Originals - 21 June 2023

Jalur Sutra Baru China, Taktik Modern Jeratan Utang?

Banyak negara yang menilai China memasang jebakan utang pada negara-negara itu. Apalagi, memang bunga yang diberikan, disebut-sebut lebih tinggi.

Context.id, JAKARTA - Pada 2013 kemarin, Presiden China, Xi Jinping ingin membuat kembali "jalur sutra" ini  dengan program ambisius One Belt One Road.

Tujuannya mulia, karena infrastruktur yang dibangun diprediksi dapat meningkatkan ekonomi negara-negara kecil dan meningkatkan angka perdagangan global. Walaupun, tidak bisa dipungkiri bahwa hal ini dapat menguntungkan perusahaan China yang lebih dulu bersiap. 

Selain itu, yang dipermasalahkan lagi adalah pinjaman yang diberikan oleh China. Memang, harga untuk membangun infrastruktur tidaklah murah dan tidak semua negara memiliki dana yang cukup.

Oleh karena itu, untuk program ini, China memberikan pinjaman kepada negara-negara yang belum punya cukup uang, bahkan pinjaman yang diberikan ditaksir mencapai US$90 miliar

Tapi, banyak negara yang menilai China memasang jebakan utang pada negara-negara itu. Apalagi, memang bunga yang diberikan, disebut-sebut lebih tinggi. Hmm, bagaimana kalau menurutmu?


MORE  ORIGINALS  VIDEOS

Ini Biang Keladi yang Bikin Banyak BPR Tumbang

Dalam lima tahun terakhir saja, ada 167 BPR yang tumbang

Noviarizal Fernandez | 17-01-2024

Indonesia-Timor Leste Dari Luka Masa Lalu Menatap Masa Depan

Selama jadi bagian dari Indonesia, beberapa peristiwa terjadi, dan menyakiti hati rakyat Timor Timur

Noviarizal Fernandez | 02-01-2024

Petaka di Balik Pengeboran Minyak Bumi

Sekitar 10 hari setelah ledakan, minyak sudah mulai terlihat di wilayah Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia dan terus memburuk setiap harinya.

Noviarizal Fernandez | 26-12-2023

Sampah Plastik Dari Solusi Jadi Masalah

Awalnya, kantong plastik diciptakan untuk menyelamatkan dunia, tapi kemudian menjadi masalah.

Noviarizal Fernandez | 19-12-2023