Originals - 18 August 2023

Dukungan Dunia Bagi Kemerdekaan Indonesia

Kemerdekaan Indonesia mendapatkan dukungan dari berbagai negara di dunia, utamanya dari negara-negara Timur Tengah yang tergabung dalam Liga Arab.

Context.id, JAKARTA - Kemerdekaan Indonesia pertama kali mendapatkan dukungan dari negara yang berada di Afrika, yakni Mesir.

Dukungan perdana itu tak lepas dari kaum muda dan pelajar di sana yang melakukan demonstrasi besar. Dalam unjuk rasa itu, mereka mengecam upaya Belanda menduduki kembali Indonesia yang sudah berdaulat.

Atas prakarsa Mesir yang juga merupakan pemimpin Liga Arab, negara-negara Arab lainnya seperti Suriah, Yaman, Arab Saudi dan Lebanon kemudian turut memberikan pengakuan dan dukungan terhadap kemerdekaan Indonesia.

Liga Arab bahkan mengirim utusan untuk menyampaikan surat dukungan tersebut kepada Pemerintah Indonesia, walau harus melalui berbagai blokade Belanda.

Selain negara Arab, dukungan terhadap kemerdekaan Indonesia juga datang dari negara tetangga Australia. Semula dukungan ini diberikan oleh para buruh yang bersolidaritas terhadap kemerdekaan Indonesia. Boikot terhadap kapal dagang dan militer Belanda ini disebut dengan peristiwa Black Armada

Dukungan lain juga datang dari Amerika Serikat dan Filipina. Seperti apa dukungan itu? Tonton selengkapnya yuk di Youtube Context ID


MORE  ORIGINALS  VIDEOS

Ini Biang Keladi yang Bikin Banyak BPR Tumbang

Dalam lima tahun terakhir saja, ada 167 BPR yang tumbang

Noviarizal Fernandez | 17-01-2024

Indonesia-Timor Leste Dari Luka Masa Lalu Menatap Masa Depan

Selama jadi bagian dari Indonesia, beberapa peristiwa terjadi, dan menyakiti hati rakyat Timor Timur

Noviarizal Fernandez | 02-01-2024

Petaka di Balik Pengeboran Minyak Bumi

Sekitar 10 hari setelah ledakan, minyak sudah mulai terlihat di wilayah Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia dan terus memburuk setiap harinya.

Noviarizal Fernandez | 26-12-2023

Sampah Plastik Dari Solusi Jadi Masalah

Awalnya, kantong plastik diciptakan untuk menyelamatkan dunia, tapi kemudian menjadi masalah.

Noviarizal Fernandez | 19-12-2023