Unfold - 06 August 2023

Dari Surga Nikel Menuju ke Penghiliran

Indonesia memiliki cadangan terbesar nikel di dunia dan bisa menjadikan bangsa ini sebagai pemimpin industri kendaraan listrik, khususnya baterai

Context.id, JAKARTA - Indonesia memiliki cadangan terbesar nikel di dunia yang saat ini banyak dicari negara-negara maju, khususnya yang fokus pada pembangunan industri kendaraan listrik. 

Selama ini, persediaan nikel yang ada di Tanah Air setara dengan 23 persen cadangan dunia. Berdasarkan Rencana Pengelolaan Mineral dan Batubara Nasional Tahun 2022-2027, cadangan dan produksi nikel Indonesia berada di peringkat pertama di dunia atau setara dengan 23 persen cadangan dunia dan produksi 29 persen dari cadangan dunia.

Adapun total sumber daya nikel sebesar 17,7 miliar ton bijih dan 177,8 juta ton logam, dengan cadangan 5,2 miliar ton bijih dan 57 juta ton logam. Tidak hanya itu,Indonesia masih punya banyak wilayah potensial yang belum dieksplorasi di Sulawesi Tenggara, Tengah, Selatan, Maluku dan Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Saat ini industri kendaraan listrik tengah menjadi primadona dan salah satu komponen penting dari baterai kendaraan terbuat dari nikel. Jadi tidak salah kalau nikel itu sebagai ‘emas baru’. Dengan cadangan nikel seabrek itu, negeri ini tentu saja bisa jadi pemimpin indsutri turunan nikel, termasuk kendaraan listrik.

Hal itu yang disadari oleh Presiden Joko Widodo, sehingga dirinya melarang ekspor nikel sejak 2020. Tujuannya agar bahan mentah diolah di dalam negeri, untuk meningkatkan nilai tambah, serta mendorong industri turunan nikel atau istilahnya penghiliran. 


MORE  UNFOLD  VIDEOS

Alasan Orang Korea Selatan Terobsesi dengan MBTI

MBTI merupakan akronim dari Myers-Briggs Type Indicator. Ini merupakan tes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam mel ...

Putri Dewi | 20-03-2024

Keluarga Kerajaan Inggris Selalu Jadi Sorotan

Keluarga Kerajaan Inggris diterpa kontroversi secara beruntun dengan sejumlah gosip tak sedap, mulai dari menghilangnya Putri Wales hingga perseli ...

David Eka | 19-03-2024

Yuk Ngintip Peta Suara Capres di Luar Negeri

Banyaknya jumlah WNI yang tersebar di 128 negara, turut menopang kontribusi suara para paslon.

Noviarizal Fernandez | 18-03-2024

Habis Pemilu, Terbitlah PESD

Merupakan kecemasan yang ditandai dengan perasaan cemas atau takut setelah berakhirnya pemilu.

Noviarizal Fernandez | 15-03-2024