Stories - 22 September 2023

Persebaya vs Arema Polisi Siapkan Pengamanan Ekstra

Pertandingan Persebaya dan Arema FC selain menyajikan keseruan di dalam stadion juga dikhawatirkan bisa meningkatkan tensi antar suporter di luar lapangan

Context.id, JAKARTA - Rivalitas antara Persebaya dan Arema FC mendorong aparat keamanan melakukan pengamanan ekstra jelang laga kedua tim Liga1, Sabtu (23/9/2023).

Pengamanan ekstra laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya itu dilakukan mengantisipasi adanya ancaman-ancaman kamtibmas di masyarakat, mengingat gengsi kedua suporter yang besar dan rentan menimbulkan kericuhan.

Kabidhumas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto mengatakan pihaknya akan menerjunkan 4.925 personel gabungan TNI, Polri dan Pemkot Surabaya.

"Kami melakukan pengamanan melibatkan personel maksimal laga sebelumnya personel tidak sampai 1.000, kali ini kami maksimalkan hampir 5.000," kata Kombes Pol Dirmanto, Jumat (22/9/2023).

Jumlah personel itu secara teknis tak hanya disebar di area stadion saja,tetapi juga di beberapa titik seperti area perbatasan masuk Kota Surabaya. Di area itu akan dilakukan penyekatan mengantisipasi adanya suporter Arema yang datang ke Surabaya serta akan dilakukan operasi miras agar tidak masuk ke dalam stadion.

Dia juga mengingatkan kepada suporter Arema FC dimanapun berada agar mentaati perjanjian yang telah dibuat pada tahun 1996, di mana suporter tidak saling kunjung.

Selain itu, Kombes Pol Dirmanto juga mengatakan nantinya juga akan ada pengamanan ekstra bagi tim Arema mulai perjalanan dari Malang, di penginapan, dan perjalanan pulang pasca pertandingan.

"Jadi hasil rakor kemarin disemua mekanisme proses laga nanti mulai di tempat tinggal pemain Arema maupun Persebaya kita jaga dan kami kawal pergi pulang," jelasnya.

Demi keamanan semua, Dirmanto berpesan pula kepada kelompok supporter pendukung Persebaya, Bonek Mania yang akan hadir dapat menyaksikan pertandingan dengan baik sesuai aturan yang ada.

"Saya imbau agar masyarakat mencintai sepak bola dengan menonton sesuai aturan berlaku, kalau tidak ada tiket ya jangan nonton," pesannya.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Banyak Konsumsi Garam Bikin Umur Pendek?

Universitas Tulane menemukan mereka yang sering menambahkan garam ke makanan mereka memiliki tingkat 28% lebih tinggi mengenai risiko kematian dini

Context.id | 14-06-2024

Rasio Dokter Lokal Minim, Kemenkes Buka Keran Dokter Asing

Kementerian Kesehatan RI telah berencana menggunakan tenaga medis asing untuk mengisi minimnya tenaga kesehatan lokal

Context.id | 14-06-2024

Militer Israel Masuk Daftar Hitam PBB, Apa Konsekuensinya?

Daftar hitam hanya suatu bentuk hukuman mempermalukan pihak-pihak yang berkonflik dengan catatan memiliki pelanggaran berat terhadap anak-anak.

Context.id | 13-06-2024

Haji Furoda, Bagaimana Awal Kemunculannya dan Berapa Biayanya?

Keuntungan memilih kategori haji furoda ini, calon jemaah tidak perlu mengantri lama dan bertahun-tahun untuk bisa menunaikan ibadah haji

Context.id | 13-06-2024