Stories - 31 July 2023

Transjakarta Sebut Rute Baru ke Bandara Laris-Manis

Transjakarta mencatatkan tren positif atas uji coba pembukaan rute baru, KalideresBandara Soekarno Hatta (Soetta).


Bus Transjakarta melintas di Halte Mampang Prapatan, Jakarta, Selasa (17/1/2023). Bisnis/Suselo Jati\\r\\n

Context.id, JAKARTA - Perusahaan BUMD layanan bus kota, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mencatatkan tren positif atas uji coba pembukaan rute baru, Kalideres–Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

Sebagai informasi, Transjakarta melakukan uji coba rute baru ini sejak 5 Juli 2023. Rute ini terutama membidik karyawan di kawasan bandara, karena bus tidak berhenti di terminal penumpang, melainkan kawasan perkantoran dan terminal kargo.

Direktur Operasi dan Keselamatan Transjakarta Daud Joseph menyampaikan tren positif penerimaan masyarakat tergambar dari jumlah pelanggan yang memanfaatkan rute ini yang mencapai 14.222 orang hingga akhir pekan lalu.

"Kami berharap layanan ini tidak hanya mempermudah karyawan yang bekerja di kawasan Bandara, baik untuk berangkat maupun kembali pulang ke rumah masing-masing tetapi juga memudakan masyarakat umum untuk beraktivitas di sepanjang jalur yang dilintasi," kata Joseph dalam keterangannya, Senin (31/7/2023).

Selain itu, sejak pertama kali uji coba, angka pelanggan mengalami kenaikan setiap harinya. Pelanggan tertinggi harian tercatat oleh bus berkode SH1 ini pun sanggup mencapai 733 orang per hari.

Oleh karena itu, saat ini Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk memperpanjang masa uji coba dan menambah jam operasional yang semula beroperasi pukul 06.00–09.00 WIB dan pukul 16.00–21.00 WIB menjadi pukul 05.30–09.00 WIB dan pukul 16.30–22.00 WIB.

"Jadi baik karyawan maupun masyarakat yang ingin beraktivitas menggunakan layanan bandara ini bisa terlayani mobilitasnya. Kita akan terus melakukan evaluasi untuk pelayanan yang lebih baik lagi," tutupnya.

Sebagai tambahan, untuk layanan ini Transjakarta menyediakan sebanyak 5 unit bus tipe low entry yang memudahkan pelanggan disabilitas maupun yang membawa barang saat beraktivitas.

Selama masa uji coba pelanggan tetap diwajibkan untuk melakukan tap in maupun tap out menggunakan Kartu Uang Elektronik (KUE), namun tanpa dikenakan tarif alias gratis.

Berikut merupakan rute dan perhentian Transjakarta arah Bandara Soetta:

Halte Kalideres 1 - Pos Polisi Daan Mogot Baru - RSUD Kalideres - SMAN 84 - Simpang Jalan Peta Selatan - Sekolah Kairos Garcia - Jalan Citra Garden VII - Jalan Alam Raya - Jalan Rawa Lele - Jalan Rawa Lele 1 - SMPN 186 - Seberang Jalan Peta Barat 1 - Jalan Husen Sastranegara 2 - Jalan Husen Sastranegara 1 - Gerbang Soetta 1

Berikut merupakan rute dan perhentian Transjakarta di dalam kawasan Bandara Soetta:

Gerbang Soetta 1 - Seberang Sowan Wisata Belanja - Jalan Cengkareng Golf Club 1 - Soewarna Foodhall 1 - Jalan Cengkareng Golf Club 3 - Terminal Kargo 1 - Terminal Kargo 2 - Perkantoran Soekarno-Hatta - Stasiun KA Bandara - Imigrasi Soekarno Hatta - Bundaran Kargo

Berikut merupakan rute dan perhentian Transjakarta dari Bandara Soetta ke arah Kalideres:

Stasiun KA Bandara - Imigrasi Soekarno Hatta - Bundaran Kargo - Simpang Rawa Kompeni Raya Perancis - Jalan Peta Barat 1 - Seberang SMPN 186 - Seberang Jalan Rawa Lele 1 - Jalan Peta Barat - Masjid Jami Almarhumah - Seberang Jalan Alam Raya - Seberang Jalan Citra Garden VII - Jalan Peta Utara - Simpang Jalan Peta Selatan - SMK Jakarta 1 - Pasar Hari Hari Kalideres - Seberang RS Mitra Keluarga Kalideres - Seberang Heinz ABC Kalideres - Seberang Gang Bali III Kalideres - Komplek Polri Kalideres - Halte Kalideres 1


Penulis : Aziz Rahardyan

Editor   : Wahyu Arifin

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024