Stories - 10 August 2023

Deretan Mobil Listrik di GIIAS 2023

GIIAS 2023 disemarakkan dengan produk-produk berbasis elektrik. Berbagai agen pemegang merek (APM) meluncurkan dan memperkenalkan mobil listriknya.


Salah satu mobil listrik besutan pabrikan Honda yang dipamerkan di GIIAS 2023/ JIBI-Eusebio

Context.id, JAKARTA - Pelaku industri otomotif menaruh harapan besar pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 yang berlangsung 10—20 Agustus 2023.  Berbagai agen pemegang merek bakal meluncurkan model anyar maupun memamerkan mobil konsep pada pameran kali ini. Sebanyak 49 merek kendaraan bermotor ikut memeriahkan GIIAS 2023. 

Mengikuti tren dalam beberapa tahun belakangan, GIIAS 2023 pun semakin disemarakkan dengan produk-produk berbasis elektrik. Berbagai agen pemegang merek (APM) meluncurkan maupun memperkenalkan mobil listrik dengan berbagai teknologi. 

Berikut beberapa daftar model mobil listrik pada ajang GIIAS 2023: 

1. Citroen E-C3
Produsen otomotif besar asal Prancis, Citroen memboyong Citroen E-C3 sebagai salah satu mobil listrik pendatang baru yang menawarkan harga menarik. Selama pameran GIIAS 2023, Citroen E-C3 dibanderol dengan harga Rp 395 juta.

Citroen E-C3 menggunakan baterai Lithium-Ion 29,2 kWh. Tenaga baterai ini disalurkan ke motor listrik yang juga dipasang di roda depan dengan daya 42 kW (57 PS) dan torsi maksimum 143 Nm. Baterai Citroen E-C3 memiliki jarak tempuh hingga 320 km dalam sekali pengisian daya. 

Mobil listrik ini memiliki baterai yang bisa diisi ulang dalam waktu 10 jam 30 menit (AC/standard) dari 10 persen hingga 100 persen. Sedangkan untuk pengisian daya cepat (DC/Fast Charging) dari 10 persen hingga 80 persen memerlukan waktu sekitar 57 menit.

2. Neta  V
Produsen asal China Neta yang telah mendirikan PT Neta Auto Indonesia bakal memperkenalkan produk mobil listrik Neta V secara perdana pada ajang GIIAS 2023. Mobil listrik bergaya crossover tersebut dibanderol Rp 379 juta dan sudah bisa dipesan. 

Neta V dibekali motor listrik berdaya 50 kW yang mampu menghasilkan 95 tk dan torsi 150 Nm. Catu daya disokong baterai 38,5 kWh Lithium-Ion dan mampu menempuh jarak 401 km dengan baterai penuh. 

Akselerasi 0-50 km per jam diklaim dalam waktu 3,9 detik. Isi daya pakai fast charging dari 0-80 persen cuma butuh 30 menit. Bila memakai charging biasa butuh 6 sampai 12 jam sampai terisi penuh.

3.  Mercedes-Benz EQS SUV dan EQS Edition 1
Mercedes-Benz mengeluarkan 3 mobil terbaru dalam pameran GIIAS 2023. Dua di antaranya adalah mobil listrik, yaitu EQS SUV dan EQS Edition 1. EQS SUV merupakan kelas SUV tertinggi di lini kendaraan listrik yang dikeluarkan pabrikan asal Jerman ini. 

EQS Edition 1 merupakan limited edition karena di Indonesia hanya ada 12 unit. Itu merupakan cikal bakal kendaraan listrik pertama dari Mercedes-Benz yang dalam jumlah terbatas di seluruh dunia. Indonesia sendiri dapat alokasi 12 unit, yang ditawarkan selama GIIAS 2023.

Menyoal harga yang ditawarkan juga berbeda. The new EQS SUV hadir dengan warna digital white dan dibanderol dengan harga Rp 3,59 miliar off the road. Sementara, EQS Edition 1 dibanderol dengan harga Rp 3,95 miliar off the road.

4. MG ZS EV
MG Motor Indonesia akan memasarkan MG ZS EV dalam waktu dekat. Sebelumnya, mobil ini sudah dipamerkan pada GIIAS 2022. Tapi, ternyata justru MG4 EV duluan yang dipasarkan. SUV listrik ini dibekali baterai berkapasitas 50,3 kWh yang diklaim memiliki jarak tempuh hingga 403 kilometer. 

MG ZS EV disebutkan memiliki peminat yang tinggi di Prancis, Swedia, Jerman, Norwegia, hingga Australia. MG ZS EV kabarnya akan menjadi SUV listrik yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau, dibandingkan mobil listrik lain sekelasnya.

5.  Maxus Mifa 9
Maxus Mifa 9 akan menjadi MPV listrik yang meramaikan pasar mobil listrik nasional. Mifa 9 diketahui sudah meluncur duluan di Thailand. Tapi, Maxus Mifa 9 dipasarkan di bawah merek Morris Garages (MG). 

Namun, untuk pasar Indonesia, Maxus nampaknya akan berdiri sendiri, tidak bersama MG. Mifa 9 sendiri dilengkapi dengan motor elektrik yang bisa menghasilkan tenaga maksimum hingga 245 tk dan torsi maksimum 350 Nm. Baterainya berkapasitas 90 kWh yang dapat menempuh jarak hingga 540 kilometer. Mifa 9 memiliki desain bodi yang mengotak, persis seperti Toyota Alphard. 

6. Ora Good Cat 
Ora Good Cat merupakan mobil listrik bergaya coupe. Desain eksteriornya cukup unik, tidak terlalu futuristik seperti mobil listrik pada umumnya. Untuk spesifikasinya, Ora Good Cat tersedia dua pilihan baterai. Tipe pertama dibekali baterai berkapasitas 47,8 kWh yang mampu menempuh jarak 400 kilometer. Sedangkan tipe kedua, kapasitas baterainya 59,1 kWh dengan jarak tempuh mencapai 501 kilometer. 

7.  Honda CR-V Hybrid 
Sebagai salah satu APM dengan predikat lima besar penjualan domestik, PT Honda Prospect Motor menampilkan mobil listrik berbasis sport utility vehicle (SUV), yakni Honda e: Prototype dalam ajang GIIAS 2023.

Honda SUV e:Prototype turut dibekali teknologi terdepan, seperti Advanced Touch Screen, TFT Multi-information Display, OTA3 (Over The Air) berdasarkan pengenalan suara, fitur keselamatan Honda Sensing, dan generasi terbaru dari Honda Connect. 

Honda juga menampilkan mobil lainnya listrik seperti Honda N-Van EV Prototype dan Honda e. Honda juga meluncurkan model hybrid yaitu All New Honda CR-V RE e:HEV, dan menampilkan displai Honda Accord e:HEV dan Honda CR-Z.

8.  KIA EV 9   
KIA EV9 GT Line meramaikan ajang GIIAS 2023. KIA yang merupakan jajaran merek di bawah Indomobil Group mengenalkan KIA EV9 yang dibekali dengan dua motor listrik bertenaga 385 PS dan torsi 700 Nm. KIA EV9 mampu melesat dari 0 hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 5,3 detik.

Kia EV9 GT-Line dibekali baterai Lithium-Ion berkapasitas 99,8 kWh dan mampu menjelajah hingga 497 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh. Dengan kapasitas baterainya yang tergolong besar, Kia EV9 GT-Line memiliki catatan EV fuel economy hanya 228 wh/km.

9.   Toyota Alphard Hybrid   
Sementara dari prinsipal Jepang, Toyota kembali memperkuat lini elektrifikasinya dengan kehadiran Alphard Hybrid. Walau belum dicetuskan secara resmi, kehadiran MPV mewah berbasis listrik ini telah meluncur lebih dulu di Jepang.   

10.   Hyundai Ioniq 6 dan Stargazer X   
Hyundai yang telah mendominasi penjualan mobil listrik berbasis baterai (BEV) berkat kehadiran Ioniq 5, meluncurkan Ioniq 6 pada GIIAS 2023. Selain itu, Hyundai juga dipastikan bakal merilis jagoan anyar segmen LMPV, Stargazer X.   

12.   SUV Mitsubishi   
Mobil konsep Mitsubishi XFC pun bakal disulap menjadi produk massal oleh Mitsubishi Motors. Prototipe produk massal itu telah diperkenalkan dengan tajuk New SUV Mitsubishi. Secara resmi, Mitsubishi bakal menyematkan nama dan memperkenalkan jagoan baru ini pada ajang GIIAS 2023.

13. Nissan Ariya
Pameran GIIAS 2023 juga menampilkan mobil yang memiliki konsep balap Formula E, yakni Ariya Single Seater. Konsep mobil ini mendemonstrasikan teknologi untuk kendaraan listrik di masa depan. 

Nissan Ariya memiliki 4 pilihan motor listrik serta 2 baterai. Baterai paling kecil memiliki kapasitas 63 kWh, dan paling besar 87 kWh. Saat ini, masih belum ada informasi lebih lanjut soal peluang dijualnya mobil listrik ini di Indonesia


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Infrastruktur Pendukung F1 Powerboat Siap Digunakan

Wisatawan yang kebetulan berkunjung dipastikan turut menikmati ajang balap itu

Noviarizal Fernandez | 27-02-2024

Melalui 4 Pilar ini Kanker Serviks Dapat Dicegah

Indonesia menduduki peringkat keempat pada angka kematian yang disebabkan oleh kanker serviks

Context.id | 27-02-2024

Ini 10 Bahan Alami Untuk Tingkatkan Kadar Hemoglobin

Hemoglobin dalam sel darah merah sangat penting dan sangat vital bagi tubuh manusia.

Noviarizal Fernandez | 27-02-2024

Mobil Listrik Terus Diguyur Insentif

Pembebasan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mobil listrik.

Noviarizal Fernandez | 27-02-2024