Stories - 31 August 2023

Mahakam Investment Forum Buka Pintu Bagi Investor

Mahakam Investment Forum menjadi wadah pertemuan investor dengan Organisasi Perangkat Daerah untuk membahas percepatan investasi daerah.

Context.id, JAKARTA - Provinsi Kalimantan Timur gencar menarik minat investor untuk menanamkan modalnya, salah satunya melalui kegiatan Mahakam Investment Forum 2023 yang digelar oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP).

Sri Wahyuni, Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim mengatakan, Mahakam Investment Forum menjadi wadah pertemuan investor dengan Organisasi Perangkat Daerah untuk membahas mengenai investasi di wilayah ini. 

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengakselerasikan transformasi ekonomi dari pengelolaan sumber daya alam dan peningkatan aksesblitas dengan meningkatkan pembangunan infrastruktur penunjangnya serta kemudahan mengurus izin investasi," jelasnya, Kamis (31/8/2023). 

Forum investasi yang mengangkat tema 'Blue and Green Economic Investment Toward the Sustainable Economic Development in East Kalimantan' ini akan berlangsung pada Selasa, 26 September 2023. Harapannya, melaui forum ini akan tercipta transformasi ekonomi yang berkelanjutan. 

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, kata Sri, terus berupaya mengembangkan industri secara holistik mulai dari hulu hingga hilir, terutama yang berbasis penghiliran. 

Untuk menunjang industri penghiliran, Pemprov Katim sudah menyiapkan zona atau kawasan khusus industri yang dibangun secara terpadu dan komprehesif serta memiliki akses transportasi terintegrasi yang akan memperlancar sistem logistik.  

“Ada tiga zona atau kawasan yang telah dipersiapkan oleh Pemprov Kaltim, yakni ekonomi khusus, industri dan industri terpadu. Tiga zona ini sudah siap untuk menampung industri atau proyek-proyek strategis pemerintah maupun swasta," jelasnya. 

Saat ini, sudah ada beberapa proyek strategis yang sedang dalam progres dan sudah dilengkapi dengan studi kelayakan awal sebagai instrumen pendukung untuk menempati kawasan industri yang sudah tersedia tersebut. 

Memiliki SDA yang melimpah, Kaltim memiliki peluang dalam pengembangan ekonomi berbasis industri penghiliran yang tentunya akan berdampak bagi perekonomian daerah dan masyarakat sekitar. 


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024