Stories - 06 July 2023

Tol Getaci. Pintu Gerbang Penghubung Jakarta-Yogyakarta

Harapannya, untuk meluncur dari Jakarta ke Jogja, tak perlu lagi melewati Jakarta-Cikampek (Japek) konvensional yang notabene sudah sangat padat.


Kementerian PUPR menyatakan proyek Jalan Tol Gede Bage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) mulai dibangun pada 2022 - Instagram BPJT

Context.id, JAKARTA - Sampai saat ini, perjalanan tercepat via darat dari DKI Jakarta sampai ke Yogyakarta harus ditempuh melalui jaringan Tol Trans Jawa di kawasan pantai utara. Ada, kah jalur alternatif lain?

 

Sebagai gambaran, setelah meluncur dari Jakarta ke Cikampek, saat ini kita harus menyusuri ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Palimanan-Kanci (Palikanci), kemudian Pejagan-Pemalang-Batang sampai Semarang, lanjut ke tol Semarang-Solo, dan ambil jalan keluar terdekat terhadap tujuan di Jogja.

 

Namun, di masa depan, akan ada ruas jalan tol yang bisa jadi punya kepadatan lebih rendah, memiliki waktu tempuh lebih singkat, dan menawarkan nuansa perjalanan yang berbeda karena menyusuri jalur pantai selatan, yakni Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci).

 

Pembangunan Tol Getaci akan menjadi pintu gerbang penghubung Jakarta ke jalur pantai selatan melalui Bandung. Alhasil, untuk meluncur dari Jakarta, tak perlu lagi melewati Jakarta-Cikampek (Japek) konvensional yang notabene sudah sangat padat.

 

Nantinya, kita bisa mengambil ruas Japek II Selatan kalau sudah rampung sepenuhnya, di mana akan menghubungkan tol lingkar luar Jakarta (JORR) dengan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang).

 

Setelah itu, kita bisa menyusuri selatan Bandung melalui Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) dan mulai masuk Tol Getaci untuk menuju Jogja lewat jalur pantai selatan. Di masa depan pun telah ada rencana lanjutan tol sampai ke Jogja melalui Tol Cilacap-YIA Kulon Progo.

 

Beragam Masalah di Getaci

Sayangnya, tol ini secara umum Tol Getaci molor karena konsorsium PT Jasamarga Gedebage–Cilacap (JGC) bermasalah. Salah satunya, akibat mundurnya PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) dari konsorsium.

 

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan tol ini tidak akan dicoret dari proyek strategis nasional (PSN) dan terus dilanjutkan secara bertahap ke depannya, terutama sampai ke kawasan sekitar Tasikmalaya.

 

"Tol Getaci itu kita akan bikin yang prioritas sampai ke Ciamis dulu, ya," kata Basuki kepada wartawan, dilansir dari Bisnis.com, Rabu (7/6/2023). \\r\\n\\r\\nSaat ini, Kementerian PUPR tengah berproses untuk melakukan tender ulang untuk pembangunan tol yang disebut akan memiliki ruas jalan tol terpanjang di Indonesia ini, terutama untuk tahap pertama sampai Ciamis.

 

Lantas, kira-kira tahun berapa, ya, kita bisa menikmati jalan tol di wilayah pantai selatan?


Penulis : Aziz Rahardyan

Editor   : Puput Ady

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024