Stories - 07 August 2023

Mengenal Youtap, Startup Kasir Digital Milik Grup Salim

Digitalisasi telah merambah banyak lini kehidupan, termasuk bagi para pelaku bisnis dalam rangka merapikan pencatatan.

Context.id, JAKARTA - Digitalisasi telah merambah banyak lini kehidupan, termasuk bagi para pelaku bisnis dalam rangka merapikan pencatatan. Youtap Indonesia milik Grup Salim tercatat menjadi salah satu platform yang berperan mendorong fenomena tersebut. 

Tak heran, terkini platform point of sales (POS) di bawah bendera PT Mitra Digital Sukses ini telah berhasil menancapkan logonya pada beragam gawai operasional di beberapa waralaba dan jenama ternama. Mulai dari mesin kasir, gadget menu buat pramusaji, hingga perangkat manajemen toko.

Beberapa jenama kenamaan yang telah mempercayakan gawai operasionalnya kepada Youtap, antara lain McDonald's, Hero, Solaria, Burger King, Sari Roti, Domino's Pizza, Tuku, Bread Life, serta lebih dari 300.000 merchant UMKM lain. 

CEO Youtap Indonesia Herman Suharto menceritakan bahwa platform Youtap pada awalnya dibangun sebagai solusi bisnis UMKM, terutama dalam menerima pembayaran nontunai.

"Kami terbilang salah satu pionir yang memungkinkan merchant menerima pembayaran dari dompet digital dan QRIS. Inilah kenapa kami lebih dikenal sebagai penyedia POS. Padahal, kami juga punya berbagai solusi buat operasional usaha para merchant, terutama UMKM," ujarnya ketika ditemui Context.id selepas menghadiri acara di bilangan Condet, Jakarta Timur, baru-baru ini.

Salah satu bentuk ekspansi bisnis baru itu pun terealisasi bersama Indomarco Adi Prima lewat Youtap Official Store di platform Youtap Belanja Online Stok. Harapannya, kolaborasi ini menjadi solusi pemenuhan kebutuhan stok dagangan para mitra UMKM.

Herman membenarkan bahwa kolaborasi sesama entitas Grup Salim ini merupakan jawaban atas kebutuhan para mitra UMKM Youtap, di mana kebanyakan bergerak di bidang F&B.

"Kemitraan strategis kami dengan Indomarco Adi Prima yang notabene punya ribuan gudang dan armada di seantero Indonesia, membuat mitra UMKM bisa belanja stok dengan cepat, murah, dan bebas biaya pengantaran," tambahnya.

Misalnya, terkadang pelaku UMKM, terutama di bidang F&B seperti kafe sampai warung makan, kerap mengalami hambatan rantai pasok, salah satunya kehabisan stok ketika sedang beroperasi dan ramai kunjungan pelanggan. 

Belum lagi apabila UMKM masih terbiasa mengandalkan uang tunai saat berbelanja stok. Pencatatan arus kas pun berpotensi amburadul, terselip di sana-sini karena tak terencana dengan baik.

Oleh sebab itu, solusi Youtap Official Store dibuat terintegrasi dengan layanan POS dan pembayaran digital, demi memudahkan UMKM dalam pengelolaan rantai pasok.

"Selain itu, kami menggandeng lebih dari 300 pemasok skala lokal hingga nasional. Buat mereka, kolaborasi ini juga menuntungkan, karena merchant Youtap berasal dari berbagai sektor usaha, di mana sebelumnya mungkin distribusinya tidak pernah mereka sentuh langsung," tutupnya.

Sebagai contoh, Youtap memiliki merchant bengkel kendaraan. Siapa sangka, ternyata kantin di bengkel ramai pelanggan dan harus memiliki pengelolaan rantai pasok secara terpisah yang profesional. 

Selain itu, Youtap juga menjamah ribuan UMKM warung makan, terutama di kawasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Biasanya, para UMKM ini dipasok oleh distributor kecil yang tak punya segmen alias 'palugada', sehingga mengambil margin yang lumayan.

Itulah kenapa Belanja Online Stok besutan Youtap bisa menjadi solusi simbiosis mutualisme bagi kedua belah pihak. Para UMKM diuntungkan dengan kemudahan dan harga yang lebih baik, sementara para distributor dibukakan pintu dalam rangka ekspansi.


Penulis : Aziz Rahardyan

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Miliarder Beli Klub Eropa, Ada Pengaruh ke Sepak Bola Indonesia?

Deretan pengusaha kakap Tanah Air miliki saham mayoritas di klub-klub sepak bola luar negeri

Noviarizal Fernandez | 17-05-2024

Polemik Pernikahan Massal 100 Anak Perempuan di Nigeria

Pendidikan lebih prioritas bagi anak-anak perempuan dibandingkan memaksanya untuk melakukan pernikahan

Context.id | 17-05-2024

Reimajinasi Baru Museum dan Cagar Budaya Menjadi Ruang Belajar Inklusif.

Kemdikbudristek meluncurkan Indonesian Heritage Agency atau IHA untuk memberikan citra baru bagi museum dan situs budaya nasional.

Context.id | 17-05-2024

Cerita Petani Kopi Binaan Starbucks, Kualitas Makin Baik Untung Kian Tebal

Starbucks FSC berkomitmen membantu para petani lokal dalam mengelola dan meningkatkan kualitas kopi yang mereka tanam

Ririn oktaviani | 17-05-2024