Stories - 05 July 2023

Ini Cara Jadi Orang Pertama Naik LRT Jabodetabek

Uji coba akan dilakukan dengan penumpang terbatas pada 12 Juli 2023 sampai 15 Agustus 2023, dengan tarif hanya Rp1,-.


Sebanyak 19 trainset dari total 31 trainset LRT Jabodebek telah dikirim ke Jakarta melalui stasiun Harjamukti (20/1/2021). /INKA

Context.id - JAKARTA - Kereta Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodebek bakal terbuka untuk publik secara perdana pada 12 Juli 2023 dalam rangka uji coba. Nah, kalau mau jadi orang pertama yang turut merasakan uji coba LRT Jabodetabek tersebut, bisa naik dari mana dan bagaimana caranya, ya?

 

Berdasarkan laman resmi dari kereta yang akan menghubungkan 18 stasiun di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi ini, uji coba akan dilakukan dengan penumpang terbatas pada 12 Juli 2023 sampai 15 Agustus 2023.

 

"Kamu bisa mendaftarkan diri pada link yang akan kami share di medsos LRT Jabodebek mulai tanggal 10 Juli nanti, dan kuotanya akan dibatasi," tulis media sosial resmi LRT Jabodebek, dikutip Rabu (5/7/2023).

 

Adapun, Manajer Humas LRT Jabodebek Kuswardoyo menjelaskan bahwa publik bisa menjajal pada sesi uji coba dengan hanya membayar Rp1 secara nontunai. Berakhirnya masa uji coba nantinya akan sekaligus menandai grand launching LRT Jabodebek.

 

Kendati dapat mengangkut 740 orang per perjalanan, uji coba akan dibatasi dengan hanya mengangkut sekitar 150 orang per perjalanan. Selain itu, tidak semua stasiun termasuk dalam pemberangkatan dan pemberhentian. 

 

Cara Naik LRT Jabodebek Rp1

Kuswardoyo menjelaskan publik hanya bisa memilih keberangkatan dari tiga stasiun selama uji coba, yakni Stasiun Dukuh Atas, Stasiun Harjamukti, dan Stasiun Jati Mulya. 

 

Selain itu, pemberhentian bisa di stasiun mana saja kecuali Stasiun Halim, sebab masih dalam masa pembangunan, salah satunya untuk integrasi dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Terlebih, karena letaknya di pinggir jalan tol, akses jalan kaki bagi penumpang masih sulit.

 

Sebagai informasi, LRT Jabodebek akan memiliki dua lajur, yakni Cibubur Line dan Bekasi Line. Kedua lajur akan sama-sama melewati stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, dan berakhir di Cawang selaku stasiun transit.

 

Setelah berpisah di Cawang, Cibubur Line akan menghubungkan TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, sementara Bekasi Line akan melewati Halim, Jati Bening Baru, Cikunir 1, Cikunir 2, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.


Penulis : Aziz Rahardyan

Editor   : Puput Ady

MORE  STORIES

Suara Golkar Terbesar di Koalisi Prabowo, Jatah Menterinya Banyak?

Kinerja perolehan suara mentereng dalam Pemilu Legislatif atau Pileg 2024 dinilai menjadi tolok ukur

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Laga Panas Para Jawara di AFC Cup U-23

Tiga mantan pemenang Piala Asia AFC U23 lainnya juga turut lolos ke babak penentu itu

Noviarizal Fernandez | 24-04-2024

Tren Positif Berlanjut, Industri Mobil Listrik Makin Menjanjikan

Pada 2023 lalu, penjualan mobil listrik memecahkan rekor penjualan mencapai 14 juta unit secara global atau setara dengan 18% dari seluruh penjual ...

Context.id | 24-04-2024

Profi Tiga Hakim Dissenting Opinion Putusan MK Soal Pilpres 2024

Tiga hakim ajukan pendapat berbeda dengan lima hakim lainnya terkait putusan MK yang menolak permohonan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud

Context.id | 23-04-2024