Stories - 29 August 2023

Sejumlah Daerah Raih Penghargaan Nirwasita Tantra

Pemerintah menganugerahkan penghargaan Nirwasita Tantra kepada sejumlah daerah di Indonesia.

Context.id, JAKARTA - Pemerintah menganugerahkan penghargaan Nirwasita Tantra kepada sejumlah kepala daerah dan pimpinan DPRD di Indonesia.

Penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi kepemimpinan yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan dan program kerja sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan. 

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyampaikan kepemimpinan berwawasan hijau harus memperhatikan inisiatif, kreativitas dan inovasi terhadap kepentingan orang banyak dan lingkungan.

Selain itu,  memiliki visi keseimbangan antara daya topang ekologi dan pembangunan, fisik maupun non fisik juga diperlukan.

"Satu peran penting pemerintah ialah memberikan akses bagi warga negara untuk sejahtera, atau disebut access to material welfare, sembari tetap menjaga stability and order, dengan tetap menyiapkan situasi kondisi agar warga negara tetap mendapatkan hak-haknya seperti hak untuk sehat dan produktif," terangnya, Selasa (29/8/2023).

Prinsip pembangunan lingkungan berkelanjutan, menjadi bagian penting dalam pembangunan nasional ke depannya karena itu akan berdampak pada generasi selanjutnya untuk mengakses sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan demi kemakmuran bersama. 

"Artinya tidak akan ada penurunan kesempatan bagi generasi masa depan akan akses terhadap sumberdaya alam karena terjadinya deterioriasi atau penurunan sumberdaya alam," jelasnya.

Siti mengungkapkan, sesuai UU No 1 Tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, peraih penghargaan Nirwasita Tantra akan menjadi pertimbangan bagi Kementerian Keuangan untuk pengalokasian Dana Insentif Daerah dari Bidang Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan.


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024