Stories - 29 August 2023

Pengamanan Delegasi KTT Asean Ditingkatkan

Personel Polri/TNI terus mempersiapkan pengamanan dan pengawalan bagi delegasi KTT ke-43 Asean yang akan digelar 5-7 September 2023 di Jakarta.

Context.id, JAKARTA - Kepolisian RI dan TNI terus mempersiapkan pengamanan dan pengawalan bagi delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Asean yang akan digelar 5-7 September 2023 di Jakarta.

Direktur Penegakkan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri, Brigjen Pol. Aan Suhanan meminta para perwira pengendali harus mengetahui semua rute yang akan dilalui oleh para delegasi KTT Asean.

"Standar pengamanan rute yang pertama, satu roda empat dan dua roda dua setiap tamu negara. Adapun rute yang disiapkan koordinasi dengan Paspampres,” katanya, Selasa (29/8/2023).

Langkah selanjutnya adalah teknis untuk memastikan jalur yang akan dilewati tamu negara harus aman dan steril. Kendaraan yang melintas harus dihentikan pada satu pertigaan untuk mengantisipasi kendaraan menerobos.

Ia menegaskan bahwa pengamanan yang dilakukan tidak hanya mengamankan rute delegasi namun juga termasuk pengamanan dari ancaman lain seperti serangan teror. 

Polri pun telah menggelar Tactical Floor Game (TFG) rencana Pamwal dan Rolakir Asean Summit 2023 di aula Polda Metro Jaya, Jakarta, pada Senin (28/8/2023).

TFG dihadiri oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, wakil Pangdam Jaya, Kabinda Jayakarta serta Walikota Jakarta Selatan yang mewakili PJ Gubernur DKI Jakarta.

“Terakhir kami akan membekali perlengkapan salah satunya bodycam kepada personel. Saya berharap TFG ini dapat memberikan gambaran kepada seluruh pihak yang terkait,” jelas dia.

Sebelumnya, di tempat terpisah, Panglima Komando Gabungan Wilayah (Pangkogabwilhan) I, Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma menyatakan bahwa Operasi Pengamanan VVIP terhadap tamu negara setingkat kepala negara atau kepala pemerintahan akan dilaksanakan selama sembilan hari dari 1-9 September 2023. 

Pengamanan dalam kegiatan VVIP ini terdiri dari beberapa ring. Ring 1 oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Sementara ring 2 dan 3 dilakukan oleh pasukan kewilayahan.

Paspampres telah melakukan simulasi pengamanan kepala negara peserta KTT Asean ke-43 di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Senin (28/8/2023). 


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024