Stories - 11 July 2023

Alhamdulilah, 42.724 Jemaah Haji RI Sudah Pulang

Total ada sebanyak 113 kloter yang sudah kembali ke Indonesia.


Bandara Hang Nadim Batam telah rampung mempersiapkan kepulangan jemaah haji dari Tanah Suci hingga 4 Agustus 2023 nanti - JIBI

Context.id, JAKARTA — Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan bahwa hingga 10 Juli 2023 pukul 24.00 WIB, 42.724 orang jemaah haji asal Indonesia telah pulang ke Tanah Air.

Juru Bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin mengemukakan bahwa total ada sebanyak 113 kelompok terbang (kloter) yang sudah kembali ke Indonesia berjumlah 42.724 jemaah. Kemudian, pada hari ini Selasa 11 Juli 2023 rencananya ada sebanyak 6.043 jemaah haji asal Indonesia atau sebanyak 16 kloter yang akan pulang ke Tanah Air dari Tanah Suci Makkah.

“Para jemaah haji ini terdiri dari beberapa debarkasi di seluruh Indonesia,” tuturnya di Jakarta, Selasa (11/7/2023).

Selanjutnya, berkaitan dengan aktivitas ibadah haji, menurut Fauzin, hari ini Selasa 11 Juli 2023 ada sebanyak 7.795 jemaah haji yang tergabung dalam 20 kloter akan berangkat dari Makkah menuju ke Madinah menggunakan bus selama 6 jam.

“Mereka akan berada di Madinah 8-9 hari untuk menjalankan ibadah Arbain, yaitu salat berjemaah 40 waktu secara berturut-turut di Masjid Nabawi,” katanya.

Menurutnya, selama jemaah berada di Madinah, lanjut Fauzin, PPIH memberikan layanan konsumsi sebanyak tiga kali setiap harinya, yaitu makan pagi, makan siang dan makan malam.

“Bagi jemaah haji lansia, PPIH juga menyiapkan bubur ayam, ada juga biskuit lunak, sehingga asupan makanan kepada lansia ini tetap terjaga. Selain itu, disiapkan kursi roda bagi lansia untuk kemudahan mereka ke Masjid Nabawi,” ujarnya.

Dia mengimbau kepada seluruh jemaah haji asal Indonesia yang berada di Madinah untuk mengikuti semua aturan yang berlaku, termasuk untuk tidak merokok di kawasan Masjid Nabawi dan markaziyah yang menjadi pemondokan para jemaah.

“Pelanggaran atas larangan merokok di kawasan pemondokan dan Masjid Nabawi akan dikenakan denda 200 SAR oleh otoritas berwenang,” ujarnya.


Penulis : Sholahuddin Ayyubi

Editor   : Oktaviano Donald

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024