Unfold - 07 June 2023

Tulip Pernah Bikin Belanda Nyaris Bangkrut

Empat abad yang lalu, ada masanya ketika tulip seharga rumah.

Context.id, JAKARTA - Empat abad yang lalu, ada masanya ketika satu bibit tulip jenis baru bisa menjadi mas kawin pengantin wanita. Sementara, sebuah bibit tulip langka lainnya juga pernah ditukar dengan tempat pembuatan bir yang masih berjalan di Prancis.

Saat itu, bahkan ada enam perusahaan baru yang beroperasi hanya untuk menjual tulip.

Alhasil, karena permintaan membludak, banyak orang yang meminatinya. Bahkan banyak di antaranya yang berpikir bahwa penjualan tulip ini dapat digunakan sebagai tiket instan menuju masyarakat kelas atas.

Hasilnya, banyak rumah, perkebunan, hingga industri pun digadaikan untuk membeli tulip. Menariknya, hal ini berjalan mulus pada mulanya. Soalnya pada saat itu, harga bibit tulip bisa melonjak hingga 12 kali lipat hanya dalam dalam waktu 3 bulan.

Namun, semuanya hanya tinggal angan, ketika harga tulip merosot bebas dalam sekejap hingga hampir tidak ada harganya. Menurut kisah yang beredar, hal ini bahkan membuat sejumlah orang mengakhiri hidupnya.


MORE  UNFOLD  VIDEOS

Alasan Orang Korea Selatan Terobsesi dengan MBTI

MBTI merupakan akronim dari Myers-Briggs Type Indicator. Ini merupakan tes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam mel ...

Putri Dewi | 20-03-2024

Keluarga Kerajaan Inggris Selalu Jadi Sorotan

Keluarga Kerajaan Inggris diterpa kontroversi secara beruntun dengan sejumlah gosip tak sedap, mulai dari menghilangnya Putri Wales hingga perseli ...

David Eka | 19-03-2024

Yuk Ngintip Peta Suara Capres di Luar Negeri

Banyaknya jumlah WNI yang tersebar di 128 negara, turut menopang kontribusi suara para paslon.

Noviarizal Fernandez | 18-03-2024

Habis Pemilu, Terbitlah PESD

Merupakan kecemasan yang ditandai dengan perasaan cemas atau takut setelah berakhirnya pemilu.

Noviarizal Fernandez | 15-03-2024