Stories - 12 June 2023

Gitaris Andre Dinuth, Populerkan Instrumen dari Timur

Produser, gitaris, serta penyanyi Andre Dinuth ingin mempopulerkan instrumen timur dengan memasukkannya di banyak lagunya.


Gitaris Andre Dinuth membawakan lagu saat jamming akustik Kamis Santuy di Bisnis Indonesia, Jakarta, Kamis (11/5/2023). - JIBI/Bisnis - Himawan L.

Context.id, JAKARTA - Produser, gitaris, serta penyanyi Andre Dinuth ingin mempopulerkan instrumen khas Indonesia bagian Timur, Sasando, dengan memasukkannya dalam sejumlah aransemen yang diproduksinya.

Menurut Andre, inisiasi ini sedikit banyak dikarenakan dirinya yang merupakan keturunan Indonesia bagian Timur. Kendati demikian, ia juga mengaku bahwa dirinya juga banyak terinspirasi dari Alm. Glenn Fredly. Seperti diketahui, Andre juga merupakan gitaris dari Bakuucakar, band pengiring mendiang Glenn.

“Glenn itu suka memberikan inspirasi bagiku. Mungkin salah satunya Glenn juga ya, dia di ranah pop tapi tetep bisa menyempitkan idealisme dia tentang timur indonesia. Jadi banyak banget konser yang kita sering main dengan instrumentasi yang timur juga,” ujar Andre kepada Context.id.

Oleh karena itu, sejumlah lagu yang telah menjadi karya tangannya juga sudah diselipi dengan instrumen dari timur Indonesia, seperti Sasando.

“Karena itu di album instrumental, kemarin-kemarin, aku selipin itu itunya. Lalu nanti ada single mau keluar lagi, nanti ada featuring dari Nusa Tenggara Timur juga,” ujarnya. 

Kendati demikian, Andre juga menyatakan bahwa adopsi instrumen dari Timur ini juga memiliki tantangan tersendiri, karena harus mencampurkan instrumen dari Barat dan timur Indonesia.

“Jadi mix and match gimana caranya biar masih bisa siblings pop dalam sebuah instrumentasi yang mencampurkan instrumen barat dengan timur indonesia,” ujar Andre. 

Untuk rencana ke depannya, Andre dan band-nya akan membuat konser pada 24 Juni 2023 dengan hologram mendiang Glenn, sebagai penghormatan dan ingin menjalankan semangatnya. 

Selain itu, Andre dan istrinya, gitaris bass Wanda Omar telah merilis lagu "Menemukanmu" yang sudah tersedia di berbagai streaming platform


Penulis : Crysania Suhartanto

Editor   : Puput Ady

MORE  STORIES

Teknologi Digital dan Solusi Perubahan Iklim

Teknologi digital bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi atau meminimalisir dampak perubahan iklim

Context.id | 01-03-2024

Ketika Raksasa OTT Saling Klaim Istilah Local Pride

Platform over the top (OTT) konten video streaming saling bersaing menguasai pasar Indonesia, salah satunya dengan embel-embel konten lokal.

Noviarizal Fernandez | 01-03-2024

Tolak Usul Prancis, Anggota NATO Enggan Masuk Wilayah Ukraina

Usulan Presiden Prancis agar pasukan NATO memasuki wilayah Ukraina untuk ikut memerangi Rusia mendapat penolakan keras dari negara-negara anggota ...

Context.id | 29-02-2024

Kans Indonesia Gabung Klub Negara Maju

Indonesia masih punya waktu 2-3 tahun untuk menyelesaikan proses menjadi anggota OECD

Context.id | 29-02-2024