Share

Home Stories

Stories 06 Juli 2023

Tol Getaci. Pintu Gerbang Penghubung Jakarta-Yogyakarta

Harapannya, untuk meluncur dari Jakarta ke Jogja, tak perlu lagi melewati Jakarta-Cikampek (Japek) konvensional yang notabene sudah sangat padat.

Kementerian PUPR menyatakan proyek Jalan Tol Gede Bage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) mulai dibangun pada 2022 - Instagram BPJT

Context.id, JAKARTA - Sampai saat ini, perjalanan tercepat via darat dari DKI Jakarta sampai ke Yogyakarta harus ditempuh melalui jaringan Tol Trans Jawa di kawasan pantai utara. Ada, kah jalur alternatif lain?

 

Sebagai gambaran, setelah meluncur dari Jakarta ke Cikampek, saat ini kita harus menyusuri ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Palimanan-Kanci (Palikanci), kemudian Pejagan-Pemalang-Batang sampai Semarang, lanjut ke tol Semarang-Solo, dan ambil jalan keluar terdekat terhadap tujuan di Jogja.

 

Namun, di masa depan, akan ada ruas jalan tol yang bisa jadi punya kepadatan lebih rendah, memiliki waktu tempuh lebih singkat, dan menawarkan nuansa perjalanan yang berbeda karena menyusuri jalur pantai selatan, yakni Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci).

 

Pembangunan Tol Getaci akan menjadi pintu gerbang penghubung Jakarta ke jalur pantai selatan melalui Bandung. Alhasil, untuk meluncur dari Jakarta, tak perlu lagi melewati Jakarta-Cikampek (Japek) konvensional yang notabene sudah sangat padat.

 

Nantinya, kita bisa mengambil ruas Japek II Selatan kalau sudah rampung sepenuhnya, di mana akan menghubungkan tol lingkar luar Jakarta (JORR) dengan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang).

 

Setelah itu, kita bisa menyusuri selatan Bandung melalui Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) dan mulai masuk Tol Getaci untuk menuju Jogja lewat jalur pantai selatan. Di masa depan pun telah ada rencana lanjutan tol sampai ke Jogja melalui Tol Cilacap-YIA Kulon Progo.

 

Beragam Masalah di Getaci

Sayangnya, tol ini secara umum Tol Getaci molor karena konsorsium PT Jasamarga Gedebage–Cilacap (JGC) bermasalah. Salah satunya, akibat mundurnya PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) dari konsorsium.

 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan tol ini tidak akan dicoret dari proyek strategis nasional (PSN) dan terus dilanjutkan secara bertahap ke depannya, terutama sampai ke kawasan sekitar Tasikmalaya.

 

"Tol Getaci itu kita akan bikin yang prioritas sampai ke Ciamis dulu, ya," kata Basuki kepada wartawan, dilansir dari Bisnis.com, Rabu (7/6/2023). \\r\\n\\r\\nSaat ini, Kementerian PUPR tengah berproses untuk melakukan tender ulang untuk pembangunan tol yang disebut akan memiliki ruas jalan tol terpanjang di Indonesia ini, terutama untuk tahap pertama sampai Ciamis.

 

Lantas, kira-kira tahun berapa, ya, kita bisa menikmati jalan tol di wilayah pantai selatan?



Penulis : Aziz Rahardyan

Editor   : Puput Ady

Stories 06 Juli 2023

Tol Getaci. Pintu Gerbang Penghubung Jakarta-Yogyakarta

Harapannya, untuk meluncur dari Jakarta ke Jogja, tak perlu lagi melewati Jakarta-Cikampek (Japek) konvensional yang notabene sudah sangat padat.

Kementerian PUPR menyatakan proyek Jalan Tol Gede Bage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) mulai dibangun pada 2022 - Instagram BPJT

Context.id, JAKARTA - Sampai saat ini, perjalanan tercepat via darat dari DKI Jakarta sampai ke Yogyakarta harus ditempuh melalui jaringan Tol Trans Jawa di kawasan pantai utara. Ada, kah jalur alternatif lain?

 

Sebagai gambaran, setelah meluncur dari Jakarta ke Cikampek, saat ini kita harus menyusuri ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Palimanan-Kanci (Palikanci), kemudian Pejagan-Pemalang-Batang sampai Semarang, lanjut ke tol Semarang-Solo, dan ambil jalan keluar terdekat terhadap tujuan di Jogja.

 

Namun, di masa depan, akan ada ruas jalan tol yang bisa jadi punya kepadatan lebih rendah, memiliki waktu tempuh lebih singkat, dan menawarkan nuansa perjalanan yang berbeda karena menyusuri jalur pantai selatan, yakni Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci).

 

Pembangunan Tol Getaci akan menjadi pintu gerbang penghubung Jakarta ke jalur pantai selatan melalui Bandung. Alhasil, untuk meluncur dari Jakarta, tak perlu lagi melewati Jakarta-Cikampek (Japek) konvensional yang notabene sudah sangat padat.

 

Nantinya, kita bisa mengambil ruas Japek II Selatan kalau sudah rampung sepenuhnya, di mana akan menghubungkan tol lingkar luar Jakarta (JORR) dengan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang).

 

Setelah itu, kita bisa menyusuri selatan Bandung melalui Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) dan mulai masuk Tol Getaci untuk menuju Jogja lewat jalur pantai selatan. Di masa depan pun telah ada rencana lanjutan tol sampai ke Jogja melalui Tol Cilacap-YIA Kulon Progo.

 

Beragam Masalah di Getaci

Sayangnya, tol ini secara umum Tol Getaci molor karena konsorsium PT Jasamarga Gedebage–Cilacap (JGC) bermasalah. Salah satunya, akibat mundurnya PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) dari konsorsium.

 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan tol ini tidak akan dicoret dari proyek strategis nasional (PSN) dan terus dilanjutkan secara bertahap ke depannya, terutama sampai ke kawasan sekitar Tasikmalaya.

 

"Tol Getaci itu kita akan bikin yang prioritas sampai ke Ciamis dulu, ya," kata Basuki kepada wartawan, dilansir dari Bisnis.com, Rabu (7/6/2023). \\r\\n\\r\\nSaat ini, Kementerian PUPR tengah berproses untuk melakukan tender ulang untuk pembangunan tol yang disebut akan memiliki ruas jalan tol terpanjang di Indonesia ini, terutama untuk tahap pertama sampai Ciamis.

 

Lantas, kira-kira tahun berapa, ya, kita bisa menikmati jalan tol di wilayah pantai selatan?



Penulis : Aziz Rahardyan

Editor   : Puput Ady


RELATED ARTICLES

Hitungan Prabowo Soal Uang Kasus CPO Rp13,2 Triliun, Bisa Buat Apa Saja?

Presiden Prabowo Subianto melakukan perhitungan terkait uang kasus korupsi CPO Rp13,2 triliun yang ia sebut bisa digunakan untuk membangun desa ne ...

Renita Sukma . 20 October 2025

Polemik IKN Sebagai Ibu Kota Politik, Ini Kata Kemendagri dan Pengamat

Terminologi ibu kota politik yang melekat kepada IKN dianggap rancu karena bertentangan dengan UU IKN. r n r n

Renita Sukma . 18 October 2025

Dilema Kebijakan Rokok: Penerimaan Negara Vs Kesehatan Indonesia

Menkeu Purbaya ingin menggairahkan kembali industri rokok dengan mengerem cukai, sementara menteri sebelumnya Sri Mulyani gencar menaikkan cukai d ...

Jessica Gabriela Soehandoko . 15 October 2025

Di Tengah Ketidakpastian Global, Emas Justru Terus Mengkilap

Meskipun secara historis dianggap sebagai aset lindung nilai paling aman, emas kerap ikut tertekan ketika terjadi aksi jual besar-besaran di pasar ...

Jessica Gabriela Soehandoko . 13 October 2025