Stories - 11 August 2023

Daftar Motor Listrik yang Mejeng di GIIAS 2023

Berbagai produsen ternama turut berpartisipasi dalam GIIAS 2023 dengan memamerkan deretan motor listrik yang mengesankan


PT Astra Honda Motor (AHM) resmi menjual motor listrik EM1 e: dalam ajang GIIAS 2023/ JIBI-Eusebio

Context.id, JAKARTA - Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 di ICE BSD, Tangerang yang berlangsung 10-20 Agustus 2023 menampilkan berbagai pencapaian industri otomotif Indonesia. 

Mengambil tema “Future Now”, GIIAS memberikan porsi besar pada elektrifikasi di dunia otomotif, baik itu mobil maupun motor. Tahun ini, perhatian khusus memang sengaja diberikan pada kendaraan listrik, yang memang sedang gencar dikembangkan industri otomotif dalam negeri. 

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan edukasi dan informasi tentang kendaraan listrik masih menjadi fokus industri otomotif Indonesia dan GIIAS tahun ini. Gaikindo, lanjutnya, terus mendukung percepatan industri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang diusung pemerintah. .

Penekanan dukungan itu sendiri terlihat dari hadirnya spot khusus bagi mobil listrik, utamanya lagi sepeda motor listrik. Berbagai produsen ternama turut berpartisipasi dalam GIIAS 2023 dengan memamerkan deretan motor listrik yang mengesankan, menandakan bahwa revolusi kendaraan listrik semakin dekat di Tanah Air.

Sebut saja Ion Mobility, Polytron, dan Segway. Selain itu, hadir juga jenama motor lainnya seperti Kawasaki, BBM, seperti Astra Honda Motor, Benelli, Harley Davidson, hingga Piaggio dan Royal Enfield.

Berikut deretan motor listrik yang mejeng di GIIAS 2023: 

1. Honda EM1 e

PT Astra Honda Motor (AHM) resmi menjual motor listrik EM1 e: dalam ajang GIIAS 2023. Honda EM1 e: dibekali motor penggerak dengan tenaga maksimal 1,7 kW. Dukungan baterai MPP e: yang dapat dilepas-pasang turut memberikan kemudahan konsumen.

Konsumen dapat melakukan pengisian daya dengan Honda Power Pack Charger e: dengan waktu pengisian daya 2,7 jam (160 menit) untuk 25-75 persen dan 6 jam untuk 0-100 persen. Di atas kertas, Honda EM1 e: mampu mencapai kecepatan maksimal 45 km/h dengan jarak maksimal 41,1 km.

Honda EM1 e: dipasarkan dengan harga sekitar Rp40 juta - Rp45 juta, lebih mahal dari Honda PCX tertinggi yang dijual Rp 36 Jutaan. Sepeda motor listrik akan dijual di jaringan dealer sepeda motor Honda yang memiliki logo Honda e: shop.

2. Polytron Fox R 

Merek lokal Polytron juga memamerkan motor listriknya, salah satunya Polytron Fox R. Motor listrik Polytron Fox R dibekali baterai berkekuatan 3,7 kWh. Baterai tersebut mampu menempuh jarak 130 km dari kondisi penuh, dengan kecepatan rata-rata 40 km/jam. Polytron Fox R dibekali motor penggerak listrik 3.000 watt, menghasilkan top speed 90 km/jam. Soal harga, Fox R masih dijual Rp20,5 juta OTR Jakarta. 

3. PACIFIC Exotic Sprinter & PACIFIC WHIZZ

PACIFIC Bike memamerkan dua model motor listrik yang mereka buat. Pertama ada Exotic Sprinter dan PACIFIC WHIZZ.  Baik Exotic Sprinter maupun PACIFIC WHIZZ memiliki desain yang familiar karena desainnya mirip motor matic buatan  pabrikan Jepang dan Italia. Untuk PACIFIC WHIZZ, sebenarnya pertama kali diperkenalkan di acara Jakarta Fair Kemayoran 2023.

WHIZZ dibekali dengan motor listrik berdaya 2 kW, dengan baterai berkapasitas 96 volt 20 ah dan baterainya tidak menggunakan tipe Lithium. Motor listrik ini juga nantinya bisa diisi listrik dengan daya 450 watt. PACIFIC WHIZZ ini diklaim mampu berlari hingga kecepatan maksimal 75 km/jam dengan jarak tempuh maksimum 85 km.

4. Suzuki E-Ride X1: 

Suzuki memperkenalkan E-Ride X1, skutik listrik yang menggabungkan gaya modern dengan performa tangguh. Dengan baterai canggih dan fitur-fitur modern. E-Ride X1 menawarkan alternatif ramah lingkungan bagi para pengendara perkotaan.

5. Yamaha EMotion:

Yamaha turut meramaikan GIIAS 2023 dengan Yamaha EMotion. Skutik listrik dengan desain futuristik dan fitur canggih. EMotion mengusung performa tinggi dan teknologi terkini, menawarkan pengalaman berkendara yang luar biasa tanpa emisi.

6. Kawasaki EVOLVE-X:

Kawasaki juga ikut meramaikan GIIAS 2023 dengan motor listrik EVOLVE-X.  Model sport ini menonjolkan akselerasi cepat dan performa yang mengesankan. Membuktikan bahwa motor listrik dapat menyuguhkan sensasi berkendara yang tak kalah menarik.

7. BMW iRide: 

Pabrikan Jerman, BMW, turut membawa konsep motor listrik mereka. BMW iRide, yang menggabungkan desain ikonik dengan teknologi mutakhir.  iRide menunjukkan komitmen BMW dalam menghadirkan kendaraan listrik yang mengutamakan gaya dan kinerja.

8. Vespa Elettrica

PT Piaggio Indonesia (PID) akhirnya membawa skuter listrik Vespa Elettrica ke Tanah Air. Kendaraan roda dua ikonik yang ramah lingkungan ini mejeng di ajang GIIAS 2023. Sekadar informasi, Vespa Elettrica sudah meluncur lebih dulu di Eropa dan Amerika Serikat dengan banderol Rp120 jutaan. 

Saat ini, skuter tersebut hadir di Indonesia sebagai bentuk dukungan Piaggio pada pemerintah Indonesia. Vespa Elettrica mengambil basis dari Vespa Primavera, bahkan tidak ada perubahan yang dilakukan pada desain bodi. 

Skuter listrik ini dibekali oleh baterai lithium-ion jenis LiFePo4 berkapasitas 4,2 kWh dengan jarak tempuh maksimal 100 kilometer. Butuh waktu 4 jam untuk mengisi daya baterai sampai penuh dengan tekanan 220 V. Vespa Elettrica menggunakan motor listrik sebesar 2 kW yang dapat menghasilkan tenaga 4 kW (5,4 hp) dan torsi puncak 200 Nm. 


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Teknologi Digital dan Solusi Perubahan Iklim

Teknologi digital bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi atau meminimalisir dampak perubahan iklim

Context.id | 01-03-2024

Ketika Raksasa OTT Saling Klaim Istilah Local Pride

Platform over the top (OTT) konten video streaming saling bersaing menguasai pasar Indonesia, salah satunya dengan embel-embel konten lokal.

Noviarizal Fernandez | 01-03-2024

Tolak Usul Prancis, Anggota NATO Enggan Masuk Wilayah Ukraina

Usulan Presiden Prancis agar pasukan NATO memasuki wilayah Ukraina untuk ikut memerangi Rusia mendapat penolakan keras dari negara-negara anggota ...

Context.id | 29-02-2024

Kans Indonesia Gabung Klub Negara Maju

Indonesia masih punya waktu 2-3 tahun untuk menyelesaikan proses menjadi anggota OECD

Context.id | 29-02-2024