Originals - 04 August 2023

Peran Inggris Dalam Sejarah Plat Nomor di Indonesia

Penggunaan plat nomor kendaraan memang diinisiasi di Prancis namun ternyata lima dekade sebelumnya sudah diterapkan di Indonesia.

Context.id, JAKARTA- Penggunaan plat nomor kendaraan memang diinisiasi di Prancis namun ternyata lima dekade sebelumnya sudah diterapkan di Indonesia.

Ceritanya pada 1812, Inggris dengan 15.000 tentaranya yang terbagi dalam 26 batalyon menggempur Nusantara yang kala itu dikuasai oleh Pemerintah Belanda namun merupakan kaki tangan Prancis. Pada zaman itu, Belanda memang dikuasai oleh Prancis yang dipimpin oleh Napoleon Bonaparte.

Adapun batalyon yang menyerang Nusantara dinamai sesuai dengan abjad dari A sampai Z. Menariknya, setiap daerah yang berhasil ditaklukan akan diberi identitas sesuai dengan kode nama batalyon tersebut.

Misalkan, Batavia yang ditaklukan oleh Batalyon B sehingga diberi identitas B. sementara Batalyon D menaklukan daerah Bandung sehingga kota itu menggunakan identitas D.

Sementara daerah yang ditaklukan oleh dua batalyon sekaligus, menyematkan dua huruf sebagai identitasnya seperti Yogyakarta yang direbut oleh Batalyon A dan B, menggunakan identitas AB atau Solo dengan AD

Selepas itu, semua kereta yang berada pada daerah-daerah penaklukan Inggris itu harus menggunakan identitas huruf sesuai ciri khasnya dan menjadi cikal bakal plat nomor yang dimiliki oleh Indonesia saat ini.


MORE  ORIGINALS  VIDEOS

Biaya UKT Mahal, Orang Miskin Dilarang Kuliah?

Membayar uang kuliah melalui skema pinjaman daring alias pinjol menarik perhatian publik dan memancing diskusi panjang.

Noviarizal Fernandez | 02-04-2024

50 Tahun Peristiwa Malari dan Sentimen Modal Asing

Peristiwa Malari merupakan kepingan sejarah dari perjalanan modal asing, khususnya Jepang di Indonesia.

Noviarizal Fernandez | 18-03-2024

Ini Biang Keladi yang Bikin Banyak BPR Tumbang

Dalam lima tahun terakhir saja, ada 167 BPR yang tumbang

Noviarizal Fernandez | 17-01-2024

Indonesia-Timor Leste Dari Luka Masa Lalu Menatap Masa Depan

Selama jadi bagian dari Indonesia, beberapa peristiwa terjadi, dan menyakiti hati rakyat Timor Timur

Noviarizal Fernandez | 02-01-2024