuat karena kasus korupsi puluhan triliun rupiah

Naufal Jauhar Nazhif | 09-10-2024