Stories - 29 May 2023

Ini 4 Lokasi Liburan Singkat Tidak Jauh dari Jakarta

Desa Bojong Koneng, Babakan Madang bisa menjadi alternatif liburan selain ke Puncak


Leuwihejo Sentul / Istimewa

Context.id, JAKARTA--Liburan yang enak dan dalam waktu yang singkat biasanya banyak dicari warga Jakarta yang sehari-hari sibuk dengan rutinitas pekerjaan tanpa henti. 

Biasanya, liburan singkat hanya bisa dilakukan pada saat weekend atau Sabtu-Minggu saja. Kemudian, Senin sudah harus menjalani rutinitas pekerjaan lagi.

Namun, terkadang macet selalu menghantui. Alih-alih mendapatkan time quality bersama keluarga, malah lelah yang didapat selama weekend bersama keluarga, sehingga bukannya semangat yang didapat untuk bekerja kembali di hari Senin, malah letih dan lelah.

Salah satu tempat liburan yang biasanya paling banyak dikunjungi warga DKI Jakarta adalah Puncak, Kabupaten Bogor Jawa Barat. 

Sayangnya, hampir semua warga Jakarta juga punya pikiran yang sama untuk berlibur ke Puncak, sehingga dipastikan jalanan menuju ke Puncak bakal macet parah pada saat weekend.

Seperti yang terjadi pada Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Faisal Abdullah Al Amudi yang sempat jalan-jalan ke Puncak untuk berlibur bersama keluarga pada saat liburan Hari Raya Idul Fitri kemarin.

Alih-alih senang usai liburan, Duta Besar Arab Saudi malah terjebak macet horor di Puncak, Jawa Barat bersama keluarganya. Faisal Abdullah al Amudi baru bisa turun dari Puncak sekitar pukul 1 dini hari ketika macet mulai terurai.

Sebenarnya ada satu lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi tanpa harus terjebak dalam kemacetan yang panjang yaitu di Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jika menggunakan motor dengan santai, jarak tempuhnya hanya sekitar 1,5 jam dari Jakarta. Sementara itu, jika menggunakan mobil, jarak tempuhnya hanya sekitar 45 menit jika lancar dan jika lalulintas padat, sekitar 1 jam.

Ada beberapa lokasi menarik yang bisa dikunjungi ketika sudah tiba di Desa Bojong Koneng, Babakan Madang, Sentul Jawa Barat. Antara lain:

  • Goa Garunggang

Jika anda gemar berjalan kaki, Goa Garunggang merupakan lokasi yang tepat. Goa tersebut bisa diakses menggunakan mobil maupun motor. Namun, setelah tiba di parkiran, anda harus berjalan kaki sekitar 45 menit untuk sampai ke goa tersebut. 

Goa Garunggang juga bisa dijadikan jalur pendakian bagi para pendaki pemula, karena lokasinya tidak terlalu tinggi dan jalanan yang ditempuh juga tidak terlalu terjal.

Anda bisa menggunakan jasa pemandu yang tersedia di sekitar lokasi sembari menikmati pemandangan perbukitan yang teduh dan suara gemericik air terjun yang tidak jauh dari lokasi tersebut dan tidak dikenakan tiket masuk.

  • Leuwihejo Sentul

Anda bisa menikmati air terjun yang cukup deras dan bisa sembari mandi di bawah air terjun Leuwihejo Sentul. Untuk sampai ke lokasi tersebut, dari parkiran motor dan mobil anda harus berjalan kaki sekitar 40 menit melewati berbagai perbukitan. Untuk biaya masuk, per orang dikenakan Rp15.000-Rp20.000.

  • Gunung Pancar

Gunung Pancar bisa menjadi salah satu pilihan destinasi warga Jakarta yang ingin liburan singkat. Ada banyak permainan outbound di Gunung Pancar, Babakan Madang, Jawa Barat. Selain itu juga ada hutan pinus dan warung makan di sekitaran lokasi.

  • Gunung Ciung

Gunung Ciung juga bisa salah satu rute hiking bagi warga DKI Jakarta. Jalannya juga tidak terlalu terjal, sehingga bisa membawa anak-anak ke Gunung CIung. Kerennya lagi, hampir di setiap perjalanan, anda akan menemukan sungai indah yang bersih dari perbukitan. Jika ingin menginap, ada tenda yang disediakan oleh pihak pengelola.

Sebenarnya tidak hanya wisata alam saja yang bisa dinikmati, tetapi juga ada sejumlah kafe dan rumah makan yang memiliki pemandangan bagus di Desa Bojong Koneng, Babakan Madang.

 


Penulis : Sholahuddin Ayyubi

Editor   : Thomas Mola

MORE  STORIES

Teknologi Digital dan Solusi Perubahan Iklim

Teknologi digital bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi atau meminimalisir dampak perubahan iklim

Context.id | 01-03-2024

Ketika Raksasa OTT Saling Klaim Istilah Local Pride

Platform over the top (OTT) konten video streaming saling bersaing menguasai pasar Indonesia, salah satunya dengan embel-embel konten lokal.

Noviarizal Fernandez | 01-03-2024

Tolak Usul Prancis, Anggota NATO Enggan Masuk Wilayah Ukraina

Usulan Presiden Prancis agar pasukan NATO memasuki wilayah Ukraina untuk ikut memerangi Rusia mendapat penolakan keras dari negara-negara anggota ...

Context.id | 29-02-2024

Kans Indonesia Gabung Klub Negara Maju

Indonesia masih punya waktu 2-3 tahun untuk menyelesaikan proses menjadi anggota OECD

Context.id | 29-02-2024