Stories - 29 May 2023

Ketika Asosiasi Merayu Publik Pakai Kendaraan Listrik

Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia mendorong masyarakat beralih ke kendaraan listrik.


Pengunjung mencoba motor listrik Gesit di Jakarta, Selasa (3/1/2023). Bisnis - Abdurachman

Context.id,JAKARTA- Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia mendorong masyarakat segera beralih ke kendaraan listrik.Hal ini sebagai bentuk partisipasi nyata terhadap upaya menyelamatkan bumi.

Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) Budi Setyadi mengatakan penggunaan sepeda motor listrik merupakan bagian dari ungkapan rasa sayang terhadap negara dan dunia.

“Sudah saatnya memang sekarang kita berganti dari kendaraan berbahan bakar fosil ke kendaraan berbahan bakar listrik," katanya dalam diskusi daring bertema kendaraan listrik, Senin (18/5/2023).

Sebagai bentuk tanggung jawab atas kesempatan yang diberikan pemerintah, Budi menegaskan, pihaknya akan melakukan konsolidasi internal antara agen pemegang merek (APM) untuk memproduksi kendaraan listrik sesuai ketentuan pemerintah dan harapan masyarakat.

"Hal ini sebagai respon terhadap peluang besar yang diberikan pemerintah serta untuk menjamin kualitas produksi yang dihasilkan. Sehingga dapat menjamin keberlanjutan produksi kendaraan listrik di pasar Indonesia," katanya.

Penjualan dan Jumlah APM Meningkat

Dia menuturkan, hasil dari implementasi Perpres Nomor 55/2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai tidak hanya berdampak pada peningkatan penjualan, tapi juga pada jumlah APM.

Adapun jumlah APM di Indonesia pada 2019 hanya ada sembilan. Bahkan jumlah ini pun sudah termasuk APM transformasi dari pabrik sepeda listrik menjadi pabrik sepeda motor listrik. Angka ini kemudian meningkat drastis pada 2023, yakni menjadi 52 APM.

"Kalau bicara penjualan, untuk yang sepeda motor saja, sekarang ini sudah mencapai hampir 48,.000 sepeda motor listrik yang sudah ada di masyarakat," terangnya.

Selain motor listrik yang 100 persen dibangun di pabrik, lanjut Budi, saat ini ada tren konversi motor berbahan bakar fosil menjadi motor listrik. Hal ini didukung dengan bertambahnya jumlah bengkel yang melakukan konversi setelah mendapat verifikasi dari Kementerian Perhubungan.

"Sampai dengan sekarang saya lihat cukup merata di seluruh Indonesia. Tapi memang kemampuan APM berbeda-beda. Teamwork berbeda-beda. Saya lihat beberapa APM demikian cepat, peduli, dan komitmen untuk membuka dealer di beberapa provinsi," paparnya.

Dia mengapresiasi berbagai kebijakan pemerintah untuk mendorong produksi dan penggunaan kendaraan sepeda motor listrik di Indonesia. Di antaranya Perpres No.55 /2019 dan Inpres No.7/2022.

Tidak hanya Perpres No. 55, katanya, tapi juga ada Inpres No. 7 tahun 2022 yang mengamanatkan kantor-kantor pemerintah sampai dengan tingkat yang terbawah segera menggunakan atau beralih dari mesin-mesin berbahan bakar fosil ke mesin listrik.

"Artinya pemerintah demikian komitmen, aware dan cepat. Karena filosofis kita mempercepat peralihan penggunaan kendaraan listrik adalah untuk mengurangi polusi udara, pengurangan subsidi, dan sebagainya," imbuhnya.

Jumlah Kendaraan Listrik di Masyarakat

Budi menyampaikan jumlah kendaraan listrik berbagai tipe yang kini ada di masyarakat berdasarkan vehicle type approval (VTA) milik Kementerian Perhubungan.

Antara lain mobil penumpang mencapai 14.993 unit, motor roda dua sebanyak 47.710 unit, kendaraan roda tiga berjumlah 312 unit, bus sebanyak 80 unit, dan mobil barang sebanyak 10 unit.

Terkait perkembangan sebaran dealer kendaraan listrik di Indonesia, terdapat 160 dealer yang sudah diverifikasi. Sementara terdapat sebanyak 177 dealer belum terdaftar.

Adapun skema bantuan penjualan unit kendaraan listrik per 28 Mei 2023, terdapat 599 unit terdaftar dan 2 unit dalam proses verifikasi. Sementara kuota yang tersisa mencapai 199.399 unit.

 


Penulis : Noviarizal Fernandez

Editor   : Thomas Mola

MORE  STORIES

Perebutan Likuiditas di Indonesia, Apa Itu?

Likuditas adalah kemampuan entitas dalam memenuhi kewajiban finansialnya yang akan jatuh tempo

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Suku Inuit di Alaska, Tetap Sehat Walau Tak Makan Sayur

Suku Inuit tetap sehat karena memakan banyak organ daging mentah yang mempunyai kandungan vitamin C, nutrisi, dan lemak jenuh tinggi

Context.id | 26-07-2024

Dampingi Korban Kekerasan Seksual Malah Terjerat UU ITE

Penyidik dianggap tidak memperhatikan dan berupaya mencari fakta-fakta yang akurat berkaitan dengan kasus kekerasan seksual

Noviarizal Fernandez | 26-07-2024

Ini Aturan Penggunaan Bahan Pengawet Makanan

Pengawet makanan dari bahan kimia boleh digunakan dengan batas kadar yang sudah ditentukan BPOM

Noviarizal Fernandez | 25-07-2024