Stories - 02 May 2022

8 Makanan Lebaran Khas Nusantara, Mana Dari Daerahmu?

Salah satu hal yang paling dinanti-nantikan dari Lebaran adalah makanan khasnya. Ini delapan makanan khas Idulfitri dari seluruh penjuru nusantara!


Pedagang makanan khas suku Kaili menunggu pembeli di Pasar Manonda, Palu, Sulawesi Tengah, Minggu (1/5/2022). - Antara -

Context.id, JAKARTA - Hari raya Idulfitri sudah di depan mata. Salah satu hal yang paling dinanti-nantikan adalah makanan khasnya. Makanan yang terasa makin lezat saat disantap bersama-sama keluarga dan kerabat seusai shalat Idulfitri.

Makanan paling identik dengan Lebaran adalah ketupat dan opor ayam. Namun, tahukah kamu? Ternyata masih banyak makanan khas Idulfitri di Indonesia yang mungkin kamu tidak tahu. 

Hal ini dikarenakan, hampir setiap daerah menu khasnya masing-masing. Jadi, ini dia daftar makanan menu lebaran dari berbagai daerah di Indonesia!


1. Rendang
Kuliner khas Padang ini memang popularitasnya sudah tidak main-main. Menurut CNN 50 World Best Food, rendang menempati posisi pertama sebagai makanan terenak di dunia, karena memang rendang seenak itu!

Jadi, sekalipun makanan ini sering ditemukan di restoran-restoran Padang, rendang tetap menjadi makanan yang ditunggu saat hari raya Idulfitri.


2. Semur Daging
Semur daging, hidangan daging sapi rebus yang disajikan dengan kuah berwarna coklat pekat, dengan tambahan telur ayam dan potongan kentang ini memang sangat enak. Mengingat rasanya yang kaya akan rempah, seperti pala, berbagai jenis bawang, dan cengkih.

Tak heran, jika semur daging ini juga menjadi makanan identik saat Lebaran tiba.


3. Lemang
Bagi kalian orang Sumatera dan Kalimantan, mungkin tidak asing dengan makanan yang satu ini. Makanan yang sekilas mirip dengan lontong, tetapi ternyata rasanya jauh berbeda.

Lemang terbuat dari beras ketan dan santan, kemudian dimasak dengan menggunakan bambu. Oleh karena itu, lemang akan sangat lezat jika disantap bersama dengan opor ayam ataupun rendang.


4. Ayam Woku
Kuliner khas Manado ini menjadi sajian favorit pada saat hari Idulfitri bagi masyarakat Sulawesi Utara dan sekitarnya. Makanan khas Lebaran di Indonesia ini memiliki cita rasa yang pedas dan menyegarkan, karena menggunakan banyak rempah untuk memasaknya. 

5. Sayur Lodeh
Ini adalah masakan sayur dengan kuah santan khas Indonesia. Makanan ini cukup populer di daerah Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta. 

Sayuran ini memiliki beberapa macam variasi terutama pada bumbunya. Ada yang berwarna putih dan berwarna kuning kemerahan, karena rempah yang digunakan berbeda.


6. Serundeng Daging
Serundeng daging, makanan berbahan dasar kelapa yang disuwir tipis dan ditambah dengan daging berserat yang gurih. Makanan inipun memberikan kenikmatan dengan sentuhan rempah-rempahnya.

Tak heran, makanan ini merupakan salah satu makanan daging olahan yang tak dapat dilewatkan saat hari raya lebaran.


7. Bebek Gulai Kurma
Kuliner khas Aceh ini berisikan potongan daging bebek dengan paduan bumbu rempah-rempah seperti santan, daun pandan, daun temurui, serta serai. 

Bebek gulai kurma ini seakan sudah menjadi makanan wajib selain ketupat pada hari raya Idulfitri, bahkan hampir setiap keluarga menyajikan sajian ini sebagai menu andalan.


8. Gulai Nangka
Makanan khas Idulfitri lainnya berasal dari Kota Medan. Gulai nangka namanya. Sebenarnya gulai ini hampir mirip dengan gulai-gulai pada umumnya, tetapi bedanya gulai ini memiliki tambahan nangka dan daging iga sapi yang enak.

Kenikmatan hidangan ini akan semakin menjadi ketika dimakan bersama dengan ketupat.


Nah, itu delapan makanan lebaran khas nusantara. Hayo, makanan mana yang berasal dari daerahmu?


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Putri Dewi

MORE  STORIES

Kronologi Harvey Moeis Jadi Tersangka Kasus Korupsi PT Timah

Kejaksaan Agung (Kejagung) menetapkan Harvey Moeis sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha P ...

Context.id | 28-03-2024

Satelit Starlink Elon Musk Ikut Kawal Mudik Lebaran 2024 di Indonesia

Satelit luar angkasa penyedia jaringan internet milik Elon Musk, Starlink akan ikut hadir dan mengambil peran dalam masa mudik lebaran 2024 di Ind ...

Context.id | 28-03-2024

Rusia Tuding Barat dan Ukraina Dukung Serangan Teroris di Moskow

Tudingan itu dibantah Ukraina dan Prancis

Context.id | 27-03-2024

Ahli HAM PBB Serukan Sanksi dan Embargo Senjata Israel

lebih dari 30.000 orang Palestina terbunuh atas tindakan Israel dalam operasi militernya di Gaza

Context.id | 27-03-2024