Stories - 31 August 2023

Mahakam Investment Forum Buka Pintu Bagi Investor

Mahakam Investment Forum menjadi wadah pertemuan investor dengan Organisasi Perangkat Daerah untuk membahas percepatan investasi daerah.

Context.id, JAKARTA - Provinsi Kalimantan Timur gencar menarik minat investor untuk menanamkan modalnya, salah satunya melalui kegiatan Mahakam Investment Forum 2023 yang digelar oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Sri Wahyuni, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim mengatakan, Mahakam Investment Forum menjadi wadah pertemuan investor dengan Organisasi Perangkat Daerah untuk membahas mengenai investasi di wilayah ini. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengakselerasikan transformasi ekonomi dari pengelolaan sumber daya alam dan peningkatan aksesblitas dengan meningkatkan pembangunan infrastruktur penunjangnya serta kemudahan mengurus izin investasi," jelasnya, Kamis (31/8/2023). 

Forum investasi yang mengangkat tema 'Blue and Green Economic Investment Toward the Sustainable Economic Development in East Kalimantan' ini akan berlangsung pada Selasa, 26 September 2023. Harapannya, melaui forum ini akan tercipta transformasi ekonomi yang berkelanjutan. 

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, kata Sri, terus berupaya mengembangkan industri secara holistik mulai dari hulu hingga hilir, terutama yang berbasis penghiliran. 

Untuk menunjang industri penghiliran, Pemprov Katim sudah menyiapkan zona atau kawasan khusus industri yang dibangun secara terpadu dan komprehesif serta memiliki akses transportasi terintegrasi yang akan memperlancar sistem logistik.  

“Ada tiga zona atau kawasan yang telah dipersiapkan oleh Pemprov Kaltim, yakni ekonomi khusus, industri dan industri terpadu. Tiga zona ini sudah siap untuk menampung industri atau proyek-proyek strategis pemerintah maupun swasta," jelasnya. 

Saat ini, sudah ada beberapa proyek strategis yang sedang dalam progres dan sudah dilengkapi dengan studi kelayakan awal sebagai instrumen pendukung untuk menempati kawasan industri yang sudah tersedia tersebut. 

Memiliki SDA yang melimpah, Kaltim memiliki peluang dalam pengembangan ekonomi berbasis industri penghiliran yang tentunya akan berdampak bagi perekonomian daerah dan masyarakat sekitar. 


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Hasil Investigasi: Roblox Dianggap Abaikan Keselamatan Anak

Roblox mengabaikan keselamatan anak, membiarkan konten berbahaya dan pelecehan seksual daring merajalela

Context.id | 18-10-2024

Diawali dari Karya Seni, Robot akan Bisa Bikin Apa Lagi?

Teknologi robot mencatat sejarah dengan keberhasilan membuat lukisan yang bahkan dijual di rumah lelang bergengsi. Tanda robot semakin humanis?

Context.id | 17-10-2024

Posisi Pusat Keuangan Global Swiss Diincar Hong Kong dan Singapura

Jaminan keamanan dan kerahasiaan perbankan Swiss mulai diragukan. Hong Kong dan Singapura ingin merebut posisi pusat keuangan global dari Swiss

Context.id | 17-10-2024

Kolaborasi Prada dan Axiom Space untuk Pakaian Astronaut di Bulan

Prada, jenama fesyen dunia ikut berkontribusi dalam membuat pakaian astronaut yang tahan cuaca ekstrem untuk misi di bulan

Context.id | 17-10-2024