Originals - 27 September 2023

Kenapa Indonesia Perlu Lakukan Dedolarisasi?

Belakangan ini, isu dedolarisasi ramai dibicarakan. Tapi sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan dedolarisasi?

Context.id, JAKARTA - Beberapa negara mulai berpikir untuk tidak lagi menggunakan dolar AS dalam perdagangan luar negeri. Langkah ini memunculkan wacana dedolarisasi. 

Dedolarisasi adalah penggantian dolar Amerika Serikat sebagai mata uang yang digunakan untuk perdagangan internasional.

Fenomena ini terjadi gara-gara AS mengalami defisit neraca pembayaran. Akibatnya, dolar AS pun bergejolak, dan jadi sensitif terhadap isu global.

Hal itulah menjadi alasan Indonesia melakukan melakukan dedolarisasi. Tujuannya agar tidak terkena imbas dari dolar yang sedang bergejolak, meningkatkan stabilitas sistem keuangan, hingga memperkuat kedaulatan ekonomi negara.

Ada sejumlah manfaat jika Indonesia melakukan dedolarisasi seperti mengurangi ketergantungan terhadap dolar AS, membuka peluang baru di pasar-pasar nondolar.

Namun, proses dedolarisasi ini tidak gampang. Perlu adanya upaya dari berbagai pihak untuk menerapkan dedolarisasi secara efektif.

Karena itu, dibentuklah Satuan Tugas Nasional Local Currency Transaction (LCT), yang terdiri dari berbagai Kementerian dan Lembaga. Penjelasan selengkapnya dapat ditonton di link youtube Context ID.


MORE  ORIGINALS  VIDEOS

Elon Musk Berseteru dengan Mukesh Ambani Gegara Regulasi Bisnis Internet

Starlink milik Elon Musk menghadapi kendala ketika ingin membuka lini bisnisnya di India karena ditentang pengusaha lokal

Naufal Jauhar Nazhif | 22-10-2024

Malaysia Bakal Susul Singapura jadi Pusat Data Center di Asia Tenggara?

Industri teknologi di Malaysia terus berkembang, seiring banyaknya investor teknologi global yang menanamkan modalnya di sektor data center. Apa k ...

Naufal Jauhar Nazhif | 17-10-2024

Mengenal Deng Xiaoping, Tokoh di Balik Majunya Ekonomi China

Deng Xiaoping adalah tokoh revolusioner asal Negeri Tirai Bambu. Kepemimpinannya berhasil mengubah China, dari negara Komunis miskin menjadi maju

Naufal Jauhar Nazhif | 15-10-2024

Dampak Serangan Rudal Hipersonik Iran terhadap Militer Israel

Iran telah meluncurkan ratusan rudal hipersonik ke wilayah Israel dan beberapa di antaranya berhasil mengenai sasaran penting, termasuk fasilitas ...

Naufal Jauhar Nazhif | 11-10-2024