Stories - 06 July 2023
Tol Getaci. Pintu Gerbang Penghubung Jakarta-Yogyakarta
Harapannya, untuk meluncur dari Jakarta ke Jogja, tak perlu lagi melewati Jakarta-Cikampek (Japek) konvensional yang notabene sudah sangat padat.

Context.id, JAKARTA - Sampai saat ini, perjalanan tercepat via darat dari DKI Jakarta sampai ke Yogyakarta harus ditempuh melalui jaringan Tol Trans Jawa di kawasan pantai utara. Ada, kah jalur alternatif lain?
Sebagai gambaran, setelah meluncur dari Jakarta ke Cikampek, saat ini kita harus menyusuri ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali), Palimanan-Kanci (Palikanci), kemudian Pejagan-Pemalang-Batang sampai Semarang, lanjut ke tol Semarang-Solo, dan ambil jalan keluar terdekat terhadap tujuan di Jogja.
Namun, di masa depan, akan ada ruas jalan tol yang bisa jadi punya kepadatan lebih rendah, memiliki waktu tempuh lebih singkat, dan menawarkan nuansa perjalanan yang berbeda karena menyusuri jalur pantai selatan, yakni Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci).
Pembangunan Tol Getaci akan menjadi pintu gerbang penghubung Jakarta ke jalur pantai selatan melalui Bandung. Alhasil, untuk meluncur dari Jakarta, tak perlu lagi melewati Jakarta-Cikampek (Japek) konvensional yang notabene sudah sangat padat.
Nantinya, kita bisa mengambil ruas Japek II Selatan kalau sudah rampung sepenuhnya, di mana akan menghubungkan tol lingkar luar Jakarta (JORR) dengan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang).
Setelah itu, kita bisa menyusuri selatan Bandung melalui Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) dan mulai masuk Tol Getaci untuk menuju Jogja lewat jalur pantai selatan. Di masa depan pun telah ada rencana lanjutan tol sampai ke Jogja melalui Tol Cilacap-YIA Kulon Progo.
Beragam Masalah di Getaci
Sayangnya, tol ini secara umum Tol Getaci molor karena konsorsium PT Jasamarga Gedebage–Cilacap (JGC) bermasalah. Salah satunya, akibat mundurnya PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) dari konsorsium.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan tol ini tidak akan dicoret dari proyek strategis nasional (PSN) dan terus dilanjutkan secara bertahap ke depannya, terutama sampai ke kawasan sekitar Tasikmalaya.
"Tol Getaci itu kita akan bikin yang prioritas sampai ke Ciamis dulu, ya," kata Basuki kepada wartawan, dilansir dari Bisnis.com, Rabu (7/6/2023). Saat ini, Kementerian PUPR tengah berproses untuk melakukan tender ulang untuk pembangunan tol yang disebut akan memiliki ruas jalan tol terpanjang di Indonesia ini, terutama untuk tahap pertama sampai Ciamis.
Lantas, kira-kira tahun berapa, ya, kita bisa menikmati jalan tol di wilayah pantai selatan?
Penulis : Aziz Rahardyan
Editor : Puput Ady
MORE STORIES

Kejagung Dalami Korupsi Dana Sawit di BPDPKS
Kerugian negara dalam dugaan korupsi di BPDPKS ini karena ada korporasi yang mendapatkan dana pengembangan biodiesel tapi hasilnya tidak sesuai
Noviarizal Fernandez | 21-09-2023

Kementerian BUMN Gandeng Kejagung Awasi Dana Pensiun
Amburadulnya pengelolaan dana pensiun badan usaha milik negara (Dapen BUMN) yang dapat mengakibatkan kerugian besar menjadi perhatian pemerintah
Noviarizal Fernandez | 21-09-2023

Harga Masih Tinggi, Ombudsman: HET Beras Sebaiknya Dihapus
Harga eceran tertinggi (HET) beras dinilai tidak efektif menjaga stabilisasi harga beras yang masih tetap melonjak di pasaran
Noviarizal Fernandez | 19-09-2023

Benarkah Tiap WNI Menanggung Utang Rp28 Juta?
Besarnya utang negara yang dimiliki Indonesia bukan berarti setiap penduduk akan menanggung utang sebesar Rp28 juta.
Noviarizal Fernandez | 19-09-2023
A modern exploration of business, societies, and ideas.
Powered by Bisnis Indonesia.
Copyright © 2023 - Context
Copyright © 2023 - Context